Contributor

Peralatan Penting Untuk Survival di Alam Bebas

Peralatan Penting Untuk Survival di Alam Bebas - Keterampilan bertahan hidup (Survive) harus dimiliki para petualang. Buat kamu yang sering camping, hiking  atau kegiatan outdoor lainnya, ada banyak sekali tantangan yang harus kamu hadapi. Resiko seperti tersesat, kelelahan, terluka, kehabisan bekal bisa saja terjadi dan bakalan menjadi masalah besar jika kamu sama sekali tidak memiliki persiapan buat survive atau  bertahan hidup. Setidaknya sebelum semua itu terjadi ada beberapa alat bermanfaat yang bisa kamu bawa sebelum melakukan kegiatan outdoor di alam bebas.

Peralatan Penting Untuk Survival di Alam Bebas


1. Pisau Survival 

Pisau survival berbeda dengan pisau biasa, walau harganya lebih mahal namun manfaatnya sangat besar. Biasanya pisau ini terbuat dari Baja, Chromium atau Stainless Steel sehingga pisau ini mampu digunakan untuk berburu, menguliti, memotong kayu, memalu, menggali bahkan menjadi pematik api. lihat salah satu contoh kekuatan pisau ini . Maka pisau jenis ini sering digunakan oleh tentara atau tim sars buat survive dihutan. 
Pisau ini juga mudah digunakan diasah, tahan air garam. Dengan gagang yang super kuat terkadang pisau ini juga bisa digunakan sebagai tombak untuk berburu ikan di perairan . Ukuran Pisau Survival Bervariasi, antara 15 - 25 Cm.

2. Simple First Aid Kit

Kotak First Aid Kit (P3K) menjadi salah satu bawaan wajib bagi kalian yang suka aktivitas outdoor. Bukan tidak mungkin sewaktu-waktu kita mengalami luka, cedera yang bisa menjadi infeksi lebih besar jika tidak ditangani dengan tepat. Untuk memilih First Aid Kit yang baik, usahakan cari tempat sesimple mungkin dan masukkan obat-obatan sesuai dengan kebutuhan.
Biasanya isi standar dari kotak ini yaitu : Kapas Putih, Pembalut gulung, pembalut cepat steril/Snerverband, Kain kasa, rollplaster, gunting kecil  juga anti biotik seperti betadine   Juga di Isi dengan obat-obatan sederhana seperti obat pengurang rasa sakit, diare, keracunan , luka bakar, tetes mata juga balsem  Itu menjadi standar utama kotak P3K. susutkan sedemikian rupa dengan wadah yang tepat dan gampang dibawa. 

3. Botol Air Alumunium 

Saya lebih suka dengan botol air yang terbuat dari alumunium, selain ringan bahan alumunium juga lebih kuat dari pada plastik. Dan lebih cepat untuk mendinginkan air panas. So..pilihlah botol air dengan bijak botol dengan pengait juga memudahkan kalian untuk membawanya. 
4.  Nesting Survival  / Rantang Camping

Nesting merupakan peralatan camping yang terbuat dari campuran alumunium bisa digunakan untuk memasak dan juga sebagai wadah makanan. Bentuknya kecil ringan namun kuat, ketika outdoor bisa digunakan sebagai peralatan masak dan ketika dimasukkan didalam tas bisa digunakan sebagai tempat  benda-benda kecil. Nesting terdiri dari 2 hingga 4 tingkat wadah seperti  rantang yang didesain sedemikian rupa hingga tidak memakan banyak tempat. Dengan benda ini kita bisa memasak nasi, sayur dan sebagainya.
5. Senter LED

Selain terang, kecil juga ringan Senter LED yang biasa digunakan untuk camping juga hemat  baterai dan sangat berguna untuk survive dimalam hari , mengirim sandi morse dan sebagainya .
6. Pematik Api Manual / Fire Starter

Kita sering menggunakan korek api untuk membakar kayu atau ranting-ranting pohon, Namun jika sudah basah korek api seperti tidak berguna lagi. Begitu juga dengan mancis, kita juga sering menggunakan mancis namun sering bermasalah dengan engkol yang rusak. Untuk mengatasi hal itu gunakan fire starter, lebih mudah dan tahan lama.
Fire starter memercikan bunga api ke benda yang kering dan membuat sumber api yang baru. Api sangat bermanfaat untuk memasak, menghangatkan badan, menghindari hewan buas juga memberi tanda SOS kepada orang-orang melalui kepulan asapnya. 

7. Fishing Kit

Fishing Kit merupakan tools atau alat - alat sederhana yang digunakan untuk memancing seperti mata kail , benang , batu kecil, pelampung maupun umpan- umpan buatan. Alat ini sangat bermanfaat jika kalian ingin mencari sumber makanan melalui sungai atau perairan, juga alat-alat fishing dapat digunakan sebagai alat penjerat hewan seperti burung. Dengan keahlian dan kreativitas, kita tidak perlu menggunakan joran panjang untuk memancing dan hanya mengandalkan fishing kit ini saja. 

