Wisata Religi

Keren! Patung Dewi Kwan Im Tertinggi di Asia Tenggara Ada di Siantar


Patung Dewi Kwam Im
Pematang Siantar merupakan Kota Kelahiran ku, Kota terbesar kedua di Sumatera Utara setelah Medan. Kota ini juga mempunyai daya tarik wisata tersendiri yang tidak kalah menakjubkan dengan kota-kota lain yang ada di Sumatera Utara. Salah satu tempat yang menjadi objek wisata yang cukup keren yaitu melihat Patung Dewi Kwan Im. Dewi Kwam Im adalah seorang dewi cinta kasih sayang yang selalu dipuja oleh umat Budha. Sejarahnya, Dewi Kwam Im merupakan Bodhisattva (calon Budha) yakni manusia yang hampir mencapai kesucian dan kesempurnaan.
Patung Dewi Kwam Im Tertinggi di Asia Tenggara
Patung ini berlokasi di Pusat Kota Pematang Siantar, tepatnya di Vihara Avalokitesvara. Vihara ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah untuk berwisata Religi karena memang Vihara ini tempat beribadahnya Umat Tionghoa. Walaupun begitu, pemeluk agama lain boleh datang dan melihat kemegahan dari patung Dewi Kwan Im tersebut. Patung ini memiliki tinggi 22,8 meter yang di claim merupakan patung tertinggi se-Asia Tenggara. Patung ini dibuat dan diimpor langsung dari China. Patung Dewi Kwan Im tersebut terbuat dari batu granit. proses pengerjaannya pun memakan waktu sekitar 3 tahun dan menghabiskan dana yang mencapai sembilan milyar. Karena kemegahannya yang luar biasa, patung ini mendapatkan penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Patung Dewi Kwam Im
Diresmikan pada tahun 2005 Silam, Patung ini menjadi salah satu objek wisata andalan kota Pematang Siantar. Terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang dari negeri seberang yang ingin melihat kemegahan patung ini. Patung Dewi Kwan Im terletak di Lantai dua dari Bangunan Vihara.Sebelum masuk dan menaiki tangga, anda akan disambut oleh dua buah patung yang terletak di dua sisi tangga yang merupakan patung catur mahadewa-raja atau disebut patung malaikat pencatat kebaikan dan keburukan. Terdapat juga Lampion-lampion yang menghiasi dan menambah keindahan dari patung Dewi Kwan Im tersebut.
Patung MalaikatTaman Vihara Avalokitesvara

Setelah puas melihat Patung Dewi Kwan Im, anda bisa turun dan melihat sekitar halaman Vihara. Disana terdapat taman, Kolam Ikan, serta patung-patung lain yang tidak kalah kerennya. Seperti terjejer rapinya patung-patung para Shio yang menjadi kepercayaan masyarakat Tionghoa. Patung-patung tersebut di wujudkan dalam bentuk hewan-hewan. seperti Ayam, tikus, kerbau, ular, kuda, macan, kelinci, naga, monyet, Babi, Anjing dan Kambing.
Patung Shio

Buat anda yang bertujuan ke Siantar, silahkan sempatkan waktu anda untuk melihat patung Dewi Kwam Im ini. Karena Patung ini begitu megah dan keren pastinya. Hanya sekitar 2 jam lebih dari Medan untuk sampai ke Kota Pematang Siantar ini.

Demikian Informasi Singkat tentang Wisata Religi yang ada di Pematang Siantar. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin berjalan-jalan. ^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

12 komentar:

  1. ooh diimpor dari china, pantes patungnya sekilas mirip kayak di yg di hongkong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas,langsung dari cina patung Dewi Kwan Im ini..:)

      Hapus
  2. Owh ini yah yang pernah dirimu bilang itu,, keren-kerenn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia kak.... emng keren sih,.. :D mari kesana..:)

      Hapus
  3. Dulu di jidat patung ada intan warna ungu tp uda dicabut krn sering sekali ada org2 tak bertanggung jawab yg ingin mencuri n menjualnya dgn harga tinggi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. owhh gitu ya.. terima kasih info tambhan nya.. :)

      Hapus
  4. Boleh tau alamat lengkapnya..gua pengen kesana..tp gua gak tau jalan...mau cr pake waze...tq infonya agan2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari jalan sutomo siantar, terus masuk ke kawasan Siantar Square, nah tinggal terus aja dari situ sudah nampak kok,, sambil tanya warga sikit aja biar tidak nyasar :)

      Hapus
  5. Jam operasionalnya berapa sih? Saya jam 5 sore kesana kok tutup y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin lagi ada renovasi ataupun sedang ada waktu sembahyang,,, jadi masyrakat umum tidak diperbolehkan masuk,,

      Hapus
  6. baru tahu di siantar ada patung dewi kwan iem terbesar, masnya temenya mas ramli ya..

    Saya Topik, salam kenal dari jogja ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh iya mas,, saya temen mas ramli di Medan..:)

      salam kenal kembali mas..

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.