Wisata Budaya

Museum Situs Kota Cina Medan

Museum Situs Kota Cina Medan
Museum Situs Kota Cina Medan - Apakah pernah dengar Situs Kota Cina di Medan? sudah pernah datang dan melihat langsung seperti apa Situs Kota Cina yang dimaksud? Tempat ini merupakan salah satu Wisata Sejarah yang ada di Kota Medan. Pada hari yang sama yaitu tanggal 27 April 2014, setelah saya jalan-jalan ke Danau Siombak Sebuah Wisata Air di Kota Medan, saya bersama teman-teman langsung mengunjungi Situs Kota Cina Medan. Jaraknya tidak jauh, hanya 10 menit dari Danau Siombak untuk menuju Lokasi ini.

Museum Situs Kota Cina Medan berada di Jalan Kota Cina No.65, Kelurahan Payah Pasir, Kecamatan Medan Marelan Sumatera Utara. Untuk Gambaran denah lokasinya bisa baca terlebih dahulu di artikel sebelumnya yang Berjudul Danau Siombak Sebuah Wisata Air di Kota Medan. Museum ini terletak diantara deretan rumah-rumah warga. Bangunannya juga tidak besar. Jalan yang dilalui juga tidak besar dan berbelok-belok, maka tidak ada salahnya jika anda mau ke Museum Situs Kota Cina bertanya pada warga sekitar mengenai keberadaannya.
Situs Kota Cina Medan
Sesampai di Museum Situs Kota Cina, anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5000/orang. Sedikit menggambarkan yang ada di Museum situs Kota Cina yaitu, tentunya ada banyak Artefak peninggalan sejarah pada abad 12 sampai 14 Masehi. Seperti patung-patung, keramik-keramik, bebatuan, uang kuno dan masih banyak lagi. Ada juga Replika (bukan Asli) Archa Budha Amitaba yang sengaja dibuat berbahan batu granit putih, dipajang di museum situs kota cina, yang diperkirakan berasal dari abad XII-XIV SM.
Museum Situs Kota Cina
Situs Kota China di Medan Marelan telah diketahui sejak tahun 1970-an, namun jejak sejarahnya mulai terkuak sejak ditemukanya sebuah arca kuno tepatnya pada saat adanya penggalian tanah menggunakan alat berat untuk penimbunan pembangunan jalan Tol Belmera pada tahun 1986 silam Terkuburnya jejak sejarah Kota China, yang hingga kini belum habis tergali adalah kerajaan yang makmur dan terdapat pelabuhan laut (bandar)internasional yang dihuni para imigran asal Tiongkok. Pada umumnya, Bangsa China datang dengan latar belakang keinginan untuk mencari peruntungan hidup lebih baik dari tempat asalnya, dengan melakukan bisnis perdagangan. Di bandar tertua, diperkirakan pada masa Dinasti Song, Kota China yang berada di sebelah utara Kota Medan ini, mengalami kejayaan. Kawasan daratan dan pantai dihuni imigran dari negeri Tiongkok, dengan pelabuhan rakyat serta jalur perdagangan tersibuk. Transaksi perdagangan seperti tembikar, guci, keramik, rempah-rempah dan termasuk arca berlanggam Chola atau India Selatan diperjual belikan. Tidak hanya niaga, tapi dibandar tertua di Kota Medan ini juga berlangsung beragam aktivitas budaya. Bukti dari sejarah pelabuhan ini diketahui, setelah adanya penemuan kayu rangka dari bangkai kapal. Untuk penemuan kayu sisa dari rangka kapal ditemukan di sebelah utara, ditempat itu diyakini sebagai lokasi pelabuhan laut pada masa itu. Kemajuan perdagangan di bandar Kota China mendadak terhenti, setelah kota itu dilanda musibah alam. Kawasan pelabuhan laut yang berkembang pesat, terkubur menjadi daratan. Dari cerita legenda di masyarakat hilangnya Kota China dikarenakan menerima kutukan dan diserang oleh pasukan kepah. Sedangkan sebagian lain beranggapan, kota tempat imigran Tiongkok itu hilang setelah terkena bencana tsunami. Sekitar 5 abad kemudian setelah bandar Kota China terjadi pendangkalan, pelabuhan baru lalu berdiri di kawasan Bandar Labuhan Deli atau saat ini berada di wilayah Kelurahan Pekan labuhan, berjarak sekitar 3 kilometer dari lokasi situs Kota China. Sejarah bandar Labuhan Deli dibangun pada tahun 1814, setelah raja deli ketiga, Tuanku Panglima Pasutan memindahkan pusat pemerintahan Kesultanan Deli dari Deli Tua ke daerah Labuhan Deli. (sumber : wikipedia)
Museum Kota cina Medan
Situs Kota Cina ini merupakan Wisata Budaya dan Sejarah dan salah satu Wisata Arkeologi yang di Indonesia yang seharusnya dijaga dan dilestarikan. Agar kita sama-sama bisa melihat seberapa pentingnya sejarah itu. Apalagi Situs Kota Cina ini, akan terus selalu diteliti demi mendapat suatu fakta bahwa Situs Kota Cina diyakini sebagai cikal bakal terbentuknya Kota Medan sekarang yang berasal dari permulaan abad ke-12. Hal mana ditunjukkan oleh banyaknya peninggalan atau bukti arkeologis (archeological evidence) yang tertuju pada satu era yakni sejak abad ke-12 hingga awal abad ke-14, seperti eartenware fragmen (tembikar), porcelain fragmen (keramik), coin (mata uang), glass fragmen (gelas), brickstone fragmen (Batubata berfragmen candi), archa (statue), tulang belulang, atau bahkan sisa-sisa perahu tua (ships ruins). Tentang kondisi dan keadaan kawasan Medan sebelum awal abad-12 ini belum banyak diketahui. 

