Wisata Budaya

Berastagi : Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno, BerastagiBerastagi : Rumah Pengasingan Bung Karno - Pasti tahu Soekarno kan? Akrab di dengar dengan Sebutan Bung Karno, yang merupakan Presiden Pertama Republik Indonesia. Pernah kalian tahu sejarah lengkap tentang kehidupannya dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia? Dibalik itu semua, Soekarno telah beberapa kali di tahan dan diasingkan oleh Penjajah Belanda. Banyak yang tidak tahu kalau Bung Karno pernah diasingkan di Berastagi sebelum di asingkan di Parapat Sumatera Utara.

Karena penasaran akan tempat ini akhirnya saya bersama Bang Ramli pada Jum’at, 1 Mei 2015 kami pun bergegas bergerak menuju ke Berastagi, bermodalkan informasi dari Teman dan internet yang letaknya berada di dekat Bukit Kubu katanya. Sekitar jam 9 pagi kami pun berangkat dan sampai di lokasi sekitar jam 11 pagi, sebenarnya lokasinya tidak langsung dapat, kami juga sempat nyasar-nyasar, akhirnya dengan modal bertanya ke warga setempat, sampailah kami di Rumah Pengasingan bung Karno tersebut.

Berdasarkan cerita yang beredar di Internet Sekitar akhir tahun 1948, Berastagi menjadi tempat pengasingan sementara Bung Karno, setelah beliau ditangkap di Gedung Agung bersama dengan beberapa pimpinan republik lainnya pada tanggal 22 Desember 1948, oleh pihak militer Belanda dalam agresinya yang ke dua. Rumah Bung Karno yang terletak si Berastagi, tepatnya di belakang Bukit Kubu, merupakan saksi bisu pengasingan Bung Karno waktu itu.
Patung Bung Karno di Berastagi
Bangunan Rumah yang berukuran 10 x 20 meter bergaya Eropa, bercat putih, dan beratapkan seng warna merah. Di pelataran depan terdapat patung perunggu Sukarno dalam posisi duduk berukuran 7 meter. Patung Bung Karno yang berada di depan rumah tersebut, baru diresmikan pada 21 Juni 2005. Masih belum banyak orang yang tahu keberadaan tempat ini.
Rumah Pengasingan Bung Karno, Berastagi
Rumah Pengasingan Bung Karno ini berada di Kota Berastagi, tepatnya berada di Jalan Sempurna Berastagi, Belakang Bukit Kubu. Saat ini menjadi MESS PEMROVSU. Rumah tersebut masih terawatt dengan baik. Ketika memasuki pekarangan Rumah tersebut, setidaknya kita harus izin kepada orang yang menjaga lokasi ini. Jika ingin memasuki Rumah Bung Karno dan melihat isi dalamnya setidaknya datanglah pada hari biasa, bukan hari-hari libur, karena pada hari libur rumah tersebut digunakan untuk menginap.
Rumah Pengasingan Bung Karno, Tanah Karo
Rumah ini menjadi saksi bisu sejarah Indonesia dan layak untuk di jaga, Ini juga menjadi kebanggaan buat masyrakat Tanah Karo. Rumah ini juga bisa menjadi Wisata Sejarah di Sumatera Utara. Demikianlah sedikit ulasan tentang kunjungan saya ke Rumah Pengasingan Bung Karno,  Berastagi Sumatera Utara. Semoga Bermanfaat..^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

0 komentar:

Poskan Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.