Wisata Kuliner

Pasar Bengkel, Pusat Oleh-Oleh Serdang Bedagai

Pasar Bengkel, Pusat Oleh-Oleh Serdang Bedagai
Pasar Bengkel, Pusat Oleh-Oleh Serdang Bedagai - Pernah dengar Pasar Bengkel di Perbaungan Serdang Bedagai tidak? jika kalian orang Sumatera Utara, pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya Pasar Bengkel. Saya sendiri setidaknya minimal sekali setahun melewati dan singgah di Pasar Bengkel ini, Secara saat mudik ke Kota Siantar pasti saya lewati daerah ini. Mungkin ada sebagian orang yang tidak tahu apa itu pasar bengkel dan mengapa begitu ramai orang bicarakan. Pasar Bengkel merupakan sebuah pusat jajanan atau Pusat Oleh-oleh yang ada di kabupaten Serdang Bedagai. Pasar Bengkel juga terkenal dengan sebutan Pasar Dodol, karena banyak yang menjual Dodol yang khas dari serdang bedagai ini. Jadi, serdang bedagai tidak hanya kabupaten yang terkenal dengan banyak pantai tapi juga memiliki pusat oleh-oleh seperti Pasar Bengkel.

Pasar Bengkel berada di kawasan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Tepatnya di Desa Bengkel, Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Jika dari Medan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Lokasi Pasar bengkel. Pasar Bengkel menjadi Pusat Oleh-oleh dari Serdang Bedagai, atau bisa dikatakan sebagai Wisata Kuliner khas Serdang Bedagai. Di pasar bengkel ini, anda bisa membeli Dodol yang begitu khas, Aneka keripik, kerupuk, minuman dan jajanan lainnya. Pasar bengkel telah ada sekitar puluhan tahun yang lalu.
Asal Mula dinamakan Pasar bengkel Serdang Bedagai, karena area pertokoan itu dahulunya merupakan desa yang banyak terdapat usaha perbengkelan, seperti sepeda, pandai besi, bengkel gerobak lembu, dan perbengkelan kayu. Letak persisnya di sekitar Pasar Pekan Bengkel. Posisi bengkel-bengkel itu sangat strategis karena berada di persimpangan antara desa-desa tetangga dari Desa Bengkel, seperti Desa Lidah Tanah, Desa Lubuk Dendang, Desa Suka Beras, Desa Kesatuan, Desa Pematang Tatal dan Desa Deli Muda. "Jadi masyarakat dari desa tersebut , jika akan ke Kota Perbaungan pada masa lalu menjadikan bengkel-bengkel tersebut sebagai tempat titik kumpul pertemuan, baik pergi maupun pulang," (sumber : medanbisnisdaily.com)
Pasar Bengkel, Pusat Oleh-Oleh Serdang Bedagai
Ada Puluhan kios yang berjualan di Pasar Bengkel ini, sesuatu yang dijual pun hampir sama semua seperti Dodol, Keripik, minuman, serta makanan lainnya. Namun, kios-kios tersebut tetap saja ada pembelinya. Apalagi musim liburan seperti Lebaran, pengunjung pasar Bengkel akan semakin Ramai, karena Jalan Lintas Sumatera akan dilalui banyak kendaraan seperti Bus yang membawa pemudik ataupun kendaraan pribadi yang mudik maupun liburan ke luar kota. Biasanya bus-bus akan berhenti di Pasar bengkel ini untuk beristirahat sejenak karena letih menempuh perjalanan jauh, dan secara otomatis memberikan kesempatan para penumpang untuk berbelanja oleh-oleh khas Serdang Bedagai ini.
Pasar Bengkel, Pusat Oleh-Oleh Serdang Bedagai
Makanan atau jajanan yang paling sering diburu para pembeli yaitu Dodol. Ada beberapa pilihan rasa dodol yang ditawarkan seperti Rasa Durian, Vanila, pandan, kacang dan Original. Dodol di Pasar bengkel memang terkenal khas dan Enak tentunya. sehingga banyak orang yang membeli dodol di pasar bengkel untuk dimakan sendiri maupun dijadikan oleh-oleh untuk saudara maupun teman. Tidak hanya dodol yang menjadi buruan pengunjung. aneka kripik dan kerupuk pun tak ketinggalan untuk dibeli oleh para pengunjung pasar bengkel ini. Nah, buat anda yang ingin membeli oleh-oleh dari Serdang Bedagai tidak ada salahnya mampir di Pasar Bengkel ini. Demikianlah Informasi singkat tentang Pasar Bengkel, Pusat Oleh-Oleh Serdang Bedagai, semoga bermanfaat.. ^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

9 komentar:

  1. Awalnya perbengkelan yang akhirnya berkembang menjadi pasar yang menyediakan segala macam kebutuhan ya, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya seperti itu lah mas, tapi lebih ke Kuliner atau jajajanannya mas,, :)

      Hapus
  2. Kukira pasar yang jual alat perbengkelan atau pusatnya tukang bengkel, ternyata pusat oleh-oleh. Sungguh nama yang menjebak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang dari dulu udah begitu namanya,, :D

      Unik kan?

      Hapus
  3. Berapa total yang jualan dipasar bengkel itu ya

    BalasHapus
  4. Sepertinya enak :)
    Saya mau kasih info aja nih. Bagi kalian yang memiliki usaha. Jangan mau ketinggalan. Yuk gunakan Kemasan Makanan Greenpack. Bahannya sudah terbukti 100% food grade.

    BalasHapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.