Museum Situs Kota Cina ini merupakan tempat menyimpan beberapa temuan artefak agar bisa dilihat oleh semua masyarakat. Lokasi penggalian Situs Kota Cina tidak begitu jauh dari museum ini berkisar 100 meter saja, biasanya pada hari kerja seperi senin, ada aktivitas penggalian untuk mencari artefak-artefak lainnya. Keberadaan situs Kota Cina Marelan memang tidak begitu akrab bagi masyarakat Medan, namun tidak bagi masyarakat pecinta sejarah dunia. Situs sejarah tersebut, tercatat dalam referensi arkeolog dunia.
Situs Kota Cina Marelan
Nah, bagaimana dengan anda, tertarikkah untuk mengunjungi Wisata Arkeologi ini? Demikianlah artikel singkat tentang Museum Situs Kota Cina Medan, Semoga situs ini akan selalu terawat dan tidak menghilang dalam beberapa tahun kedepan, sehingga bisa dinikmati oleh anak cucu kita sebagai Wisata Sejarah yang ada Medan, Sumatera Utara. Semoga Bermanfaat.. ^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

9 komentar:

  1. baru tau rud kalo ada museum kota cina,,,thanks infonya menarik. bisa nih jadi destinasi wisata selanjutnya kalo ke medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru pertama kali kesana,, :) silahkan berkunjung saat kemedan,, :)

      Hapus
  2. museum cina.... pasti benda-benda sejarah dari jaman cina masih ada tuh yang bang.. :)
    medan jadi tempatnya wisata dah.. orang indah juga banyakkan bang disana..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia bang,, dan tempat ini masih terus akan diteliti,,,

      orang indah juga banyak kok bang,, :D

      Hapus
    2. wow... yang mantap lah ne kota medan ne... semoga aja penelitian lancar-lancar aja lah...

      kemarin sempat lihat di TRANS|7 karean komunitas indah terbanyak itu ya di medan....

      Hapus
  3. Keren kak! baru tahu kalau di Medan juga ada kota Cina..
    :D
    salam kenal, saya newbie Celoteh Backpacker hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenall kembali,,, :)

      saya juga newbie, jalannya masih yang dekat rumah saja,,

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.