Wisata Sejarah

Tjong A Fie Mansion : Spot Wisata Heritage Kota Medan

Tjong A Fie Mansion : Spot Wisata Heritage Kota Medan - Berbicara tentang sejarah, Kota Medan tentunya punya banyak sejarah yang pantas untuk dikenang dan diingat. Coba aja jalan-jalan ke pusat kota Medan, tepatnya di daerah Kesawan, disana terdapat beberapa bangunan Tua yang masih berdiri kokoh diantara bangunan modern yang ada di kota Medan. Salah satunya yaitu Rumah Tjong A fie. Lokasinya berada di jalan Kesawan dan tidak jauh dari lapangan Merdeka kota Medan.
Tjong A Fie Mansion : Spot Wisata Heritage Kota Medan
Bagi kalian yang sering melintas di kawasan Kesawan pasti sudah tidak asing lagi dengan Rumah dengan warna hijau yang khas. Itulah Rumah Tjong A fie yang sekarang sudah dibuka untuk umum menjadi Museum Tjong A fie atau Tjong A fie Mansion . Tahukan kalian siapa Tjong Afie itu?
Tjong A Fie Mansion : Spot Wisata Heritage Kota Medan
Lukisan Sebelah kanan, itu yang namanya Tjong A Fie
Tjong A Fie (1860-1921) adalah seorang pengusaha asal Tiongkok yang pernah sukses membangun bisnis perkebunan di Sumatera. Kerajaan bisnisnya meliputi perkebunan, pabrik minyak kelapa sawit, pabrik gula, bank dan perusahaan kereta api yang mempekerjakan lebih dari 10.000 karyawan. Bukan hanya dikenal sebagai pebisnis sukses, Tjong A Fie juga dikenal dermawan dan sangat berjasa dalam membangun kota Medan. Pada masa hidupnya Tjong A Fie menyumbangkan menara lonceng untuk Gedung Balai Kota Medan, menyumbang pembangunan Istana Maimoon, Gereja Uskup Agung Sugiopranoto, Kuil Buddha di Brayan, kuil Hindu untuk warga India, Batavia Bank, Deli Bank, Jembatan Kebajikan di Jalan Zainul Arifin serta mendirikan rumah sakit Tionghoa pertama di Medan bernama Tjie On Jie Jan.
Tjong A Fie Mansion : Spot Wisata Heritage Kota Medan
Minggu, 7 Agustus 2016, bersama sobat MedanWisata, kami mengunjungi Museum Tjong A Fie yang berada di Jalan Jenderal A. Yani No.105 Medan. Melalui Tjong A Fie Mansion kita dapat melihat kota Medan pada jaman dulu. Sekitar jam 11 siang kami pun mulai memasuki museum. Dimulai dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000,-/orang. Selanjutnya kami diajak berkeliling Rumah Tjong A Fie dan tentunya ditemani oleh seorang guide.
Tjong A Fie Mansion : Spot Wisata Heritage Kota Medan

Sang guide pun mulai melangkah masuk dan menceritakan sejarang tentang Silsilah keluarga Tjong A Fie. Sembari mendengarkan cerita, saya pun melihat-melihat sekeliling. Terlihat lukisan, foto serta perabot yang dipajang masih asli sejak jaman dulu, awet serta terawat. Kediaman Tjong A Fie sudah dibangun sejak tahun 1900. Rumah ini merupakan bangunan yang didesain dengan gaya arstitektur Tionghoa, Eropa, Melayu dan art-deco
Tjong A Fie Mansion : Spot Wisata Heritage Kota Medan

Rumah ini dibuka umum sejak tanggal 18 Juni 2009 sekaligus memperingati ulang tahun Tjong A Fie yang ke 150. Rumah Tjong A Fie ini memiliki luas 6000 meter persegi dan terdiri dari dua lantai, dimana pada lantai 2 serta tangganya masih terbuat dari papan. Kagum rasanya melihat kota Medan pada jaman dahulu. Andai bisa mengintip masa lalu untuk melihat keriuhan kota Medan di jaman dahulu ya,,Pasti seru deh. hehhehe
Tjong A Fie Mansion : Spot Wisata Heritage Kota Medan

Banyak ruangan dari Rumah Tjong A Fie ini, mulai ruangan keluarga, kamar dapur dan dilantai dua terdapat ruangan dansa yang cukup luas. Hampir setiap ruangan boleh dimasuki oleh wisatawan selama bersama guide.
Tjong A Fie Mansion : Spot Wisata Heritage Kota Medan
Ruang Dansa di Lantai dua

Buat yang belum pernah kemari,, coba deh atur liburan kamu untuk berwisata Heritage di Kota Medan, khusunya ke Tjong A Fie Mansion ini. Ada banyak hal yang bisa dilihat dan dipelajari dari Rumah Tjong A Fie,seperti kebudayaan pada jaman dulu dan keserasian antar multietnis masyarakat kota Medan pada saat itu.
Tjong A Fie Mansion : Spot Wisata Heritage Kota Medan

Itulah sekilas tentang Tjong A Fie Mansion, untuk mengetahui secara jelas dan seperti apa didalamnya, langsung saja deh kunjungi Rumah Tjong A Fie ini untuk berwisata sejarah di Kota Medan.

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

4 komentar:

  1. Beberapa tahun lalu mampir ke sana, tapi file fotonya ntah kemana semua :(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yahhh,, sayang kali kak,, yawdh kesini lagi kak,,
      :D hahaa

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.