Info Traveling

Jalan-Jalan ke Binjai dengan Bus Mebidang

Jalan-Jalan ke Binjai dengan Bus Mebidang - Terik siang kota Medan saat itu tidak menyurutkan kami untuk jalan-jalan sejenak. Tidak jauh-jauh sih melalak siang itu, cuma mau ke Kota Binjai saja. Kalau biasanya ke kota Binjai saya naik motor, kali ini ingin coba naik Bus Trans Mebidang. Minggu, 15 Mei 2016, sekitar jam setengah tiga siang, bergegas Naik Angkot menuju ke Pusat Pasar atau juga Medan Mall, dimana depan Medan Mall merupakan salah satu halte Bus Mebidang ini. Sesampai di Pusat Pasar, halte Mebidang terlihat begitu rame. Gak nyangka aja ternyata banyak juga yang memanfaatkan Bus Mebidang sebagai transportasi mereka.
Jalan-Jalan ke Binjai dengan Bus Mebidang
Mebidang merupakan singkatan dari Medan-Binjai-DeliSerdang. Bus ini telah beroperasi dari tahun 2015. Peminat Bus ini sudah cukup banyak dibandingkan sebelumnya. Mungkin sudah pada tahu kalau ongkosnya itu relatif murah. Jarak Medan - Binjai - Deli Serdang itu cukup jauh loh,, namun dengan naik bus ini, ongkosnya lebih murah. 

Setengah jam Menanti Bus Mebidang di Halte dekat Medan Mall akhirnya Bus Mebidang Pun Tiba, Warna biru menjadi warna khas Bus ini. Beberapa orang pun mulai berdiri dan bergegas untuk naik ke Bus Mebidang. Awalnya berfikir Bus akan segera penuh dan tidak kebagian tempat duduk. Namun kebanyakan orang di halte tersebut menanti Bus Mebidang dengan tujuan Medan- Deli Serdang Lubuk Pakam. Sedangkan saya dan teman-teman tujuannya adalah Medan-Binjai.
Jalan-Jalan ke Binjai dengan Bus Mebidang
Akhirnya bisa juga ngerasain naik bus yang lagi hits di Kota Medan ini. Tidak seperti bus pada umumnya, kursi penumpang dibuat berhadapan, kayak di angkot gitu namun lebih nyaman dan luas. Dan bagi penumpang yang berdiri telah ada handle diatas kepala sehingga bisa berdiri dengan aman. Selain itu bus juga dilengkapi Ac meskipun kalau sudah penuh penumpang tidak begitu terasa lagi ACnya, dan ada Musicnya yang diputar random sang supir Bus Mebidang.
Jalan-Jalan ke Binjai dengan Bus Mebidang
Perjalanan Medan - Binjai dengan Bus Mebidang cukup jauh dan waktunya tergantung suasana jalan, apakah macet atau tidak dan juga melihat naik turunnya penumpang disetiap halte yang ada. Mungkin sebagian orang akan serasa bosan didalam bus melihat lamanya perjalanan. Dari yang awalnya penumpang bus yang sepi, lama kelamaan semakin rame saja sehingga suara musik pun sudah tidak kedengaran lagi. Banyak penumpang rela berdiri dan ada pula yang duduk rame-rame di lantai Bus karena tidak dapat kursi dan mungkin capek untuk berdiri.

Wajar sih, rela seperti itu, mengingat jarak yang cukup jauh dan Bus ini menawaarkan tarif yang murah dibandingkan naik transportasi lain seperti angkot dan becak pastinya ongkosnya lebih mahal. Nah, dengan naik Mebidang tarif Medan-Binjai hanya Rp 6000,- saja. Dan tarif Medan-Deli Serdang hanya Rp 7000,- . Murah, bukan? Jalur Bus Mebidang telah ditentukan, sehingga bagi yang ingin mencoba naik Bus Mebidang ini, harus lah ke Halte yang telah disediakan. 
Jalan-Jalan ke Binjai dengan Bus Mebidang
Setelah 1 jam lebih, sampailah di kota Binjai dan kami pun turun di Halte dekat Binjai Super Mall (BSM) selanjutnya sih keliling sejenak di Kota Binjai. Bus Mebidang dari Binjai ke Medan terakhir ada hanya sampai jam 18.00, sehingga kamipun memutuskan pulang ke Medan dengan Kereta Api Binjai-Medan. 

Nah, bagaimana dengan kalian? sudah coba naik Bus Mebidang? Buat yang pingin jalan-jalan ke Binjai, dan seru-seruan bareng teman, bisa coba naik Bus Mebidang dan pulangnya bisa Naik Kereta Api. Baca Juga cerita pulangnya dari Binjai ya.. >> Mengejar Kereta Api Medan-Binjai. :)

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

10 komentar:

  1. Wah. Seru.. Kapan medan mau coba ah..kayanya tahun 2013 kemarin belum ada bis kek gini.. Btw.. Sinabung jaya masih eksis ngga ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyapp. bus mebidang baru beroperasi november 2015 gitu sih,,
      sinabung jaya sudah tidak ada,, sekarang ada SUTRA, Borneo untuk ke medan-kabanjahe

      Hapus
  2. di Solo ada Batik Trans, tapi enggak sebesar itu busnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang ini cukup besar mbak, :)

      Hapus
  3. kalo dilihat secara sekilas bus trans mebidang ini mirip dengan bus trans semarang ya..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah seperti itu ya mas,, soalnya belum pernah liat yang trans semarang.. :)

      Hapus
  4. bagus ya, memang dibutuhkan transportasi umum yg nyaman, bersih dan penumpang juga harus bisa menjaga dg kebersihannya, tdk mencoret2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap bner mbak,, semoga penumpang juga bisa menjaganya :)

      Hapus
  5. Saya pikir Mebidang, Dari Deli serdang ke Binjai dan sebaliknya dalam sekali jalan. Pernah nyobain naik bus ini dari Jl Gatot Subroto depan asrama Kodam, menuju pusat kota. Gitu sampai di Medan Mall semua penumpang turun digantikan dengan penumpan lain yang udah nunggu di Medan Mall untuk naik ke bus Mebidangnya. Saya masih aja di dalam bus karena saya belum sampai tempat biasa saya turun kalau naik angkot. Ehhh rupanya itu bus kembali lagi ke Binjai.. Ternyata bus ini sama dengan Damri tujuan Deli Serdang-Medan dan sebaliknya, dan tujuan Binjai-Medan dan sebaliknya. Alhasil nyambung lagi naik angkot untuk melanjutkan perjalanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bus Mebidang tidak sekaligus jalan dari Medan-DeliSerdang atau sebaliknya,,, jadi terbari rutenya menjadi Medan-Binjai lalu Binjai- Deli Serdang dan sebaliknya.. sehingga kalau dari ujung medan ke Ujung deli serdang 2 kali naik bus ini

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.