Wisata Budaya

Garista Rumah Adat Karo Pertama di Kota Medan

Sudah Pada tahu belum, kalau di Medan sudah ada rumah adat karo? Garista merupakan Rumah Adat Karo Siwaluh Jabu Pertama di Kota Medan, yang dipindahkan dari lokasi awalnya di Desa Pernantin, kec. Juhar Tanah Karo – Sumatera Utara.
Garista Rumah Adat Karo Pertama di Kota Medan
Konsep bangunan Garista masih menggunakan pola bangunan yang sama dengan aslinya yaitu dibangun tanpa menggunakan Paku. Adapun paku yang saat ini dipergunakan hanya untuk kunci pintu dengan alasan sebatas keamanan saja. Dan walaupun tanpa menggunakan Paku, bangunan ini tahan terhadap Gempa.

Material bangunan masih menggunakan kayu yang berasal dari bangunan lama tahun 1893. Adapun yang diganti hanya beberapa lembar kayu pada lantai dan 10.000 batang bambu untuk  atap serta ijuk dikarenakan sudah sangat rusak dan tidak layak dipergunakan lagi.

Baca Juga : Singgah Sejenak di Museum Huta Bolon Simanindo

Rumah adat karo ini yang satu ini disebut Siwaluh Jabu yang artinya rumah yang didiami delapan keluarga. Garista memiliki 4 dapur yang selayaknya ada di Siwaluh Jabu. Ke 4 dapur tersebut dipergunakan saling berbagi oleh 8 keluarga.

Ukiran tangan pada kayu masih terjaga dengan baik, dan diberi warna agar lebih menarik. Ukiran yang mengelilingi Siwaluh Jabu pada kayu utuh tanpa sambungan dengan Panjang 14 Meter dan Lebar 16 Meter sangat menarik untuk dinikmati.
Garista Rumah Adat Karo Pertama di Kota Medan

Sungguh hal yang sangat menarik mempelajari dan menyelami kepandaian Nenek Moyang kita yang berguru kepada alam lewat Bangunan ini.

Silakan datang ke Garista yang beralamat di Jl. Bunga Herba 5 No.89, Sempakata, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20131 atau menghubungi 081264596766 untuk mengetahui jadwal dan kegiatan serta penyewaan ruangan.

Adapun fasilitas yang tersedia adalah Tour Guide, Spot foto yang cantik, Caffee dan area parkir yang luas sehingga membuat nyaman saat berkunjung.

Garista akan buka mulai 1 Desember 2019 dengan Jadwal buka pukul 10.00 – 17.00 Wib, dan harga tiket promo untuk bulan Desember:
- Selasa s/d Jumat : Dewasa Rp.7.000,- / Anak Rp.5.000,-
- Sabtu, Minggu & Hari Libur : Dewasa Rp.10.000,- / Anak Rp.5.000,-

0 komentar:

Posting Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.