Samosir

Objek Wisata Batu Hobon Samosir

Objek Wisata Batu Hobon Samosir - Masih bercerita tentang perjalanan saya di Tanah Batak Samosir. berbicara objek wisata Samosir seperti tiada puasnya karena banyak sekali yang bisa kita lihat disini. Selain Objek Wisata Aek Sipitu Dai, Sopo Guru Tatea Bulan, yang ada di bawah kaki Gunung Pusuk Buhit, ada satu lagi Objek Wisata yang tidak bisa kita lewatkan yaitu Batu Hobon. Ada banyak cerita tentang Batu Hobon ini.
Batu Hobon terletak Desa Limbong Sagala Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir. Hobon dalam Bahasa batak artinya Peti. Batu ini berdiameter sekitar satu meter dengan bagian bawah berongga. Diperkirakan batu ini merupakan sebuah lorong yang mungkin saja berbentuk goa. Dulunya di tempat ini kerap diadakan upacara sakral yang masih berlanjut hingga sekarang. Upacara itu diyakini sebagai penghormatan pada roh leluhur sekaligus menerima pewahyuan dari nenek moyang, dikenal dengan sebutan “Tatea Bulan”.
Menurut Cerita yang beredar di Masyarakat Batu Hobon adalah buah tangan Raja Uti untuk menyimpan harta kekayaan orang Batak, berupa benda-benda pusaka dan alat-alat musik. Diyakini pula, di dalam Batu Hobon ini tersimpan Lak-Lak (sejenis kitab) yang berisi ajaran dan nilai-nilai luhur. Berdasarkan pewahyuan yang datang pada keturunannya, diperkirakan pada suatu saat, benda-benda yang tersimpan dalam batu itu akan di keluarkan sendiri oleh Raja Uti, yang menurut kepercayaan setempat tidak pernah mati (baca: moksa), Dia akan tetap hidup dalam pribadi-pribadi pilihan yang tentu masih keturunannya.

Dipercaya ada banyak harta berharga peninggalan Raja batak di dalam Batu Hobon ini seperti Gondang Saparangguan (Seperangkat Gendang Batak), Pagar (Ramuan penangkal penyakit), hujur sumba baho (tombak bertuah), piso solom Debata (pedang bertuah), pungga Haomasan (Batu Gosok Emas), tintin Sipajadi-jadi (Cincin Ajaib), tawar Sipagabang-abang, Sipagubung-ubung, Sipangolu na Mate, Siparata Naung Busuk (Obat yang mampu menghidupkan yang sudah mati, serta menyegarkan kembali yang telah busuk). Pagar, Hujur Sumba Baho, Piso Solom Debata, Pungga Haomasan, Tintin Sipanjadi-jadi dan Tawar, semua dibungkus dengan buku lak-lak atau buku Pustaha, yaitu Buku Ilmu Pengetahuan tentang kebudayaan Batak, yang di tulis dengan aksara Batak.

Batu Hobon ini memiliki misteri tersendiri, sebab dulunya pernah tiga kali orang-orang ingin membongkar paksa batu ini untuk menemukan harta karun didalamnya, namun sia-sia adanya. Tidak ada satupun orang atau kelompok yang bisa membukanya. Bahkan orang-orang yang mencoba membukanya akan terkena Bala atau musibah.

Demikian tulisan singkat ini tentang Objek Wisata Batu Hobon Samosir, semoga bermanfaat dan menambah referensi jalan-jalan anda saat ke Samosir.

Referensi : batakblogforall.blogspot.com

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

2 komentar:

  1. Batu bobon ini termasuk wisata sejarah ya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, termasuk wisata Sejarah dan Budaya dari Samosir..

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.