Libur Sehari? Ke Bukit Lawang Aja

Libur Sehari? Ke Bukit Lawang Aja - Waktu yang singkat buat liburan, tapi tetap butuh keindahan alam untuk menghilangkan sedikit penat akibat aktifitas sehari-hari. Dengan meluangkan waktu sehari untuk liburan Bukit Lawang bisa dijadikan pilihan. Bukit Lawang merupakan nama tempat wisata di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara yang terletak 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut kota Medan. Bukit Lawang termasuk dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan daerah konservasi terhadap mawas orang utan.
Libur Sehari? Ke Bukit Lawang Aja
Dengan menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Medan ke Bukit lawang, jika perjalanan sedikit lama dari perkiraan harap dimaklumi saja, karena sangat di sayangkan ada beberapa titik jalan menuju Bukit Lawang mengalami kerusakan, mungkin karena terlalu banyak truk-truk yang melintas di jalan ini.

Setibanya kita di Bukit Lawang untuk memasuki kawasan wisatanya kita dikenakan biaya Rp. 5000/orang dan tak jauh dari itu dikenakan biaya untuk parkir kendaraan, jika kalian menggukanan mobil 20.000/mobil dan kamu bebas parkir di daerah kawasan wisata Bukit Lawang dengan hanya menunjukkan kertas parkir tersebut.
Libur Sehari? Ke Bukit Lawang Aja
Nah, karena tujuan ke Bukit Lawang ini ingin bertemu dengan Orang Utan  harga guide yang di tawarkan juga berbeda beda mulai dari Rp. 70000/ orang nya *dicatat mulai dari ya hehehe. Sebelumnya untuk bertemu orang utan sekarang peruntungan, karena tidak semua yang berkunjung dapat berjumpa dengan Orang Utan tersebut. Dulunya ada penangkaran Orang utan yang memudahkan pengunjung untuk bertemu,  tapi entah dengan alasan apa penangkaran tersebut di tutup.
Libur Sehari? Ke Bukit Lawang Aja
Karena perjalanan dimulai sekitar jam 13.00 Wib, udara panas Bukit Lawang benar-benar luar biasa hari itu. Siapkan minum yang banyak sebelum mulai perjalanan. Awal perjalanan kita disambut titi yang lumayan panjang dengan pemandangan kanan-kiri sungai yang mengalir.
Libur Sehari? Ke Bukit Lawang Aja
Minah si Orang Utan
Perjalanan di hutan yang menanjak dan menurun tak jadi hambatan, dan setelah satu setengah jam berjalan akhirnya si Minah (nama orang utannya) menunjukkan diri bersama anaknya, tapi jangan terlalu dekat dengannya. Minah berusaha melindungi anaknya jadi bisa saja dia merasa terganggu dengan kedatangan pengunjung.  
Libur Sehari? Ke Bukit Lawang Aja
Borjong si Orang Utan
Kita juga jumpa dengan Si Borjong, lagi lagi ini nama orang utan juga hehheeh. Si Borjong ini lebih bersahabat dengan dengan manusia walaupun diharapkan lebih hati-hati, tapi Si Borjong bisa menerima makanan dari manusia dengan jarak yang dekat. Sekitar 6 Orang utan yang ditemui selama perjalanan siang itu dan saya gak hapal satu per satu nama nya hehhehe.
Libur Sehari? Ke Bukit Lawang Aja
Perjalanan dilanjuti untuk turun ke bawah, karena waktu juga sudah lumayan sore, sebaiknya sebelum gelap sudah keluar dari hutan. Selama perjalanan balik, kita akan menjumpai bekas penangkaran Orang Utan dan beberapa anak tangga.
Libur Sehari? Ke Bukit Lawang Aja
Sampai di bawah saatnya menikmati air sungai yang mengalir dengan arus yang lumayan deras dan dingin, kita bisa mandi di sungai ini sebelum melanjutkan perjalanan dengan tubing. Tubing adalah wisata air sepeti arung jeram tapi memakai ban dalam,  tapi gak kalah seru kok.
Tubing di Bukit Lawang
Sebelum gelap kita sudah bersiap-siap kembali ke Medan. Pemandangan yang indah, bertemu dengan Orang Utang, Tubing, air yang sangat segar rasanya sulit buat berpaling, tapi aktifitas besok sudah menanti. Setidaknya sedikit penat sudah terobati. Semoga bisa kembali ke tempat ini, dan bertemu lebih banyak orang utan lagi disana. Gimana waktu libur sehari tapi tetap bisa liburan kan ? hehhehe,, jadi kalau Libur Cuma Sehari? ke Bukit Lawang aja

Written By : Sejati Ayu Putri (www.sejatinya.com)

Posting Komentar untuk "Libur Sehari? Ke Bukit Lawang Aja"