Rekreasi

Danau Siombak Sebuah Wisata Air di Kota Medan

Danau Siombak
Danau Siombak - Sudah pada tahu belum, kalau kota Medan ini juga mempunyai Danau? mungkin banyak orang diluar Pulau Sumatera menggangap Danau Toba itu berada di Medan, padahal tidak sama sekali. Yang saya tahu di Kota Medan yang ada Danau yang cukup besar yaitu Danau Siombak. Danau ini merupakan sebuah danau buatan. Danau Siombak ini menjadi sebuah tempat wisata di Kota Medan yang masih banyak orang belum tahu. Padahal Danau ini telah diresmikan semenjak tahun 2006.

Minggu, 27 April 2014, Admin Medan Wisata bersama 2 sahabatnya yaitu Eko dan Basri pergi untuk melihat dan mencari tahu keberadaan Danau Siombak ini. Bermodalkan info yang beredar di Internet dan hasil bertanya orang-orang di sekitar Lokasi, kami pun sampai di Danau Siombak tersebut. Danau Siombak ini berada di Jalan Pasar Nippon, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan. Hanya berjarak sekitar 18 Km dari titik Nol pusat kota Medan yaitu Kantor Pos Besar Medan. Untuk menuju lokasi Danau Siombak ini, dimulai dari Kantor Pos Medan, menuju ke arah Belawan, yaitu melalui jalan Yos Sudarso Medan, lalu saat tiba di Persimpangan, yang biasa disebut dengan Simpang Kantor, anda berbelok kekiri, lalu terus saja sampai anda menemukan Jalan Pasar Nippon. Setelah memasuki Jalan Pasar Nippon tersebut terus saja sampai menemui persimpangan lagi seperti gambar di bawah ini.
Danau Siombak
Dimana terdapat petunjuk, menuju Danau Siombak, yaitu berbelok kekanan, jika berbelok ke kiri maka kita akan menuju ke sebuah meseum Kota Cina. Setelah berbelok kekanan terus saja mengikuti jalan besar yang ada, hingga sampai lokasi Danau Siombak. Sebelum sampai di Lokasi danau, di sepanjang jalan anda akan melihat banyak pohon bakau yang berjejer, tentu ini menambah kesejukan udara saat anda melintas di daerah tersebut. sekitar 15 menit dari persimpangan jalan pasar Nippon tadi, kini anda telah sampai di depan Pintu masuk danau Siombak.
Danau Siombak
Biaya masuk hanya Rp 2000/orang dan untuk parkir sepeda motor hanya Rp 1000/motor. Di luar pintu masuk Danau Siombak, banyak terdapat Kolam-kolam pancing yang memang sengaja dibuat untuk para pengunjung yang suka memancing ikan.
Danau Siombak
Banyak warga sekitar yang datang ke Danau Siombak ini untuk berlibur dan bersantai bersama keluarga, bagi anda yang hobi memancing, juga bisa membawa peralatan mancing, sehingga selain bersantai memandangi danau Siombak, anda juga bisa memancing ikan yang ada di Danau Siombak ini. Fasilitas yang ada di Danau Siombak ini antara lain ada Pondok-pondok untuk bersantai dan tentunya disewakan untuk para pengunjung, selain itu terdapat juga kolam renang anak, Permainan Outbound, komedi putar anak, Permainan wahana air seperti Speed Boat, perahu motor, sepeda air, perahu dayung, bumper boat, paddle boat, dan ada juga disediakan hiburan musik, sehingga anda bersama keluarga boleh bernyanyi di panggung musik tersebut. Maka danau Siombak ini cocok untuk berwisata bersama teman maupun keluarga di Kota Medan.
Danau Siombak
Pengelolah Danau Siombak, Mustika Guna yang diwakili oleh Herlianto, mengatakan, awal mulanya danau ini sebagai danau buatan. Saat itu kata sekitar tahun 1983 dibuatlah jalan Tol Balmera untuk kawasan Belawan dan Tanjungmorawa. “Untuk pasirnya dari danau ini, dari sinilah awalnya danau itu ada,” ucapnya. Akhirnya, dari hasil kerukan itu air tersebut mengumpul dan menjadi danau yang luasnya sekitar 34 hektare (ha) dengan kedalaman 5 sampai 6 meter (m). Selain salah satu objek wisata Kota Medan, danau ini juga berfungsi sebagai resapan air warga kota Medan, terkhusus warga Marelan dalam mengatasi banjir pada saat musim hujan. (sumber : sumutpos.co)
Danau Siombak
Ada juga pendapat lain dari pengunjung sekitar yang saya tanyain bahwa danau siombak dulu adalah sebuah rawa yang luas. Danau Siombak ini adalah danau air payau, yang artinya tempat bermuaranya air tawar dan air laut. Ketika masuk jam siang air akan pasang dan bercampur dengan air asin. Namun, seiring berkembangnya tempat ini, pengelolaan sampah di Danau Siombak belum optimal, terlihat masih banyak sampah yang mengambang di atas air Danau Siombak ini. Dan satu lagi yang sangat disayangkan adalah tersiar kabar bahwa Danau siombak telah jatuh ke pihak swasta (investor Asing) i yang akan mengelola tempat ini, untuk dikembangkan menjadi wisata Air (Waterpark) yang besar dan tentunya sangat menguntungkan.

Yah, bagaimana pun perkembangan Danau Siombak nantinya, yang jelas menurut saya tempat ini cukup menarik untuk dikunjungi sebagai salah satu Tempat wisata yang ada di Kota Medan bersama teman maupun keluarga. Bagaimana dengan anda, tertarikkah untuk ke Danau Siombak ini? Demikianlah artikel singkat tentang Danau Siombak Sebuah Tempat Wisata Air di Kota Medan, semoga bermanfaat..^_^..
Top Search :
Danau Siombak Sebuah Tempat Wisata di Kota Medan, Danau Siombak, Wisata Kota Medan, Danau di Medan, Wisata Danau, Wisata Keluarga di Medan.

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

3 komentar:

  1. Hampir terlupakan ini danau Bang Rud

    BalasHapus
  2. sayang danau nya tidak terurus padahal lebih luas dari danau linting...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas,,,, yah semoga kedepannya bisa diindahkan danau ini. :)

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.