Arung Jeram

Melibas Jeram-Jeram Sei Bah Bolon

Melibas Jeram-Jeram Sei Bah Bolon
Melibas Jeram-Jeram Sei Bah Bolon - Kanan...!! Kiri,...!! Terus Dayung yang Semangatt...!!! Itulah penggalan kata yang selalu terlontar saat Rafting atau Arung Jeram beberapa hari yang lalu.. Ini adalah pengalaman pertama berarung jeram. Seru, menyenangkan, dan cukup melelahkan. Sabtu, 7 November 2015, berkumpul di SPBU amplas, bersama komunitas Telapak Sumut kami bersiap berangkat menuju ke Ancol Arung Jeram yang berada di Sipispis Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

Mengendarai sepeda motor kami pun bergerak sekitar jam delapan malam. Cuaca cerah dihiasi bintang-bintang. Ada sekitar 20 orang yang ikut dalam kegiatan kali ini. Perjalanan lancar tanpa ada kendala yang berarti, sekitar jam 23.30 Wib, tibalah kami di Basecamp Ancol Arung Jeram tersebut. Bersiap untuk Istirahat, sebagian teman tidur dengan tendanya dan sebagian lagi tidur di basecamp registrasi Ancol Arung Jeram. 
Camping di Sei Bah Bolon

