Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Transportasi Kereta Api

Kereta api merupakan salah satu pilihan transportasi di Indonesia. Transportasi ini selama beberapa tahun terakhir mulai meningkatkan pelayanannya. Sehingga diharapkan dapat menarik para konsumen untuk menggunakan jasa transportasi kereta api dalam melakukan perjalanan. Nah apa sih kekurangan dan kelebihan menggunakan transportasi kereta api. 
Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Transportasi Kereta Api

Kereta api ini merupakan transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini tentu saja karena transportasi yang satu ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan transportasi lain. Nah apa sajakah kelebihannya itu?.

Kelebihan yang pertama ialah daya angkut penumpang untuk transportasi ini cukuplah banyak. Dimana biasanya itu dalam satu rangkaian terdapat tujuh hingga sembilan gerbong kereta. Kedua yakni transportasi kereta api ini relatif lebih cepat dibandingkan dengan transportasi lainnya loh. Dimana kecepatan rata-rata dari kereta api ini ialah 70 kpj.  Bahkan waktu tempuh Jakarta-Surabaya hanya dengan sembilan jam perjalanan. Terbukti lebih cepat bukan?. 

Kelebihan yang ketiga ialah terasa lebih nyaman. Walaupun sebenarnya rasa nyaman untuk setiap orang beda-beda. Akan tetapi secara keseluruhan transportasi kereta api ini cukuplah membuat anda nyaman dalam perjalanan. Dimana setiap gerbong kereta api disediakan toilet, Air conditioner (AC), tempat duduk yang cukup nyaman, serta stop kontak agar smartphone anda tetap bisa digunakan. 


Jika anda lapar, anda bisa berjalan ke arah kantin untuk sekedar membeli kopi ataupun cemilan. Jika anda terlalu malas bergerak ke kantinnya bagaimana?. Tenang saja karena banyak pramugara dan pramugari yang berkeliling menawarkan makanan. Selain makanan, mereka juga menawarkan bantal serta selimut untuk menemani perjalanan anda.

Kelebihan yang keempat ialah selama anda diperjalanan, anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Dari bukit, sawah hingga pemukiman pedesaan yang masih asri. Sungguh pemandangan yang indah dan tak akan membosankan. Selain itu anda juga bisa melihat pemandangan langit indonesia yang biru nan indah loh. Jadi anda bisa mengatasi rasa bosan dengan hanya melihat keluar jendela.

Kelebihan yang kelima ialah transportasi ini cocok menjadi salah satu alat transportasi ketika berlibur atau berjalan-jalan bersama keluarga. Karena kereta api ini merupakan transportasi yang aman untuk anak-anak.  Jadi anda tak usah khawatir apabila harus berlibur bersama anak harus menggunakan transportasi umum.

Yang keenam ialah transportasi ini langsung menuju ke pusat kota. Dimana stasiun besar selalu berada di tengah-tengah kota. Salah satunya seperti di kota Semarang, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Jakarta. Tapi anda juga tak usah khawatir apabila tempat yang anda tuju ini bukan di tengah-tengah kota. Karena PT.KAI telah banyak membangun stasiun di beberapa titik dalam satu kota.

Ketujuh yakni jika anda beruntung anda bisa mendapatkan tiket dengan harga promo loh. Jadi anda bisa mendapatkan tiket dengan harga yang relatif lebih murah. Dapatkan tiket kereta api anda dengan banyak promo di traveloka. Jangan sampai anda ketinggalan informasi mengenai promo-promo ini yaah apabila anda tidak mau rugi.

Kekurangan dari transportasi kereta api
Transportasi kereta api ini memang sangatlah banyak kelebihannya. Akan tetapi kita juga tak bisa tutup mata mengenai kekurangan dari modal transportasi yang satu ini. Apa sajakah kekurangan dari kereta api ini?. Kekurangannya antara lain harga tiket yang cukup mahal. Walaupun begitu mungkin setimpal dengan pelayanan yang diberikan PT. KAI selama perjalanan di kereta api. 

