Gunung

Pendakian Ke Gunung Sibayak Sumatera Utara

Pendakian ke Gunung SibayakPendakian Ke Gunung Sibayak - Setelah menjelajah ke beberapa Wisata Alam seperti Air terjun, Goa, Sungai, Pantai dan Sebagainya, kini alhamdulilah keinginan ku untuk mendaki gunung sudah terwujud. Pendakian ku pertama kali yaitu ke Gunung Sibayak Sumatera Utara. Orang Batak Karo menyebut gunung Sibayak dengan sebutan "gunung Raja". Gunung Sibayak merupakan gunung berapi aktif yang memiliki uap panas dan meletus terakhir tahun 1881. Gunung ini berada di sekitar 50 kilometer barat daya Kota Medan.

Gunung Sibayak berlokasi di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Secara administratif, hutan alam pegunungan ini masuk dalam dalam kategori Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan. Puncak tertinggi dari Gunung Sibayak bernama “Takal Kuda”. Ini adalah bahasa Karo yang berarti “Kepala Kuda”. Posisi koordinat puncaknya adalah berada pada 97°30′BT dan 4°15′LS. Ketinggian dari Gunung Sibayak adalah mencapai 2.094 meter dpl.
Puncak Gunung Sibayak
Pendakian ku ke Gunung Sibayak kali ini tentulah tidak sendiri, melainkan bersama Komunitas Jelajah Alam Telapak Sumut. Kami melakukan perjalanan ke Gunung Sibayak pada hari Sabtu, 15 Februari 2014. Menggunakan Sepeda Motor, kami pun berangkat pukul 21.30 Wib. Sebenarnya untuk sampai ke Gunung Sibayak hanya memakan waktu 2-3 Jam saja dari Kota Medan. Kami sendiri sampai di Gunung Sibayak sekitar pukul 01.00 Wib dan tentunya itu sudah hari minggu dini hari, dikarenakan ada sedikit kendala dalam perjalanan. Sesampai disana, kami tidak langsung mendaki untuk kepuncaknya, melainkan mendirikan tenda dahulu, serta memasak air dan menyiapkan makan yang bisa dikatakan sebagai Makan Sahur lah,, hehehehe. Karena direncanakan kami akan kepuncak Gunung Sibayak mulai pukul 05.00 wib

Pendakian ke Gunung SibayakAda beberapa akses jalan yang dapat dilalui untuk sampai di Gunung Sibayak, kita bisa mendaki dari dua tempat yaitu dari Desa Raja Berneh (Semangat Gunung) dan dari kota Brastagi. Kedua-duanya bisa dicapai dengan angkutan dari kota Medan. Dari Brastagi pendakian dimulai dari jalan setapak yang terletak dibelakang bukit Gundaling. Akan tetapi pendakian yang tercepat adalah dari desa Raja Berneh yang terletak sekitar 7 km dari jalan raya Medan - Brastagi. Melewati pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk. Dan satu lagi bisa melalui jalur 54, jalur ini terletak di penatapan bakaran jagung yang terletak di jalan raya Medan-Brastagi, rute di jalur 54 merupakan rute yang penuh tantangan. Tanjakan yang curam merupakan tantangan yang wajib di lewati para pendaki, selain itu hutan nya masih sangat asri.

Gunung SibayakSetelah Pukul 05.00 Wib, Aku pun bersama Telapak Sumut melakukan pendakian, Jelas ini adalah pendakian pertama ku, dalam hati hanya berdoa semoga bisa sampai ke Puncak Sibayak tanpa ada kekurangan apapun. Sungguh Indah pemandangan di Gunung Sibayak ini, Udara yang begitu dingin, sejuk, serta kehangatan persahabatan pun bercampur jadi satu. Luar biasaaaa, disekitar Gunung terlihat batu-batuan, serta luapan Uap yang muncul dari celah-celah batu serta kawah yang ada di Sekitar Gunung Sibayak ini.

Sunrise di Gunung SibayakAda beberapa puncak yang ada di gunung Sibayak ini. Puncak Sibayak yang pertama kali di daki kali ini adalah Puncak tertinggi dari gunung Sibayak yang diberi nama Takal Kuda. Secara perlahan serta kehati-hatian, ku mulai melangkahkan kaki untuk sampai ke puncak Sibayak. Ingin rasanya cepat sampai ke Puncak Gunung Sibayak, dengan Semangat ku mulai terbiasa untuk mendaki, sehingga ku dan beberapa teman telah sampai ke puncak gunung Sibayak tersebut. Segala lelah dan capek hilang seketika, saat tiba di Puncak Gunung, Angin yang berhembus kurasakan begitu tenang. Serta sinar matahari yang mulai mengintip dari celah awan. Kunikmati kehangatan dari Sinar Matahari ini. Sunrise Pertama kali yang kurasakan dari Puncak Gunung Sibayak.