Ku pikir dapat tertidur lelap seperti teman yang lain, tapi kenyataannya aku hanya rebahan, namun tidak bisa tidur nyenyak, padahal besoknya memerlukan tenanga ekstra untuk mengarungi sungai bah bolon. Jam 5 Pagi bergegas Subuh dan nyantai sejenak menunggu teman yang lain bangun. Minggu pagi yang cerah waktu itu, membuatku semakin bersemangat untuk segera rafting. Seusai sarapan kami pun briefing dan bergegas untuk berangkat rafting, yeeaayyyy,,, semua bersemangat terutama aku, sebab ini adalah pertama kalinya mengikuti rafting.
Telapak Sumut Rafting di Ancol Arung Jeram
Semua mengambil perlengkapan rafting seperti Life jacket, Helm, serta dayung. Setelah itu, kembali berkumpul untuk mendapatkan pengarahan dari pengelola tentang cara berarung jeram. Setelah selesai pengarahan dan berdoa, Kemudian melakukan Salam Dayung, dimana semua dayung peserta saling bertumpuk ditengah, sambil berteriak yel-yel. Setelah itu semua peserta bergegas naik truk, untuk menuju pos awal pengarungan, dan nantinya bakal finish di depan basecamp kembali. Naik truk,, yap,,awalnya pada senang dan seru bersuara, lama-lama agak senyap mungkin karena lama sampai pos awal pengarungan. hahhahah
Rafting di Sei Bah Bolon
Naik truk memakan waktu hampir 1 jam lamanya. tapi dinikmati aja rame-rame, meskipun padat dan panas-panasan di truk, pada akhirnya akan berbasah-basahan di sungai.. hahahha. Tiba sudah di pos pengarungan, tanpa berlama-lama lagi, kami pun segera ke sungai. Di sungai sudah terlihat warga sekitar yang sedang menyuci serta anak-anak yang bermain dan melompat di sungai. Karena peserta begitu ramai, kami kembali antri untuk mendapatkan perahu. 
Melibas Jeram-Jeram Sei Bah Bolon
15 menitan berlalu, kamipun akhirnya mendapatkan perahu dan bersiap untuk mengarungi sungai bah bolon. Yuhuuu... Bersiap dan dayunggg,,, kami memulai rafting hari ini.. Setiap perahu di temanin oleh guide berpengalaman atau biasa disebut Skipper didalan dunia arung jeram. Pemandangan hijau, menyejukkan serta memukai tentunya akan terlihat disepanjang sungai bah bolon ini. Sekitar 10 menit rafting, terlihat sebuah pemandangan yang menawan yaitu sebuah air terjun yang biasa disebut Air Terjun Bah Gula. 
Air Terjun Bah Gula Sei Bah Bolon
Untuk melatih kekompakan kami, dan sekaligus menikmati air terjun tersebut, kami pun mulai bersama-sama mendayung untuk lebih dekat dibawah air terjun,, Ok,,, siap,, Satuu,,dua,,tigaa..!! serempak kami mulai mendayung sekuat tenaga untuk sampai dibawah air terjun Bah Gula,, debit air yang jatuh begitu deras, sehingga tidak bisa berlama-lama dibawah air terjun, karena perahu akan terdorong pastinya. Tidak puas cuma sekali, kami mengulang lagi hingga 2-3 kali untuk mendayung tepat dibawah air terjun tersebut. Ketinggian air terjun ini sekitar 20 meter dan masih begitu alami, sebab, kebanyakan yang ke air terjun ini, hanya warga sekitar ataupun yang sedang rafting disini.
Melibas Jeram-Jeram Sei Bah Bolon
Masih pengen di air terjun, tapi skipper menyuruh untuk melanjutkan perjalanan, sebab masih panjang dan masih lama lagi. masih berada di arus yang tenang, menikmati setiap keindahan alam yang tercipta. Green Canyon yang menawan, Tebing-tebing tinggi dan hijaunya pepohonan sungguh betah berada disini. Adrenalin pun mulai diuji saat melewati jeram-jeram yang begitu menantang, Saat memasuki arus deras dan jeram, kamu pun semakin memacu perahu, mendayung untuk melewati jeram, bebatuan dan tebing disekitar jeram tersebut.
Magic Wall Sei Bah Bolon
Pemandangan menarik lainnya yaitu saat di Magic Wall sebuah dinding yang secara alami terbentuk dengan ukiran yang menarik, tanpa berlama-lama kamipun berfoto bersama di depan magic wall ini. lanjut lagi pengarungan kami, dan sekali-sekali berhenti untuk beristirahat di tepian sungai. Ada juga melompat dari perahu dan berenang menikmati dinginnya dan jernihnya air sungai. 
Melibas Jeram-Jeram Sei Bah Bolon
Pada percabangan sungai, ada aliran sungai lain, namun airnya sedikit keruh, sehingga bercampur dan membuat air sungai yang tadinya jernih menjadi sedikit keruh, disepanjang jalur rafting. Diantara tebing-tebing tinggi, dan dalamnya air sungai, kami pun menepi dan mencoba hal yang menarik, yaitu melompat dari tebing dengan ketinggian kurang lebih 10 meter. Yang tidak bisa berenang tetap boleh melompat dengan menggunakan life jacket agar lebih aman. Hanya sebagian teman saja yang melompat ke air dari atas terbing, karena sebagian pada malas, ngantuk dan lapar mungkin,hahahha.
Melibas Jeram-Jeram Sei Bah Bolon
Saya termasuk orang yang melompat, meski agak gimana gitu dengan yang namanya melompat dari ketinggian, tapi akhirnya memberanikan diri saja untuk melompat. Ok,,,dalam hati 1,,2,,3 lompat dan byurrrrr.. lega sudah....seru, berdebar dan menyenangkan. sudah 2 jam mengarungi sungai bah bolon, banyak jerak terlewati, badan pun sudah mulai terasa lelah dan pegal, namun harus segera menyelesaikan pengarungan ini dengan semangat.
Melibas Jeram-Jeram Sei Bah Bolon
Saat menelusuri sungai, terlihat beberapa alat berat dipinggiran sungai. yapp, alat berat tersebut sedang mengeruk atau menambang pasir di sungai. Semoga saja kegiatan mereka ini tidak merusak kekayaan alam yang ada. Dan menjadi sungai agar tetap bersih dan alami. Sudah 4 jam kami berarung jeram, sampailah di titik akhir rafting yaitu dibawah jembatan tepatnya depan basecamp Ancol Arung jeram. Sungguh hari yang lelah dan menyenangkan. Oh iya, Sungai bah bolon merupakan tempat rafting yang cocok untuk pemula dan relatif aman di Sumatera Utara.
Melibas Jeram-Jeram Sei Bah Bolon
Semua teman-teman merasa puas rafting kali ini, semoga ada waktu lagi untuk rafting ditempat lain dan merasakan sensasi yang berbeda dan lebih seru, demikianlah sedikit cerita saya tentang Melibas Jeram-Jeram Sei Bah Bolon, Semoga Bermanfaat..^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

8 komentar:

  1. Wahhhhhh, jadi pingin rafting kali abis baca ini min ~ huhuhuhu. Seru kali ya :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yok Rafting lagi Seru lohhh.,. Nagih nih Arung Jeram,,huhuhu

      Hapus
  2. Sampe sekarang aku belum pernah rafting... huhuhu kasiannyaaaa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok kakak kita rafting, di Bahbolon aman kok untuk pemula kayak kita nih,, aku nagih loh.. :)

      Hapus
  3. Gan, mau tanya. Kalo rafting nya memang harus pagi?
    Jam lain ada gk yg tidak pagi kali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. raftingnya sekitar jam 10an bang, kalau siang nanti kesorean bahkan bisa sampai malam takutnya,, karena pengarungan 4 jam,, semakin pagi semakin enak sih tidak panas,, :)

      Hapus
  4. fasilitas untuk arung jarumnya perlu biaya berapa ? dan alamat lengkapnya dmna ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 250 ribu mbak,, alamatnya sudah dijelaskan di cerita atas sih,, di daerah tebing tinggi Sei Bah Bolon

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.