Arung Jeram

Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei

Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei - Liburan seru dengan bermain di Sungai sungguh menyenangkan bagi ku. Dari kecil sih yang namanya main air di sungai itu seru yak,,, hhahah. tapi kali ini bermain di Sungai dengan menggunakan perahu karet yang tentunya punya sensasi yang berbeda. Mengarungi sungai, melibas jeram yang ada dan berteriak..yeaayyy,, gambaran sederhana dari serunya Rafting atau Arung Jeram di Sei Bingei. Ini kedua kalinya aku menikmati arung jeram, setelah tahun lalu mencoba Rafting di Sei Bah Bolon, Tebing Tinggi.
Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei
Berawal dari Ajakan kak Rafika, yang merupakan salah satu pengurus Faji (Federasi Arung Jeram Indonesia) Sumut, akhirnya aku dan Iqbal (@PunyaBinjaiCom) berangkat menuju ke basecampe Explore Sumatera yang merupakan trip operator untuk kegiatan Rafting ini. Melewati kota Binjai menuju ke pemandian alam Namu Sira-Sira. Perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 - 2 jam dari Kota Medan. Selama perjalanan menuju ke lokasi Arung Jeram, kita akan disuguhi pemandangan hijau persawahan yang memanjakan mata. Pemandangan yang sangat langka di dapat di kota Medan saat ini. 
Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei
Minggu, 10 April 2016, sekitar jam delapan pagi, tibalah kami di Basecamp Explore Sumatera. Disambut hangat oleh kak Rafika dan Bang Jhony yang merupakan pengelola utama dari Rafting Explore Sumatera ini sekaligus bagian dari FAJI Pusat. Sambil ngobrol-ngobrol, kami pun ditawari Sarapan. Tau aja datang pagi-pagi belum sarapan. hahahah. Seusai sarapan, kami disuruh bergegas berganti pakaian untuk bersiap melakukan pengarungan. Yess, akhirnya saat itu tibaa....Ada banyak peserta lain yang datang secara rombongan, baik itu dari komunitas maupun dari perusahaan yang sedang liburan disini.
Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei
Sarapan : Bang Jhony, Rudi, Iqbal (Ki-Ka)
Sembari bersiap-siap, aku menikmati suasana yang begitu teduh dan sejuk di basecamp ini. Konsep sederhana namum memberikan kesan yang menarik bagi para pengunjung.Di sebuah lapangan terdapat banyak tenda yang telah standby digunakan. Ternyata pihak pengelola menyiapkan tenda tersebut untuk pengunjung yang ingin menginap pada malam harinya sebelum melakukan kegiatan Rafting pada pagi harinya.
Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei
Ambil perlengkapan Rafting yang telah disiapkan, seperti Life Jacket, Helm, serta dayung yang akan dipakai saat pengarungan. Usai itu bersiap untuk berangkat ke titik awal pengarungan yaitu di Desa Namo Nangka. Kami bergerak kedesa tersebut diantar dengan mobil pick up. Sekitar 20 Menit tibalah kami dititik awal pengarungan.
Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei
Diri ini sudah tidak sabar untuk segera mengarung dan merasakan jeram-jeram yang ada di Sungai Bingei. Namun, harus bersabar dan bersedia mendengarkan arahan dari pemandu. Dimana para peserta diberi pengarahan dan gambaran saat arung jeram khusunya bagi para pemula seperti aku ini. Agar pengarungan berjalan menyenangkan dan aman pastinya.
Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei
Rafting di Sei Bingei bisa terbilang aman, karena jeramnya masih sangat cocok bagi para pemula. Memiliki grade 2-3. Selain itu aliran sungai berasal dari Gunung Sibayak, makanya air disini begitu jernih dan dingin. Sekitar jam 11 pengarungan pun dimulai, yeaayy.. Teman-teman yang lain pun begitu bersemangat. 1,2, 3 dan semuanya mulai mendayung. Rafting di Sei bingei sendiri yang paling diandalkan adalah jeram-jeramnya yang deras dan membuat para rafter ketagihan. 
Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei
