Air Terjun

Kesejukan Air Terjun Sampuran Efrata Samosir

Kesejukan Air Terjun Sampuran Efrata SamosirKesejukan Air Terjun Sampuran Efrata Samosir - Sudah pernah ke pulau Samosir? sudah pernah mengunjungi Air Terjun yang ada di Samosir belum? Kalau ke Samosir sempatkan sejenak untuk menikmati kesejukan Air Terjun Efrata di Samosir. Nah, air terjun Efrata menjadi tujuan saya selanjutnya setelah postingan sebelumnya saya berada di Menara Pandang Tele Samosir. Untuk menuju Sampuran Efrata hanya memerlukan waktu 20 Menit dari Menara Tele. Sayang banget deh, kalau ke Samosir tidak singgah di Air Terjun ini.

Air Terjun Efrata merupakan salah satu Objek Wisata yang ada di Samosir. Air Terjun Ini memiliki menarik, indah dan cukup keren, tidak kalah dengan air Terjun lain yang ada di Sumatera Utara. Air Terjun Efrata berada di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian. Berjarak 20 km lebih dari pusat kota Kabupaten Samosir. Tidak terlalu banyak wisatawan kemari, meskipun pada musim liburan, mungkin karena jaraknya cukup jauh. Karena wisatawan biasanya paling favorit ke Tomok dan Tuktuk saja. Namun bagi petualang khususnya anak penjelajah maupun pecinta alam, pasti tidak akan melewatkan Air Terjun Efrata Ini saat ke Samosir. 

Kembali dari kisah perjalanan sebelumnya yaitu setelah dari Menara Pandang Tele, saya pun melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Efrata ini, saya tinggal terus mengikuti jalur yang ada. Seperti biasa, jalanan berkelok-kelok mengitari perbukitan Danau Toba, tidak membuat tubuh lelah, karena pemandangannya yang luar biasa dan kesejukan udaranya yang tidak saya dapatkan saat di Kota Medan. Sekitar 10 menit mengendari sepeda motor, saya pun melihat Petunjuk arah untuk menuju Objek Wisata Sampuran Efrata. Di Papan tertulis sekitar 6 Km lagi kedalam untuk sampai ke Air Terjun Efrata.
Petunjuk Arah menuju Air Terjun Efrata Samosir
Jalanan menuju Sampuran Efrata tidaklah terlalu mulus, jalanan berbelok dan berbatu membuat saya berhati-hati dalam mengendarai kendaraan, Tidak perlu khawatir saat ke Air Terjun Efrata, karena disana banyak rumah-rumah warga sehingga tidak terlalu sepi. akhirnya setelah 10 menit dari persimpangan papan petunjuk arah tadi, kami pun sampai di Air Terjun Efrata. 
Air Terjun Efrata Samosir
Bila anda sampai disini telah sore dan hampir gelap, kalian bisa mendirikan tenda disini, selain pemandangan Air terjun, disisi lain, kita bisa juga liat pemandangan danau Toba pula. Saya sampai di Sampuran Efrata sekitar jam setengah satu siang. Saat di Lokasi, ada sebuah warung, namun saat kami sampai belum buka karena sang pemilik masih berada di Gereja, dalam rangka acara Tahun Baruan. Untuk biaya retribusi hanya dikenakan uang parkir sebesar Rp. 2000,-/sepeda motor.
Air Terjun Sampuran Efrata Samosir
Untuk melihat lebih dekat air Terjun Efrata, kita bisa berjalan melalui jalan kecil yang terletak disebelah rumah/warung tadi. Tidak sampai 5 menit, kini saya telah sampai di depan Air Terjun Efrata Samosir. Debit air yang jatuh lumayan deras dan besar, apalagi di saat musim hujan. Air Terjun Sampuran Efrata memiliki ketinggian sekitar 26 m dan lebar 10 meter dengan sumber airnya berasal dari pegunungan Bukit Barisan.

Sangat Indah, sejuk, dan dingin saat berada dihadapan Air Terjun Efrata ini. namun sedikit heran, karena dari air terjun yang mengalir ke aliran sungai kecil berwarna coklat kehitaman, apa karena efek hujan yang beberapa hari lalu, atau memang sudah seperti ini. selain itu, sepertinya fasilitas saat ke Air Terjun seperti pondok kecil dan toilet ganti tidak terawat lagi, Berharap pemerintah daerah beserta pengelola dapat tetap menjaga objek wisata ini.
Air Terjun Efrata Samosir
Secara keseluruhan, sampuran efrata tetaplah keren, belum lengkap juga perjalanan anda di samosir jika tidak ke Air Terjun ini, Demikianlah cerita singkat admin tentang Kesejukan Air Terjun Sampuran Efrata Samosir, Semoga Bermanfaat. Dan baca juga cerita tentang perjalanan selanjutnya yaitu ke Aek Sipitu Dai, Perkampungan Si Raja Batak, Batu Hobon dan masih banyak lagi. ^_^

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

4 komentar:

  1. Ke samosir udah pernah.... tapi nggak tahu ada air terjun ini. Hiks...

    BalasHapus
  2. Bagus banget pemandangannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,, keren memang,, ayok kalau ke samosir jangan lupa ke Air Terjun Efrata ini

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.