Kekurangan yang kedua ialah jadwal transportasi ini akan sedikit terganggu apabila di daerah sekitar rel kereta yang dilalui terjadi bencana alam. Seperti banjir, tanah longsor, kecelakaan, dan lain sebagainya. Hal ini akan mengakibatkan jadwal yang telah terjadwal dengan baik akan berubah dan mungkin akan terjadi keterlambatan kedatangan kereta api. Ketiga yakni sulitnya mendapatkan tiket di hari-hari besar seperti menjalang hari Lebaran, hari Liburan Natal, tahun baru dan lain-lain.

Itu adalah kelebihan serta kekurangan transportasi kereta api. Semoga kedepannya modal transportasi ini akan menjadi lebih baik dan tetap bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dari bawah, menengah hingga ke atas. 

32 Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

  1. Transportasi favorit dari jaman kecil 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh, pasti seru ya kan? bisa santai menikmati perjalanan

      Hapus
  2. ngeselin itu merencanakan lebaran naik kereta api, kadang ketika udah dipesan eh udah abes aja tiketnya, cemanalah tipsnya biar gak kehabisan tiket kerata api . . .
    secara awak bukan travel blogger jadi kurang ngerti juga nih . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. tips biar tidak kehabisan tiket kereta api saat lebaran yaitu salah satunya pesanjauh hari. Lewat Online dari situ-situs jual tiket.. pasti aman dahh

      Hapus
  3. untuk kreta api sih lebih ke arah tujuannay untuk kota kota besar masih adalah perlintasan kreta api tapi juga sampai ke beberapa tempat seperti nya tidak. btw sekarang maish bisakah beli tiket online

    soalnya nyoba bberapa kali infonya tidak selengkap yang ada d loket nya langsung

    CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang pembelian tiket kereta jarak jauh lebih mudah lewat online. bahkan kedepannya juga sistem online pembelian tiket kereta api

      Hapus
  4. Aku kadang ya kalo suruh milih naik KA apa pesawat pas ke Jkt kebanyakan milih naik KA, apalagi klo acaranya di tengah kota lebih cepet sampainya ketimbang dr soetta... Dan KAI skrg tuh nyaman bgt, on time pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sekarang kereta api lebih nyaman dari sebelumnya kak.. perjalanan jadi menyenangkan naik kereta api

      Hapus
  5. Saat ini, kereta api adalah transportasi publik andalan.

    Mas, maaf nih, tapi kok ada poin yang kontradiktif. Di bagian Kelebihan dikatakan bisa dapat promo, tapi di bagian Kekurangan mas mengeluhkan tentang harga tiket. Kalau menurut saya sebagai pengguna kereta sekaligus bus patas, harga tiket kereta itu bahkan lebih murah daripada harga beberapa operator bus patas dengan pelayanan yang lebih baik seperti yang mas sampaikan di atas. Belum lagi kalo kereta lokal. Bandung - Purwakarta cuma Rp8.000, Jogja - Solo pun cuma segitu.

    Lalu kalau untuk kekurangan terkait bencana, transportasi darat lain pun begitu. Oh ya, poin ketepatan waktu dan kemudahan channel pemesanan seharusnya juga dicantumkan di poin kelebihan. Yang bisa menjadi kekurangan kereta api adalah dia hanya berhenti di stasiun, sementara bus bisa menurunkan kita di jalan mana pun selama dilalui rutenya.

    Mas, no hurt feeling ya, saya memang blak-blakan komentarnya, tapi sama sekali nggak ada maksud tidak suka apalagi benci. Peace :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapp mas... terima kasih masukkannya yak. Tapi intinya Kereta api transportasi yang menyenangkan kan?

