Air Terjun

Keindahan Alam Lau Mentar Canyon Sumatera Utara

Lau Mentar CanyonKeindahan Alam Lau Mentar Canyon - Hari minggu kali ini tepatnya tanggal 2 Februari 2014 dimana pada saat itu cuaca begitu bersahabat, cerah dan tidak hujan. Tujuan perjalanan saya kali ini yaitu berwisata Alam ke Lau Mentar Canyon. Sudah pada dengar belum tentang tempat ini? mungkin saat ini, belum begitu ramai masyarakat umum mengetahui Wisata Alam ini. Tapi suatu saat, saya yakin Wisata Alam Lau Mentar Canyon ini, akan populer dan ramai dikunjungi wisatawan lokal dan asing. Kenapa saya berkata demikian? karena tempat ini begitu indah, keren dan eksotis pokoknya. 

Keindahan Alam Lau Mentar Canyon memaparkan beberapa pesona alam yang bisa anda nikmati dalam satu waktu sekaligus. Selain anda bisa melihat aliran sungai yang begitu jernih dan berwarna kehijauan, anda juga bisa melihat Air Terjun dan Goa yang ada di Lau Mentar Canyon ini. Desa Rumah Liang, Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, inilah letak keberadaan Wisata Alam Lau Mentar Canyon. Untuk dapat sampai ke tempat ini, anda bisa melalui Rute dari Medan -> Deli Tua -> Talun Kenas -> Desa Siguci -> STM Hilir -> Tiga Juhar -> Desa Rumah Liang. Waktu untuk sampai ke Lau Mentar Canyon sekitar 2 - 3 Jam dari Kota Medan.
Telapak Sumut ke Lau Mentar Canyon
Penjelajahan kali ini, saya ikut bersama Tim Jelajah Alam Telapak Sumut dengan menggunakan sepeda motor. Perjalanan menuju Lau Mentar Canyon cukup melelahkan. Sebelum sampai di tujuan utama, anda akan melewati beberapa tempat wisata alam yang ada di Kecamatan STM Hulu ini, diantaranya yaitu Air Terjun Tarunggang, Danau Linting, Air Terjun Pelangi dan Jembatan Lau Luhung.
Denah Lokasi Lau Mentar Canyon
Setelah anda melewati jembatan panjang Lau Luhung atau biasa dikenal dulu sebagai Jembatan Gantung Tiga Juhar. Dari sinilah titik awal perjalanan yang melelahkan sebenarnya. Karena jalanan tidak beraspal lagi, melainkan jalanan tanah, berbatu-batu, menanjak dan menurun serta berliku-liku.
jalan ke lau mentar canyon
Trek yang sungguh menantang, dibutuhkan stamina yang fit dan skill dalam berkendara untuk melewati jalanan yang berbatu-batu, anda harus benar hati-hati, karena banyak juga batu-batu yang tajam, yang dapat membuat Ban kendaraan anda bocor. Akhirnya setelah melakukan perjalanan lebih kurang 2,5 jam, tibalah kami di Desa Rumah Liang.
Desa Rumah Liang
Nah, dari gambar diatas, sekitar 5-10 menit lagi untuk sampai ke Lau Mentar Canyon. Setelah sampai di tempat yang akan dituju, anda harus memarkirkan kendaraan diatas. karena, anda harus berjalan kaki lagi kebawah untuk sampai ke Lau Mentar Canyon ini. Tenang saja, tidak begitu jauh kok untuk berjalan kaki, sebentar saja anda turun, anda akan langsung melihat aliran sungai yang begitu indah, sebab airnya jernih dan berwarna kehijauan. Airnya tidak begitu deras dan juga tidak begitu dalam, sehingga tidak perlu takut untuk menyeberangi sungai ini, anda hanya perlu berhati-hati saja, agar tidak terpleset, karena banyak batu-batu besar di sekitarnya.
Wisata Alam Lau mentar Canyon
Selanjutnya, anda akan melihat icon utama Lau Mentar Canyon, yaitu Air Terjunnya yang begitu eksotis. :D, tingginya mungkin sekitar 5 meter, dibawah air terjun tersebut anda bisa berenang dan mandi sepuasnya. dalamnya air dibawah air terjun hanya sekitar dada orang dewasa.
Air Terjun Lau Mentar Canyon

