Inilah Cara Membuat Paspor di Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan

Inilah Cara Membuat Paspor di Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan - Bagi yang suka traveling, paspor menjadi satu kebutuhan yang wajib dimiliki. Khususnya bagi yang berminat untuk jalan-jalan di luar negeri. Banyak persoalan yang membuat orang malas untuk mengurus paspor sendiri dan memilih mencari para abang calo untuk membantu mengurusnya. Tapi, sebenarnya mudah kok jika niat mengurus sendiri paspornya. Dijamin lebih murah dan mendapat pengalaman sebagai traveler dalam mengurus paspor.  Ada beberapa alasan yang membuat traveler malas mengurus paspor sendiri diantaranya yaitu Gak mau ribet, malas untuk antri, Lama, takut ditolak oleh petugas dalam sesi wawancara.
Inilah Cara Membuat Paspor di Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan

Untuk kota Medan ada beberapa tempat yang bisa didatangi untuk mengurus Paspor
  1. Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan berada di Jalan Gatot Subroto K.M 6.2 No.268 A
  2. Kantor Imigrasi Kelas 1 Polonia berada di Jalan Mangkubumi no.2
  3. Unit Layanan Paspor di Kualanamu International Airport (KNIA)
Saat itu saya memilih di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan. Karena kantornya lebih besar, pelayanan dan fasilitas yang lebih baik dan ada wifi nya (recommended). Sebelum pergi untuk mengurus paspor ada beberapa berkas  yang harus kalian persiapkan agar semua berjalan lancar.
Inilah Cara Membuat Paspor di Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan
Berkas Yang Diperlukan saat Mengurus Paspor (Dewasa)
  1. KTP Asli
  2. Kartu Keluarga (KK) Asli
  3. Akta Lahir atau
  4. Ijazah SMA/SMP/SD
  5. Bagi pendatang siapkan berkas pendukung seperti : Surat Asal, Surat domisili dari kelurahan di Medan, Surat keterangan kerja.
  6. Masing-masing di Fotocopy di kertas A4 sebanyak 1 lembar. 
Oke, setelah semua dipersiapkan, segera datang ke kantor Imigrasi yang kalian mau. 

Hal yang harus diperhatikan dalam Mengurus Paspor :
  1. Lengkapi Berkas
  2. Berpakaian Sopan, memakai kemeja dan Sepatu
  3. Antrian Paspor paling lama ditutup jam 10.00 pagi
  4. Datang pagi sekitar jam 06.30 tentunya bisa mendapat nomor antrian awal dan lebih cepat selesai
  5. Silent Hp saat diruang wawancara dan foto
  6. Hindari Calo
Inilah Cara Membuat Paspor di Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan
Langkah-langkah dalam Mengurus Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan
  1. Silahkan antri dengan tertib sesuai arahan petugas
  2. Selanjutnya petugas akan memeriksa kelengkapan berkas. Jika lengkap maka akan diberikan formulir pembuatan paspor
  3. Silahkan isi formulir dengan lengkap dan benar
    Inilah Cara Membuat Paspor di Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan
  4. Setelah selesai, tunjukkan kepada petugas untuk di cek dan mendapat nomor antrian untuk wawancara dan poto
  5. Silahkan tunggu nomor Anda dipanggil
  6. Sesaat dipanggil, segera masuk keruang Wawancara 
  7. Saat Wawancara usahakan tenang, jawab pertanyaan petugas dengan santai dan benar. Karena kalau menjawab dengan gugup, bisa membuat curiga petugas dan pengajuan paspor kalian ditolak. Dinggap keluar negeri pengen jadi TKI atau lainnya.
  8. Jika pengajuan Paspor disetujui, kita akan dipoto serta rekam sidik jari
  9. Selanjutnya diberikan selembar kertas untuk pembayaran pembuatan paspor
    Inilah Cara Membuat Paspor di Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan
  10. Setelah itu, segera ke Bank untuk membayar pembuatan paspor. Bisa di Bank mana saja.
  11. Biaya paspor saat itu yaitu Rp 355.000 (paspor 48 Halaman)
  12. Setelah itu tunggu hingga 3 hari kerja untuk menunggu paspor siap dicetak
  13. Setelah 3 hari kerja, silahkan kembali ke Kantor Imigrasi dengan membawa selembar kertas yang diberikan saat wawancara sebelumnya beserta bukti pembayaran dari Bank
  14. Pengambilan paspor dibuka dari jam 10.00 Pagi.
    Inilah Cara Membuat Paspor di Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan
  15. Silahkan scan barcode yang ada di selembar kertas yang diberikan saat wawancara saat itu, untuk mendapat nomor antrian pengambilan paspor
  16. Selanjutnya tinggal tunggu nama kalian di panggil.
  17. Setelah dipanggil tunjukkan bukti pembayaran beserta identitas diri dan Paspor boleh diambil
    Inilah Cara Membuat Paspor di Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan
  18. Selesai.
Gimana? Mudah kan sobat? Pengalaman kemarin saat buat paspor, saya datang jam 06.30 dan selesai di jam 07.15 wib cepat kan sobat? Bagi yang mau keluar negeri langsung aja urus paspornya sendiri ya. Salam Jalan-jalan.

