Contoh Teks Tour Leader Wisata Yogyakarta

Contoh Teks Tour Leader Wisata Yogyakarta - Menjadi seorang tour leader dalam karya wisata atau perjalanan wisata menjadi salah satu yang terpenting. Dalam perjalanan wisata, ada dua peran yang kedengarannya hampir sama namun berbeda. Tour Leader dan juga Tour Guide. Lantas apa perbedaan keduanya?

Jika Tour Guide adalah pemandu wisata yang akan menemani dan menjelaskan kepada anda perihal destinasi wisata yang dikunjungi saja. Untuk Tour Leader memiliki peran yang lebih kompleks, tidak hanya memandu saja namun juga mengelola keperluan wisata seperti dimana akan makan, hotel yang akan ditinggali, berapa tiket yang harus dibeli serta menjelaskan juga agenda untuk perjalanan pada hari tersebut.

Skill Tour Leader Yang Harus Dikuasai

Public Speaking

Menjadi seorang tour leader, kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan baik dan benar memang menjadi sebuah keharusan. Karena tugas utama tour leader untuk memandu para wisatawan, tentu kemampuan berbicara didepan umum dengan kepercayaan diri menjadi yang utama.

Bahasa

Bagi anda yang dapat berbahasa lain atau multibahasa menjadi nilai plus karena bisa jadi anda akan menjadi pemandu wisata untuk wisatawan asing. Selain itu, kemampuan Bahasa ibu yang baik juga menjadi hal yang penting karena anda akan berkomunikasi dan menyampaikan informasi kepada orang lain secara jelas.

Management

Skill ini menjadi skill yang sangat penting bagi seorang tour leader karena sebagai kunci dalam berjalannya seluruh rencana perjalanan yang telah disusun. Untuk dapat menjalankan semua rencana tersebut anda harus memiliki disiplin yang tinggi serta kemampuan perencanaan yang mumpuni agar berjalan lancar.

Adaptatif dan Berwawasan Luas

Tidak hanya tour guide saja yang berkomunikasi dengan wisatawan, tour leader pun juga ikut serta berperan. Sesekali seorang tour leader pun harus berkomunikasi kepada wisatawan untuk sekedar mengajak bernyanyi atau yang lainnya.

Tentu anda harus adaptif karena akan bertemu dengan wisatawan yang berbeda-beda. Anda wajib memiliki kepribadian yang terbuka dan pembawaan yang asik dan juga santai. Bahkan anda juga memberikan informasi tambahan seperti seputar kehidupan di tempat wisata sebagai intermezzo.

Contoh Teks Tour Leader Wisata Yogyakarta

Halo selamat pagi peserta wisata tour Jogja Magelang hari ini. Selamat datang di Yogyakarta, kota istimewa seperti semua peserta yang ada dihadapan saya.

Perkenalkan saya Yibo, saya tour leader perjalanan kalian semua selama dua hari satu malam. Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih telah menggunakan agen jasa kami. Saya akan menjelaskan jadwal perjalanan hari ini.

Sebelum memulai perjalanan, silahkan untuk mempersiapkan perlengkapan dan bekal yang akan dibawa. Jika sudah siap, mari kita berdoa bersama sebelum menuju ke lokasi kunjungan yang pertama.

Hari ini kita akan berkunjung ke empat tempat sekaligus. Tujuan kunjungan pertama kita adalah keraton Yogyakarta. Keraton ini didirikan pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono yang pertama setelah terjadinya perpecahan kerajaan mataram Islam dalam perjanjian Giyanti. Keraton Yogyakarta Hadiningrat ini menjadi kediaman resmi para sultan di Yogyakarta.

Setelah berkeliling Keraton, kita akan melanjutkan perjalanan kedua yaitu menuju museum benteng Vredeburg yang juga masih satu kompleks dengan Keraton. Benteng ini juga menjadi saksi sejarah karena dibangun pada masa penjajahan Belanda

Setelah penat berkeliling, kita akan melanjutkan wisata kuliner untuk menikmati sajian khas kota istimewa Yogyakarta, apa lagi jika bukan Gudeg. Di tempat makan ini kita juga bisa membeli beberapa oleh – oleh khas Yogyakarta, seperti bakpia, tiwul dan banyak lagi. Silahkan beristirahat sejenak dan menikmati hidangannya.

Dan kunjungan terakhir wisata belanja terbesar di Yogyakarta yaitu Malioboro. Dan kita akan kembali ke hotel pada pukul 22.00 malam hari. Untuk agenda esok hari kita akan berkumpul bersama di depan hotel pukul 10.00 pagi dan akan menuju wisata terakhir yaitu candi Borobudur di Magelang.

Untuk itu tetap selalu jaga kesehatan dan jangan lupa untuk beristirahat yang cukup. Dan nanti saat kita sampai di destinasi wisata kita akan ditemani oleh seorang tour guide bernama Andri. Disana kita akan dipandu untuk melihat – lihat beberapa wisata yang ada disana.

Selamat menikmati perjalanan wisata hari ini dan juga esok hari. Semoga diberi kelancaran dan keselamatan sampai tujuan.