Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal yang Perlu Anda Pikirkan Saat Membeli Powerbank

5 Tips Membeli Powerbank - Sudahkah Anda membeli powerbank sebagai salah satu persiapan untuk liburan akhir tahun ini? Saat liburan Anda memerlukan ponsel setiap saat, misalnya untuk mengakses peta saat menuju lokasi wisata, untuk komunikasi, dan yang tidak kalah penting adalah untuk berswafoto dan segera mengunggahnya ke sosial media.

5 Tips Membeli Powerbank
Jangan sampai menyesal gara-gara ponsel Anda kehabisan baterai. Jika Anda selalu membawa powerbank, kehabisan baterai ponsel pasti tidak akan terjadi. Bagi Anda yang ingin membeli dan mendapatkan rekomendasi powerbank terbaik, simak dulu 5 hal penting yang perlu Anda pikirkan berikut ini.

1. Pastikan kapasitas powerbank sesuai dengan baterai ponsel Anda

Sebelum membeli powerbank, Anda harus mengetahui dengan pasti berapa kapasitas baterai ponsel yang Anda pakai. Jika Anda sudah mengetahuinya, carilah powerbank yang memiliki kapasitas di atas kapasitas baterai ponsel Anda. Misalnya, jika Anda memiliki ponsel dengan kapasitas baterai 2.000mAh, maka sebaiknya belilah powerbank yang memiliki kapasitas minimal 2.500mAh. 

Dengan begitu, saat Anda kehabisan baterai ponsel, powerbank ini akan dapat mengisi baterai ponsel Anda sampai penuh. Dan jika Anda membeli powerbank dengan kapasitas 4.500mAh, artinya Anda dapat mengisi baterai ponsel sampai penuh hingga 2 kali, atau dapat mengisi daya 2 ponsel dengan kapasitas baterai 2.000mAh.

2. Perhatikan kuat arusnya

Memang beberapa ponsel model lama dapat dicharge dengan pengisi daya yang memiliki kuat arus 1A. Tetapi, beberapa model ponsel terbaru dan tablet umumnya memerlukan charger dengan kuat arus 2,1A. Jadi pastikan arus powerbank yang Anda beli akan sesuai dengan arus yang dibutuhkan ponsel Anda. 

Bagaimana cara mengetahui berapa arus yang diperlukan untuk mengisi daya baterai ponsel? Lihatlah pada charger asli ponsel yang Anda dapatkan saat membeli ponsel tersebut. Biasanya pada charger original akan tertera kuat arusnya yang dilambangkan dengan satuan Ampere (A). 

Jika charger original ponsel Anda sudah hilang dan Anda tidak yakin dengan arusnya, sebaiknya pilihlah powerbank yang memiliki 2 port USB dengan kuat arus 1A dan 2,1A. Perhatikan port mana yang dapat mengisi baterai HP Anda dengan lebih baik.

3. Perhatikan jenis baterainya

Seperti halnya ponsel, powerbank juga dilengkapi baterai untuk menyimpan daya. Perhatikan jenis baterai apa yang dimiliki oleh powerbank yang akan Anda beli, Li-ion atau Li-polymer. Powerbank dengan baterai Li-ion biasanya harganya lebih murah dan mudah didapat. 

Namun, dimensi ukuran dan beratnya biasanya lebih besar dibandingkan dengan powerbank dengan baterai Li-polymer. Sedangkan powerbank dengan baterai Li-polymer umumnya memiliki harga yang lebih mahal, namun lebih awet dan ringan.

4. Jangan tergiur dengan harga yang lebih murah

Pastikan Anda membeli powerbank dengan merk yang sudah terpercaya kualitasnya. Jangan cepat tergiur dengan powerbank dengan harga yang murah. Kadang-kadang pada powerbank dengan merk yang kurang jelas atau dengan harga sangat murah, kapasitas dan kuat arus yang tertera tidak sesuai dengan kenyataannya. 

Memakai powerbank dengan  kapasitas dan kuat arus yang tidak sesuai tentunya akan berefek buruk bagi ponsel Anda. Powerbank dengan baterai Li-ion yang lebih murah juga umumnya tidak tahan lama dan lebih berat, sehingga tidak praktis untuk dibawa bepergian.

Selain tidak awet, powerbank dengan harga yang murah juga umumnya tidak memiliki pengaman jika proses charging berlangsung terlalu lama sehingga ponsel atau powerbank menjadi panas. Tanpa perlindungan ini, jika suhu powerbank terlalu panas karena digunakan terlalu lama, maka powerbank ini dapat meledak dan rusak.

5. Perhatikan ukurannya

Selain memperhatikan kegunaan, jenis, dan fiturnya, salah satu hal yang perlu Anda pikirkan saat membeli powerbank adalah perhatikan dengan seksama dimensi ukurannya. Apalagi jika Anda membeli powerbank untuk dibawa bepergian. 

5 Tips Membeli Powerbank

Tentu Anda tidak ingin powerbank yang Anda beli akan memakan banyak tempat di tas Anda, atau tidak praktis saat dibawa. Jika Anda ingin powerbank yang praktis untuk dibawa-bawa, pertimbangkan agar ukurannya dapat masuk ke dalam saku Anda.

Perhatikan 5 hal tersebut saat Anda akan membeli powerbank. Pastikan Anda membeli powerbank yang tepat, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan ponsel Anda. Membeli powerbank yang tepat akan mencegah baterai ponsel cepat rusak dan membuat powerbank Anda lebih fungsional.

Posting Komentar untuk " 5 Hal yang Perlu Anda Pikirkan Saat Membeli Powerbank"

Berlangganan via Email