Air Terjun

Air Terjun Aek Limut : Wisata Alam Diantara Dua Kabupaten

Air Terjun Aek Limut : Wisata Alam Diantara Dua Kabupaten- Ini masih serangkaian jalan-jalan saat hari raya idul fitri 2019 lalu. Setelah dari Air terjun Simonang-monang, Pansur Napitu, Wisata Bedeng dan Selanjutnya ke Air Terjun Aek Limut. Ada yang pernah kesini? Kalau anak Asahan dan Tobasa pasti sudah pada hapal dengan Air terjun Aek Limut ini.

Sehabis dari Bedeng, tanpa berlama-lama saya pun langsung menuju ke Air Terjun Aek Limut ini. Jalannya bagus beraspal. Asiknya, air terjun ini bisa dilihat langsung dari pinggir jalan aja. Gak perlu treking keluar masuk hutan. Cocok untuk wisata bersama keluarga. 

Uniknya Air terjun Aek Limut ini sudah masuk kawasan kabupaten Toba Samosir alias Tobasa. Padahal kalau liat rutenya, lebih pas berada di Kabupaten Asahan. Ya memang benar begitu adanya, air terjun ini berbatasan dengan kabupaten asahan dan kabupaten Tobasa.

Baca Juga : Air Terjun Simonang-monang Bandar Pulau Asahan

Banyak yang bilang air terjun ini adalah anakan dari air Terjun Ponot. Mungkin karena ketinggiannya, plus jalurnya searah dengan wisata air terjun Ponot. Ketinggian dari air terjun Aek Limut ini yaitu sekitar 70 meter. Walau begitu debit air yang mengalir tidak begitu besar dan aman untuk mandi dibawahnya. Kecuali saat hujan deras, sebaiknya tetap hindari mandi dibawah air terjun yah. 

Tidak ada biaya masuk saat kemari, hanya dikenakan biaya parkir motor Rp5000,- dan Rp 10.000 untuk mobil. Selain itu sudah ada warung, toilet dan mushola. Wisata ini sangat pas untuk rekreasi keluarga. Sekalian piknik plus bisa mandi-mandi dibawah air terjun ini. 
Nah, itulah sedikit cerita tentang Air Terjun Aek Limut. Semoga bisa menjadi referensi anda untuk jalan-jalan ke kabupaten Asahan maupun ke kabupaten Tobasa. Salam jalan-jalan

36 komentar:

  1. Salah satu air terjun cantik yang ada di kawasan jalan lintas Sigura-Gura nih.

    BalasHapus
  2. sayang itu mengapa banyak bener bener gitu ya?

    BalasHapus
  3. Tinggi juga ya air terjunya, 70 meter, kadang saya suka takut kalau dekat2 air terjun, takut longsor. btw, cantik juga air terjunnya kalo dilihat dari kejauhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya intinya tetap waspada ajamas.. iya bagus air terjunnya

      Hapus
    2. siap, waspadalah waspadalah. Hehehe. Jangan panik mari piknik...

      Hapus
  4. Tinggi nih,rasanya harus dengak kepala kalau liat dr dekat ya. Tebing di air terjunnya yg bikin pwmandangan air terjunnya jd lebih bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus dari dekat dan dengak kepala. Tebing dan pepohonan yang buat sejuk juga

      Hapus
  5. Cuaca di sana lagi panas waktu itu ya mas? Air terjunnya kelihatan tinggi tipis hihihi. Rame banget suasana di sekitarnya. Nyaman ga ya buat ajak anak dan keluarga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kemarin lagi panas, jadi debitnya tipis

      nyaman kok ajak keluarga

      Hapus
  6. Wah, kayaknya tempatnya oke nih. Udah masuk Toba Samosir ya. Ada tempat wisata lain yang berdekatan nggak? Saya nggak ngerti daerah sana soalnya, tapi lagi pengin ngatur wisata ke sekitaran Danau Toba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak banget wisata sekitaran danau toba mbak,,,jadwalkan terus untuk ke toba mbak

      Hapus
  7. Wahhh air terjunnya keren nih... Kayaknya tempat yang sseru buat weekend..

    BalasHapus
  8. Air terjunnya keren nih. Mayan tinggi dan airnya engga terlalu deras. Tapi segitu banyak pengunjung, masih nyaman ga ya menikmatinya? Awas jangan buang sampah sembarangan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak rame banget kok,. ini malah di hari pertama lebaran.
      masih nyaman kok...

      Hapus
  9. Air terjunya cantik banget yaa kak dan pemandangan sekitarnya pun masih asri. Apalagi mungkin pas musih hujan adebit airnya makin besar dan semakin keren hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. debit besar, sebaiknya jangan mandi dibawahnya

      Hapus
  10. bisa lihat dari pinggir jalan ya iar terjunnya...
    alhamdulillah buatku ini memudahkan banget he.. he..
    mudah2an bisa ke sini pas mudik

    BalasHapus
  11. Aek Limut inibada artinya nggak, bang?

    Apalah artinya main ke air terjun kalau nggak berpancur di bawah airnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha,, iya agak gersang liat air terjun,, tapi gk berpancur

      Hapus
  12. Air terjun tuh asyik dikunjungi hanya kadang ngga kuat jalanannya hihi naik turun, kudu setrong, air terjunnya tinggi juga ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini gak buat capek kok mbak,, aksesnya mudah

      Hapus
  13. Nambah lagi nih alternatif tempat wisata di kawasan Tobasa. Daerah sana banyak yang cakep-cakep ya, mas. Terus itu air terjunnya tinggi pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas,, air terjun sini banyak,, mari mampir mas

      Hapus
  14. Berarti kalau bawa anak kecil atau orang tua yang sudah cukup sepuh masih bersahabat aksesnya, ya. Bagus juga air terjunnya

    BalasHapus
  15. Air terjun adalah salah satu destinasi wisata favorit ku, sepertinya ini juga sangat keren karena tebingnya lumayan tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh,, karena air terjun nyegerin gitu kan kak.. hhehe

      Hapus
  16. wahh air terjun murah meriah gini bikin happy banget nih.. apalagi air terjunnya cakepp... Semoga semakin lengkap ntar fasilitasnya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbakk,, cocok untuk rekreasi keluarga nih,,

      Hapus
  17. Sudah lama banget saya nggak ke sini. Pernah ke sini sekali saat ada pesta keluarga dekat kawasan Sigura-gura. Itu pun waktu masih kecil.

    Cakep sik ini Air Terjun Napitu.

    salam dari anak Tobasa. Horas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. horas kak... main lagi lah kemari kak.. nikmati air terjun ini

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.