Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Naskah Pemandu Wisata dalam Bahasa Indonesia

Contoh Naskah Pemandu Wisata dalam Bahasa Indonesia - Sebagai seorang tour guide atau pemandu wisata, Anda harus bisa menjelaskan tempat-tempat yang dikunjungi dengan baik dan jelas. Selain itu, Anda harus memahami tempat tersebut karena bisa saja para turis akan bertanya hal tertentu soal tempat tersebut. Berikut ini contoh teks tour guide dalam bahasa Indonesia saat menjelaskan sesuatu kepada para turis.

Contoh Naskah Pemandu Wisata dalam Bahasa Indonesia

Halo nama saya Andri. Saya akan menjadi pemandu wisata Anda untuk menikmati keindahan Yogyakarta. Bagaimana kabar Anda? Selamat datang di Yogyakarta. Terima kasih sudah mempercayai Mahakarya sebagai agen perjalanan Anda. Saya akan menjelaskan jadwal perjalanan Anda pada tur ini.

Kita akan memulai trip ini pada pukul 10.00. Itu artinya, Anda masih punya waktu 3 jam untuk makan pagi dan menyiapkan segala keperluan selama perjalanan nanti. Tujuan pertama pada trip kali ini adalah Keraton Yogyakarta. Anda akan mengeksplorasi 4 area, yaitu museum Sri Hamengku Buwono IX, Museum Kristal, Museum Batik, dan Museum Lukisan dan Foto. Ini adalah tempat di mana Anda bisa mempelajari benda-benda peninggalan Sri Hamengku Buwono IX.

Hari berikutnya, saya akan mengantar Anda ke salah satu tempat belanja paling popular di Yogyakarta, yaitu Malioboro. Anda memiliki waktu 2 jam untuk berkeliling Malioboro sembari membeli beberapa benda-benda seni, seperti batik, tas, aksesoris, dan lain-lain. Anda juga bisa mencicipi makanan-makanan lokal di sana.

Nah, itu tadi jadwal perjalanan tur 2 hari di Yogyakarta. Saya akan berada di sini lagi jam 10.00 nanti. Saya harap Anda bersiap untuk trip ini. Semoga hari Anda menyenangkan dan selamat menikmati perjalanan ini.  
Nah, contoh teks tour guide di atas adalah untuk pemandu wisata yang akan bertemu dengan para tamu dan menjelaskan jadwal perjalanan trip mereka. Sebagai pemandu wisata, Anda harus menyambut mereka dengan ramah dengan memperkenalkan diri dan menanyakan kabar.

Jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada para tamu karena sudah menggunakan jasa agen perjalan Anda. Kemudian jelaskan secara singkat jadwal perjalanan mereka sesuai dengan paket yang dipilih. Pada contoh di atas, para tamu akan mengikuti tour 2 hari di Yogyakarta. Pada trip tersebut mereka akan mengunjungi Keraton Yogyakarta dan Malioboro.

Berikut ini contoh naskah pemandu wisata dalam bahasa Indonesia saat para tamu sudah memulai perjalanan mereka.  
Halo, Kembali Bersama saya lagi, Andri. Sekarang, kita akan menuju ke tempat wisata yang pertama, yaitu Keraton Yogyakarta. Keraton ini berlokasi di Jalan Rotowijayan Blok No.1. Lokasinya sekitar 1 jam perjalanan dari hotel tempat kita menginap ini. Kita akan melihat peninggalan bersejarah milik Sri Hamengku Buwono IX di museum ini, termasuk pisau, garpu, sendok, dan peralatan dapur lainnya. Ada pula beberapa kereta kuda di museum ini.
Pada penggalan teks di atas, pemandu wisata sudah mulai menjelaskan lokasi pertama yang akan dikunjungi para tamu. Dalam hal ini, pemandu wisata harus menjelaskan nama lokasi tujuan, alamat tujuan, lama perjalanan dari titik awal hingga sampai ke tujuan, serta gambaran mengenai lokasi tersebut. Misalnya, pemandu wisata menjelaskan mengenai Keraton Yogyakarta beserta barang-barang yang akan dilihat oleh para tamu

Contoh teks berikut ini adalah saat pemandu wisata mulai menjelaskan salah satu benda yang ada di museum tersebut. Benda tersebut adalah sebuah kereta kuda yang dibuat pada tahun 1861. 
Sekarang, kita berada di depan sebuah kereta kuda yang diberi nama Kereta Kyai Garuda Yaksa. Kereta kuda ini dibuat di Belanda tahun 1861. Anda bisa melihat ornamen bergaya Eropa di sini. Usia dari kereta kuda ini sudah lebih dari 100 tahun!
Pada teks ini pemandu wisata sudah mulai menjelaskan salah satu benda bersejarah di Keraton Yogyakarta, yaitu Kereta Kyai Garuda Yaksa. Pada saat ini, pemandu wisata harus memiliki informasi penting dan unik terkait dengan benda atau lokasi yang akan mereka jelaskan kepada para tamu.

Dengan memberikan informasi unik, para tamu tidak akan merasa bosan dan semakin tertarik dengan lokasi atau benda tersebut. Sangat mudah dan menyenangkan bukan menjadi seorang pemandu wisata? 

Posting Komentar untuk "Contoh Naskah Pemandu Wisata dalam Bahasa Indonesia"