Contributor

Taman Hewan Pematang Siantar Terlengkap di Sumatera Utara

medanwisata.com
Taman Hewan Pematang Siantar (Siantar Zoo) Terlengkap di Sumatera Utara - Hari minggu merupakan hari yang sangat dinanti-nanti oleh semua orang. Bagaimana tidak setelah 6 hari lamanya beraktivitas yang banyak menguras tenaga, pikiran dan waktu. Nah, di hari Minggu ini lah kita dapat memanfaatkan momen yang luar biasa ini untuk merefresh segala energi yang telah dikeluarkan selama 6 hari tersebut. Minggu ini tepatnya tanggal 7 Desember 2014 saya dan keluarga memilih berlibur ke Taman Hewan Pematang Siantar. Ini merupakan kunjungan kali pertama saya ke tempat wisata ini. Siantar Zoo merupakan salah satu objek wisata di kota Siantar yang harus anda kunjungi.

Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) atau sebelumnya dikenal juga sebagai Kebun Binatang Siantar adalah kebun binatang yang terletak di kota Pematangsiantar. Kota Siantar sendiri merupakan kota terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Medan. Kebun Binatang Siantar (Siantar Zoo) resmi dibuka untuk umum pada tanggal 27 November 1936 kemudian terjadi pengembangan dan pemugaran serta diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia DR.H.Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 13 November 2007. Siantar Zoo memiliki luas areal sekitar 4,5 ha
Taman Hewan Pematang Siantar

Taman hewan yang dikelola oleh DR. H. Rahmat Shah, beliau juga memiliki museum Zoologi yaitu Rahmat's Galery yang terletak di Kota Medan. Taman Hewan Pematang Siantar ini beralamat di Jl. Kapt. MH. Sitorus No. 10, Kota Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara. Memakan waktu sekitar 3 jam dari kota Medan. Sebelum masuk kita diwajibkan untuk membeli tiket terlebih dahulu dengan biaya tiket sebesar Rp 15.000/orang dan setelah itu kita diberi penanda berupa gelang untuk menandakan kita telah diperbolehkan untuk masuk ke taman hewan ini. Lalu kita langsung dapat menikmati keindahan dan edukasi satwa yang ada di dalamnya. Kebun Binatang Siantar ini memiliki koleksi yang banyak, mulai dari Mamalia, Aves dan Reptil. Keunikan taman hewan ini adalah setiap hewan diberi nama tersendiri, hal itu menambah keunikan tersendiri pada taman hewan ini. Di Kebun Binatang Siantar juga ada Komodo, Singa Afrika, Zebra, Unta dan beragam satwa lainnya.
Taman Hewan Pematang Siantar

Sampai saat ini jumlah koleksi yang terdapat di Kebun Binatang Siantar terus bertambah karena Kebun Binatang Siantar ini memiliki kebijakan konservasi dan penangkaran satwa yang dapat dibilang sukses. Bahkan Kebun Binatang Siantar ini memiliki koleksi binatang langka, seperti Harimau Putih dan Harimau Sumatera. Dan ada juga koleksinya yang terbilang unik dan tiada duanya di Indonesia, seperti keberadaan Buaya darat tertua yang berhasil  bertahan hidup dengan asuhan manusia dalam Kebun Binatang. Kemudian di Kebun Binatang Siantar juga ada Liger (Lion Tiger) yaitu sejenis kucing besar perkawinan silang antara Singa dan Harimau.
Siantar Zoo

Tidak hanya menyuguhkan koleksi satwa, taman hewan ini juga menyuguhkan wahana bermain keluarga seperti baling-baling, komedi putar, kapal ayun, keranjang putar, kereta api, mandi bola, sepeda air serta terdapat gedung serbaguna. Fasilitas lainnya di taman satwa ini adalah adanya kafe-kafe, musholla, dan toilet umum. Khusus untuk toilet umum dikenakan biaya Rp 1000/orang. Taman satwa ini sangat terawat. Ini terbukti dari koleksi satwa yang sehat dan lokasi yang nyaman dan bersih.
Siantar Zoo

Sampai saat ini Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) masih mempertahankan statusnya sebagai kebun binatang yang terlengkap dan terbaik di wilayah Sumatera Utara. Koleksi satwa dan popularitasnya bahkan mengalahkan Kebun Binatang Medan yang memiliki luas yang berpuluh kali lebih besar daripada THPS ini. Meski Kebun Binatang yang ada di Kota Medan menyandang sebagai Kebun Binatang terbesar di Sumatera Utara, namun bukanlah yang terlengkap seperti Kebun Binatang Siantar ini.
Taman Hewan Pematang Siantar Terlengkap di Sumatera UtaraTaman Hewan Pematang Siantar (THPS) cukup berhasil dalam menjalankan peranannya sebagai lembaga konservasi serta dapat digolongkan sebagai salah satu kebun binatang yang terbaik di antara kebun binatang yang ada di Indonesia. Nah, bagi kalian yang belum pernah mengunjungi Kebun Binatang Siantar ini, tunggu apalagi, segera susun agenda liburan kalian bersama keluarga untuk datang kesini. Demikian cerita saya berkunjung ke Taman Hewan Pematang Siantar, Sumatera Utara ini. Semoga bermanfaat.

Contributor By : Putri Ananda Tarigan

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

3 komentar:

  1. semoga saja bisa merawat fauna dengan baik.

    Rujak Soto Banyuwangi

    BalasHapus
  2. sering ke siantar tapi belum pernah kemari, kalau ada kesempatan aku main kemari ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun lum pernah bg.. yok kesana kita,,,

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.