Buat para rafter tetap harus mengikuti arahan dari Pemandu atau Skipper yang ada di setiap perahu. Jangan pernah takut ataupun panik saat perahu terbalik. Karena kita sudah dilengkapi life jacket dan helm sebagai pelindung. Bersikap tenang tentunya akan membuat semuanya lebih aman. Jeram demi jeram terlewati, para peserta berteriak dan merasakan adrenalin mereka sedang dipacu di jeram sei bingei ini.
Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei
Sejenak berhenti ditepi sungai untuk beristirahat, telah tersedia jagung rebus dan teh yang siap disantap siang itu. Terlihat banyak anak-anak desa yang bermain dan melompat di Sungai. Pemandangan yang seru buatku, melihat mereka dengan bebas tanpa malu-malu dihadapan kami melompat ke air dengan gaya mereka, seakan-akan ingin menunjukkan dan mengajak kami melakukan itu juga.
Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei
Usai istirahat, kami melanjutkan pengarungan. kembali bersemangat mendayung sambil bercanda dengan teman yang lain untuk membuat suasana semakin ramai. Saat berada di arus yang tenang, ada sesuatu yang menarik buatku. Sebuah gondola sederhana yang dibuat warga, yang berfungsi untuk menyeberang sungai dan mengangkut hasil ladang mereka. wahh,, ini tentunya mempermudah pekerjaan mereka, tanpa harus menyeberang sungai yang kadang banjir ataupun memutar jalan yang mungkin sangatlah jauh.
Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei
Kembali berada di arus yang deras, melibas setiap jeram yang ada, menikmati derasnya aliran sungai, syukurnya tidak sampai terbalik perahunya. hahahah. Sebelum pengarungan berakhir ada satu spot yang tidak boleh dilewatkan, yaitu sebuah tebing dimana setiap rafter wajib melompat. Tinggi tebing sekitar 3-5 meter saja. Tapi kalau tidak berani jangan dipaksa lompat juga ya,, ntar pingsan pula. Kalau saya sih pasti lompat, rugi rasanya kalau tidak mencoba,..
Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei
Puas sudah, melompat-lompat ke air, lanjut lagi untuk mengarungi sungai bingei ini. Masih ada beberapa jeram yang dilewati dan dinikmati. Tak terasa sudah 1,5 jam pengarungan dan kini sudah sampai dititik akhri pengarungan yaitu di pantai pangkal dekat dengan bendungan Namu Sira-Sira. Biasanya pengarungan diakhiri dengan meluncur di bendungan. Namun saat ini pihak pengelola tidak mengijinkan lagi karena resiko keamanan juga tentunya. jadinya titik akhir pengarungan berada di pantai pangkal saja.
Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei
Usai sudah pengarungan hari ini, dan kembali ke basecamp dengan mobil pick up yang sudah standby. Sesampai di basecamp, peserta bisa menikmati makan siang yang telah disiapkan. Nah, fasilitas yang ada disini selain kantin, pengianapan, kamar mandi bersih dengan airnya yang jernih,, dan musholla juga.

Nah, itulah sedikit keseruan saat rafting. Kalian sudah pernah coba? Yok Rasakan Sensasi Seru Arung Jeram Sei Bingei, dijamin nagih loh.. ^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

9 komentar:

  1. Kalo perahunya kebalik telungkup gitu bisa panik juga kali ya, walo bisa berenang n pake life jacket :D. Ngeri2 sedap hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya disuruh tetap tenang kak,, karena biasanya kebalik itu dijeram tertentu saja, dan sehabis jeram depannya adalah arus yang tenang.

      Hapus
  2. wuiiih, sepertinya seru banget ya main di sana! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener seru banget,,, yok Kemari kita :)

      Hapus
  3. ARTIKEL YANG BAGUS (y)
    .
    .
    Ditunggu kunjungan baliknya ya di http://www.dzikirsm.web.id/2016/03/memilih-menyendiri.html :)

    BalasHapus
  4. Addicted..
    Want more
    repeat again

    BalasHapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.