Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masjid Raya Baiturrahman, Aku Kembali Lagi..!!

Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Aku Kembali Lagi..!! - Alhamdulillah Saya bisa kembali ke Banda Aceh. Setelah sebelumnya pertama kali ke kota ini tahun 2015 silam. Saat itu Masjid Raya Baiturrahman sedang renovasi pada bagian halaman luarnya. Sehingga tidak bisa menikmati keseluruhan Masjid Raya ini.

Baca Juga : Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Aku Akan Kembali

Masjid Raya Baiturrahman, Aku Kembali Lagi..!!
Pada saat itu, saya berharap akan ada kesempatan lagi ke Banda Aceh dan melihat Masjid Raya Baiturrahman Aceh telah selesai di renovasi. Dan akhirnya beberapa waktu lalu, saya berkesempatan kembali ke Banda Aceh melalui kegiatan BlueBird saat launching BigBird Shuttle Bus Medan - Banda Aceh

Dari kegiatan tersebut, akhirnya saya bisa kembali ke Masjid Baiturrahman Banda Aceh ini. Kini Masjid tersebut begitu megah, tampilannya luarnya seperti berada di Masjidil Haram. Ini menjadi daya tarik wisata Religi di Banda Aceh. 
Masjid Raya Baiturrahman, Aku Kembali Lagi..!!

Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 H/1612 M. Bangunan indah dan megah yang mirip dengan Taj Mahal di India ini terletak tepat di jantung Kota Banda Aceh dan menjadi titik pusat dari segala kegiatan di Aceh Darussalam. 

Sewaktu Kerajaan Belanda menyerang Kesultanan Aceh pada agresi tentara Belanda kedua pada Bulan Shafar 1290 Hijriah/10 April 1873 Masehi, Masjid Raya Baiturrahman dibakar. Kemudian, pada tahun 1877 Belanda membangun kembali Masjid Raya Baiturrahman untuk menarik perhatian serta meredam kemarahan Bangsa Aceh. 
Masjid Raya Baiturrahman, Aku Kembali Lagi..!!

Pada saat itu Kesultanan Aceh masih berada di bawah pemerintahan Sultan Muhammad Daud Syah Johan Berdaulat yang merupakan Sultan Aceh yang terakhir. Sebagai tempat bersejarah yang memiliki nilai seni tinggi.

Masjid Raya Baiturrahman menjadi objek wisata religi yang mampu membuat setiap wisatawan yang datang berdecak kagum akan sejarah dan keindahan arsitekturnya, dimana Masjid Raya Baiturrahman termasuk salah satu Masjid terindah di Indonesia yang memiliki arsitektur yang memukau, ukiran yang menarik, halaman yang luas dengan kolam pancuran air bergaya Kesultanan Turki Utsmani dan akan sangat terasa sejuk apabila berada di dalam Masjid ini. (Sejarah lengkapnya bisa liat di wikipedia)
Masjid Raya Baiturrahman, Aku Kembali Lagi..!!

Buat siapapun yang datang ke Banda Aceh, jangan lupa singgah ke Masjid Raya Baiturrahman ini ya.. Salam Jalan-jalan. 

6 komentar untuk "Masjid Raya Baiturrahman, Aku Kembali Lagi..!!"

  1. Emang keren banget arsitektur masjid ini, bikin pengen segera ke Aceh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung agendakan bang,, jalan-jalan ke acehnya

      Hapus
  2. Wahhh emang terkenal banget sih ams masjid ini disana, kalo belum ke tempat ini saat berkunjung ke aceh belum plong deh hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget kak.. destinasi wajib banda aceh

      Hapus
  3. megahnya ni masjid.. aku waktu ke Aceh dulu ngga ke masjid ini,, cuma ke masjid yang di deket pantai lampuuk itu..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh,, kalau ke Aceh lagi, wajib singgah di Mesjid Baiturrahman ini bang

      Hapus

Berlangganan via Email