Puncak Gunung Sibayak

Setelah puas berada di Puncak Gunung Sibayak yang disebut Takal Kuda tersebut, kami pun segera turun, namun tidak untuk pulang melainkan melanjutkan penjelajahan untuk melihat sebuah telaga yang dikenal dengan nama Telaga Putri. Kami pun mulai menelusuri jalan setapak yang berada di dinding Gunung Sibayak ini, setelah setegah jam berlalu, sampai lah kami berada si sebuah telaga yang tidak begitu luas. Ini lah yang disebut sekelompok orang dengan nama Telaga Putri.
Menuju Telaga Putri Sibayak

Telaga Putri di Sibayak

Kupikir pendakian kali hari ini telah selesai, namun ternyata tidak, untuk kembali pulang, jalan tercepat untuk dilalui yaitu dengan mendaki kembali. Kali ini harus mendaki ke puncak Gunung Sibayak yang dikenal dengan sebutan Pilar. Wahhh, ini diluar perkiraan, karena pertama kalinya mendaki, aku harus 2 kali mendaki dan 2 kali menuruni puncak Sibayak dalam 1 waktu.
Puncak Pilar Gunung Sibayak
Awalnya sih ragu, karena untuk sampai ke Puncak Sibayak yang ini jalurnya lebih curam dibanding yang pertama tadi. Mau tidak mau harus kulalui agar bisa pulang, karena tidak ada pilihan lagi, secara perlahan dan hati-hati kembali ku mendaki puncak Gunung Sibayak yang kedua, dan Alhamdulilah bisa juga dan akhirnya tiba di Puncak Gunung Sibayak yang kedua yang biasa disebut Puncak Pilar.
Puncak Pilar Gunung Sibayak
Pendakian ke Gunung Sibayak ini, tidak akan pernah kulupakan sepanjang hidup ku, emang sih buat orang lain ini adalah hal biasa sebab Sibayak merupakan gunung paling mudah didaki dibandingkan Gunung yang lain yang ada di Sumatera Utara, namun buat ku ini sudah luar biasa, bisa menghirup udara bebas langsung dari puncak Gunung. Bahagiaaa,,, :)
Telapak Sumut di Gunung Sibayak

Telapak Sumut di Gunung Sibayak
Setelah lelah dan puas, saya dan Tim Telapak Sumut kembali ke tenda untuk kembali bersiap-siap untuk pulang kerumah masing-masing. Demikianlah Artikel singkat tentang Pendakian ke Gunung Sibayak Sumatera Utara, semoga bermanfaat.. ^_^

Baca Juga : Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Sibayak Dari XL dan Kemanaaja.com
 

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

19 komentar:

  1. Balasan
    1. oke cuy.. selow aja.. :) alhamdulilah masih aman

      Hapus
  2. Sumatra utara memang memiliki alam yang indah, sayang aku baru sampai di Toba dan dolog sanggul saja
    salam
    edi padmono

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan mas, mari kita berkeliling,, saya juga masih 1/4 dari sumatera utara aja yang baru didaatangi

      Hapus
  3. Saya baru satu kali mendaki gunung, Gunung Sibayak ini, saat SMU dulu. Tidak terlalu melelahkan waktu itu. Entah ya kalau sekarang haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. faktor umur juga mungkin,,hahahhah, gimna gk melelahkan, skali mendaki 2 puncak sekaligus...

      Hapus
  4. kira-kira berapa jam mendakinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari parkiran kendaraan, mungkin tidak sampai satu jam pendakian...

      Hapus
  5. maaf mas, mau nanyak jalur ke telaga puyri yg mana ya arah nya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibalik puncak takal kuda mas,,

      melalui jalan setapak memutari takal Kuda,

      Hapus
    2. kemudian ke puncak pilar dr telaga putri lewat mana min?

      Hapus
    3. ikuti aja jalan yang ada,, nanti nampak kok,,,, jalan ke puncak pilar nya.. :)

      Hapus
  6. Saya dan teman saya agustus ini rencana mau mendaki gunung sibayak. Lagi nyari teman buat ke sana juga nih. Ada yang mau ikut bergabung? Kebetulan kami baru pindah ke Medan jd benar2 butuh temen nih. Bisa minta kontaknya gak mas, buat nanya2 lebih detail lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh saja mas.

      bisa melalui facebook : http://facebook.com/rudihartoyo91
      twitter : @medan_wisata
      CP : 085664011551

      Hapus
  7. Explore gunung sibayak yuk gan! LESTARI! http://youtu.be/6aCAG1TBsiA?a

    BalasHapus
  8. tahun baru depan ada yang pengen naik gak,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sepertinya,, ke Sibayak Lagi.. :)

      Hapus
    2. horas min,
      saya pendatang baru nih
      kalau ada yang mau tour di natal dan tahun baru nanti,
      notif ya, saya mau gabung hehe

      Hapus
    3. oke deh,, ntar kalau ada plan nanjak dikabarin..

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.