Wisata Alam

Pansur Napitu : Pemandian Alam Mata Air di Asahan

Pansur Napitu : Pemandian Alam Mata Air di Asahan - Ini masih lanjutan cerita perjalanan saat lebaran Idul Fitri 2019 kemarin. Pada postingan sebelumnya, saya telah mengunjungi Air Terjun Simonang-monang. Selanjutnya pada hari yang sama, saya melanjutkan perjalanan ke destinasi lainnya. Tujuan selanjutnya yaitu Pansur Napitu. Berada di desa Gunung Berkat, Bandar Pulau, Kabupaten Asahan.
Pansur Napitu : Pemandian Alam Mata Air di Asahan
Perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam dari Air terjun Simonang-monang. Akses jalan yang berbatu non aspal, membuat perjalanan ini begitu melelahkan. Sempat tengantuk-ngantuk diperjalanan. Kebetulan kali ini dibonceng sama sepupu, biasa bawa kereta sendiri. Setelah lama diperjalanan,sampai juga kami di pintu masuk ke objek wisata ini.

Jadi, lokasinya ini berada di belakang rumah warga gitu, diantara kebun sawit. Kalau kita naik mobil, parkirnya di pinggir jalan, dan harus lanjut berjalan kaki sekitar 15 menitan. kalau bawa kereta, bisa dibawa jalan hingga tempat tujuan.
Pansur Napitu : Pemandian Alam Mata Air di Asahan
Saat bertanya kepada anak-anak yang bermain disana, iya menyebutkan tempat ini bernama Pansur Napitu. Tapi kalau di searching di google ada juga yang menyebutkan nama tempat ini dengan nama Paccur napitu. Tapi mungkin itu sama, hanya beda pengucapan dari warga di sekitar.

Baca Juga : Kolam Renang Mata Air Lau Kulap Langkat

Pemandian ini berbentuk kolam dimana airnya berasal dari mata air yang keluar dari celah-celah batu. Airnya jernih dan dingin. Pemandian ini gratis dan biasanya ramai disore hari oleh warga sekitar.
Pansur Napitu : Pemandian Alam Mata Air di Asahan
Saat kami kesini, airnya terlihat surut. Ini karena, aliran air dibuka untuk dibersihkan dari sampah-sampah. Jadi sama warga dibuat semacam bendungan kecil. Sehingga airnya tertampung dan bisa dipakai berenang. Jadi kalau lagi dibersihkan, aliran air dibuka, sehingga air mengalir keluar ke parit yang ada. Lalu ditutup kembali untuk menampung mata airnya sehingga kolam terisi penuh dan bisa mandi.

Menurut warga sekitar, dulunya air ini mau dikelola oleh perusahaan air minum gitu, tapi karena sesuatu hal, tidak jadi dikembangkan. Padahal terlihat sudah ada pipa besi disitu untuk mengalirkan air.
Tidak berlama-lama disana, karena hari semakin sore, dan kami bergegas untuk pulang. Semoga Pemandian Alam Pansur Napitu bisa jadi referensi liburan kalian, kalau sedang berada di kabupaten Asahan. Salam jalan-jalan.

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.