31 komentar:

  1. wah aku dulu min tahun 2012 nggak sebagus ini kantor imigraisnya, sekarang kok udah bagus banget yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang.. biar makin nyaman yang mengurus paspor di Medan

      Hapus
  2. min misalkan ngurusnya senin, bisa beres rabu ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya siap paspor 3 hari kerja setelah pembayaran.. jadi kalau senin, siapnya Kamis kak

      Hapus
  3. maaf, di medan sudah bisa bikin E passport ?

    BalasHapus
  4. Kalo ambil paspor lebih 30 hari misalnya lebih 2 hari , masih bisa di ambil gak ya? Apakah 30 hari itu termasuk sabtu dan minggu? Karenakan sabtu dan minggu kantor imigrasi tidak buka, apakah bisa diambil begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau itu saya sendiri kurang tau... ada baiknya sih diambil segera :-)

      Hapus
  5. Apa kah harus orang yang bersangkutan mengambil paspor tersebut...bileh kah di wakilkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh diwakilkan, asal membawa bukti pengambilan paspor

      Hapus
  6. saya kendalanya di berkas.. KTP dan KK beda alamat. padahal sekarang ktp udah seumur hidup. boleh tidak saya ajukan kk lama yang alamatnya sesuai dgn ktp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake KK baru, lalu buat KTP baru, selama menunggu KTP baru jadi, bisa menggunakan Resi.

      Hapus
  7. Min saya tidak ada akte, ijazah terakhir saya sma, tali karn say bekerj jadi ditahan di kantor tempat say bekerja. Kalau pakai ijazah smp bisa tdk min

    BalasHapus
    Balasan
    1. ijazah SMP bisa kok,,,kemarin saya juga pake ijazah SMP..

      Hapus
  8. nnti aku coba urus paspor juga lah. mana thau bisa lebih cepat dari biasanya..
    katanay bisa juga ya urus nya secara online ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga,, cuma tetap kekantornya untuk verifikasi berkas , poto dan wawancara..

      Hapus
  9. Dlu saya pernah buat paspor sktr thn 99,dan skrg ingin buat paspor lg..tu d tanya ga ya paspor yg lma? Soal nya paspor nya sdh tdk ada...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya harus punya paspor lama,.. tapi cobak aja langsung ke imigrasi,,, soalnya kan sekarang sistem udah baru

      Hapus
  10. Pengen ngurus paspor kalau mudik nanti buat persiapa alan2 hehe. Makasih infonya Bang.

    BalasHapus
  11. kalau di medan belum bisa daftar online ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau juga kka,,, soalnya belum pernah cobain

      Hapus
  12. Mau update aja, kemarin pas buat pasport baru:
    - fotokopi ktp mesti besar ukuran A5
    - fotokopi ijasah SMA sebagai penunjang

    overal sudah sesuai yang diatas min
    Tempat bersih,nyaman,adem,WC bersih
    saya datang jem 9 pagi kebetulan gak antri lama, siap sejam aja
    dan yang paling penting GRATIS KOPI !! hehe
    Thanks min, infonya bermanfaat kali.



    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh terima kasih update terbaru pembuatan paspor di medan ini y kk...

      sedap kali dapat kopi tuh ya.. :-D

      Hapus
  13. Min kalo pake ijazah. Ijazah sd smp apa SMA min?
    Terus kalo nama diijazah beda spasi saja sama di ktp bisa ga min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ijazah bebas.. kemarin saya pake ijazah SMP, intinya hanya untuk sinkronisasi nama...

      kalau masalah spasi nama, saya kurang tau juga kak...

      Hapus
  14. Kalo ga ada akte bisa kan min ?

    BalasHapus
  15. Udah lumayan bagus kok pelayanannya. Semoga ke depan bisa segera dibuat pelayanan cek status permohonan pembuatan paspor melalui sms atau wa seperti di beberapa kota lain.

    BalasHapus
  16. min... kalau sudah pake akte tidak perlu lagi lampirkan ijazah ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya dibawa saja biar tidaj bolak balik

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com