8. Gergaji Kawat 

Selain lebih ringan dan mudah, gergaji kawat mampu mewakili gergaji tangan untuk menggergaji kayu yang berukuran kecil dan besar. Ini berguna ketika kalian ingin memotong kayu bakar atau ranting pohon. Walau bentuknya seperti kalung biasa, namun manfaat dan kekuatannya bisa kita acungi jempol. Benda ini sering digunakan untuk memotong kayu yang menghalangi jalan. Bahkan beberapa jenis gergaji kawat atau wire saw mampu menggergaji mesin dan besi. 

9. Lakban atau Selotip

Jangan sepele dengan lakban atau selotip (duct tape) hanya digunakan buat jilid makalah atau menempelin kardus. Lakban juga berfungsi untuk suvive. Potongan - potongan lakban bisa digunakan sebagai markah jalan  agar tidak tersesat atau  penanda supaya orang tahu keberadaan kita. Lakban juga bisa digunakan untuk menambal peralatan kita yang bocor seperti termos atau tempat yang terbuat dari plastik. Lakban juga digunakan untuk pemancing api, lakban / selotip sepanjang 6 inchi cukup untuk menghidupkan api hingga satu menit.  Selain itu lakban juga bermanfaat untuk menutup koyak pada baju hingga menjadi perban darurat untuk patah tangan hingga terluka . 

10 . Perkakas Serba Guna

Perkakas serba sering berbentuk pisau lipat atau kerangka kotak, biasanya dalam satu set bisa terdiri dari berbagai macam fungsi seperti pisau, obeng,  pembuka tutup botol, gergaji kayu, sendok, gunting, kompas, pena hingga luv sederhana untuk memancing titik api. Banyak manfaat yang bisa dilakukan dengan perkakas ini terutama untuk survival. 

11. Tali Paracord

Tali paracord merupakan tali nilon yang biasa digunakan untuk penahan tali parasut juga dijadikan gelang atau kalung untuk anak-anak muda. Lebih dari itu paracord mempunyai fungsi yang luar biasa. Paracord bisa dirajut menjadi jaring ikan, tali tenda, jebakan, hingga tali pancing. Tali Paracord juga mampu menahan beban hingga 500 pound.  
Didalam satu lembar paracord terdapat tujuh buah tali yang lebih kecil dan berguna untuk dibuat sebagai jala atau tali yang lebih panjang. Paracord juga digunakan untuk memancing api dan bisa dirajut keberbagai bentuk . Banyak kerajinan dari rajutan Paracord yang dijual dipasaran, seperti Tas, Gelang, Tempat Pluit pada pramuka dan sebagainya. Padahal sejak perang dunia II paracord digunakan tentara untuk melakukan kegiatan survival dihutan. 

12.  Pluit dan Kompas

Pluit tidak hanya digunakan wasit untuk sepak bola  atau pak polantas yang mengatur lalu lintas. Disamping itu pluit juga bermanfaat untuk survive, dengan meniup keras terkadang membuat penasaran bagi yang mendengarnya . Ditambah lagi jika anda paham sandi morse dan memberi kode SOS melalui pluit tersebut. Carilah pluit yang berkualitas dan Sudah built dengan kompas. Sehingga memudahkan kita dalam menentukan arah mata angin. 

13.  Mantel 

Mantel tidak hanya bermanfaat melindung tas dan diri kita dari hujan. Mantel yang lebih besar bisa digunakan untuk membuat tenda darurat (bivak) , juga bisa digunakan sebagai wadah menampung air
.
14.  Smartphone dan Powerbank

Loh kok smarthphone ? tunggu dulu sobat, aplikasi smartphone saat ini banyak yang canggih-canggih lho, selain digunakan untuk komunikasi, banyak aplikasi smartphone yang digunakan untuk survive seperti digital compas, built in GPS, handy talky,  pendeteksi gempa, kiblat digital, qur'an digital ( berdoa dengan tuhan jangan lupa juga ) . Untuk itu saya sarankan sebelum membeli smartphone pastikan ia memiliki fitur yang lengkap  dan baterai yang tahan lama. terlebih jika anda sering outdoor. Dan  jangan lupa siapkan powerbank untuk mengisi baterai smartphone sobat.

15. GPS 

Gps juga sangat bermanfaat untuk kalian, karena mengambil radio dan navigasi beberapa satelit dibumi, untuk mengetahui letak posisi anda saat  ini. 
Itulah beberapa Peralatan Penting Untuk Survival di Alam Bebas, semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang suka berpetualang. ^_^..

Written By : Abdul Karim

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

3 komentar:

  1. Liat bentuk gergaji kawat langsung teringat sama borgol.. hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahah, hampir mirip kalau diperbesar kak,, tapi itu cuma sebagai handle nya,,

      Hapus
  2. keren berguna kali infonya nih...

    BalasHapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.