      Hapus
  6. aku lebih suka naik KA eksekutif walaupun haru sbelasan jam daripada naik pesawat, soalnya lebih bisa menikmati perjalanan aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pesawat ataupun kereta api sama enaknya y kan? semua tergantung waktu kita sih,, kalau ada waktu santai bisa naik kereta api

      Hapus
  7. Saya paling suka naik kereta api. Justru karena hemat... itu kalau pilih yg ekonomi sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ekonomi sudah pasti hemat dan lumayan nyaman juga kok

      Hapus
  8. Aku demen naik kereta. Pernah ke Malang naik KA ekonomi, ke Kediri juga. Pulang dari Malang nyobaik KA eksekutif, itu bareng2 suami dan anak2. Senangnya naik KA bisa pesan makanan, minuman dll, sekarang bersih mayan deh AC nya juga kenceng :) APalagi kalau beli tiket online kan dapat promo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak.. kereta api semakin asik..perjalanan lama jadi menyenangkan

      Hapus
  9. Tetapi, keterlambatan karena bencana alam juga agak jarang terjadi, ya. Mudah-mudahan seperti itu. Cuma memang iya susah banget cari tiket kalau lagi high season

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.. susah banget cari tiket kalau lagi high season, makanya disiasati dari jauh hari sih kalau akunya

      Hapus
  10. Aku salah satu pengguna transportasi kereta, dan untuk kekurangan mohon maaf mas mungkin kalo bencana alam hampir semua tranportasi pun akan mengalami keterlambatan (jadwal terganggu) sampai mungkin di batalkan, hal ini karena menyangkut keselamatan penumpangnya.

    Mungkin kalo kekurangan, terkadang Aplikasi KAI tidak berjalan dengan baik, saya sering mengalami gangguan dalam pemesanan tiket KAI. But, semoga lebih baik lagi yaah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kka.. semoga situsnya lebih baik,,, alternatif bisa beli di Tiketing online lainnya

      Hapus
  11. Sejak tau rasanya naik kereta api, saya senang sekali menggunakan moda transportasi ini untuk brrlibur di sekitar kota kota di pulau Jawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh seru banget ya kak.. enak sekali bisa keliling jawa naik kereta api. pengen jadinya

      Hapus
  12. kalau ke rumahku yang jauh dari bandara,, kereta api emang andalan bgt.. tapi ya itu,, tiketnya cepet bgt abis apalagi di hari2 besar... sekarang aja tiket kereta buat lebaran udah keabisan, hiks..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh,,. padahal lebaran masih 2 bulan lagi.. semoga dapat tiket lainnya y mas

      Hapus
  13. Bang Rudi, di Sumatera Utara itu, kereta api melayani jalur dari mana ke mana saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay kak.... kalau di Sumatera Utara belum terhubung ke seluruh sumatera, Tidak seperti jawa.

      Kalau di Sumut ada rute pendek yang hanya 30 menit yaitu dari Medan ke Binjai
      rute panjang dari Medan ke Tebing tinggi, Siantar, kisaran, rantau parapat, tanjung balai.

      Hapus
  14. Untuk di kota besar, kereta apilebih dipilih karena dia mempunyai jalur sendiri. Jadi tidak ada yang namanya kena macet dan waktu tempuh perjalanan relatif sama untuk setiap keberangkatan.

    BalasHapus
  15. Kalau lagi santai, aku suka banget naik kereta api untuk perjalanan jarak jauh
    Menikmati pemandangan sepanjang jalan itu adalah surga buat mata dan hati
    Memang sih, kadang ada kejadian yang bikin kereta agak tersendat
    Tapi gak sering kok. So far, aku beberapa kali keluar kota dengan kereta api, lancar=lancar saja dan selalu menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seru y mbak,, khususnya di pulau jawa.. jalur kereta api sudah terhubung dari ujung ke ujung

      Hapus
  16. Ada satu lagi nih bang kekurangannya, rutenya masih sedikit, terutama buat di luar Pulau Jawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess bener sekali,,... semoga aja kedepannya khususnya di Sumatera jalur kereta api saling terhubung antar propinsi

      Hapus

Posting Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Lebih baru Lebih lama