Lau Mentar Canyon
Kurang seru, jika anda hanya menikmati air terjun tersebut, coba anda berjalan telusuri mengikuti aliran sungai tersebut, nantinya anda bisa menemukan sebuah Goa yang keren tentunya. Anda bisa masuk melihat di dalam Goa tersebut, dan tetap jangan lupa berfoto untuk mengabadikan momen jalan-jalan anda. Dinding Goa membentuk batu kristal, bagian atasnya batu-batu runcing yang seakan siap untuk menghujam kebawah, Air pun menetes dari ujung batu, membuat goa ini terlihat begitu eksotis dan keren tentunya.
Goa Lau Mentar Canyon

Goa Lau Mentar CanyonGoa Lau Mentar Canyon
Oh ia, di Desa Rumah Liang ini, anda juga bisa melihat Tugu Juang '45 Rumah Liang juga loh, sekalian mampir ya, kalau ke Lau Mentar Canyon. :)
Tugu Juang '45 Rumah Liang
Nah, apakah anda tertarik untuk ke Lau Mentar Canyon? Rasa capek selama perjalanan, akan terbayar tuntas saat anda tiba di tempat ini, :) Demikianlah artikel singkat saya tentang Keindahan Alam Lau Mentar Canyon Sumatera Utara, Semoga bermanfaat dan menambah daftar berWisata Alam anda..^_^..

Video Lainnya, Klik Aja Judulnya :

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

33 komentar:

  1. Itulah salah satu kendala menuju banyak objek wisata di Sumut ini ya..infrastruktur jalannya yang menyedihkan. Padahal surga alam ada di mana-mana. Kalau diperhatikan & dikembangkan pemda setempat pasti akan berpengaruh baik pada kondisi perekonomian masyarakat & APBD-nya.

    Btw saya baru dengar nama2 objek wisata di atas..padahal ga jauh dari Medan ya..smoga kapan2 bisa ke sana.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia benar mbak, krena masih pedalaman, rumah warganya pun masih jarang sekali, makanya pemerintah daerah belum memikirkan infrastruktur jalannya..

      Gak jauh kali lah mbak, sekitar 3 jam. :)

      Hapus
  2. Gan kalau ke objek wisata yang disebutkan, bisa gak naik kendaraan BUS? Bus besar yang saya maksud, seperti BUS PARIWISATA

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak disarankan gan untuk saat ini, mungkin mobil yang lebih kecil saja...

      karena jalannya naik dan turun, dengan keadaan berbatu-btu, lum diaspal sama sekali...

      Hapus
  3. Wah selamat dh udah pernah k gua dan air terjunnya juga. Saya dtg kesana minggu lalu, cuma sampai sungainya. Hehe. Berhubung nyampenya udah sore dan saran penduduk setempat untuk lain kali saja kalau k gua, takut keburu gelap. Jadi deh main air, nyeberang jembatan bambu. Harus datang sekali lagi ni sepertinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh, syaang sekali mbak, sudah jauh-jauh kesana, tpi tidak sampai ke air terjunnya, kan dekat aja air terjunnya itu mbak..

      Hapus
  4. Senangnya bisa travelling di SUMUT.. heheh.. salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mas,,, Mari kita Travelling di Sumatera Utara .. :)

      Salam kenal kembali..

      Hapus
  5. klw dri danau linting kira2 brp jam lagi gan?
    makasih..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 1-2 jam, tergantung bagaimana mengendarai kendaraannya.. :)

      karena jalan beluim diaspal,,,

      Hapus
  6. Pengen ksanaaaa,,, kira" kalau pakai mobil aman ga yah??? Kasi masukkan donk buad yg uda pernah ksna,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja sih mbak, cuma ya gitu, saat ini jalnnya belum bagus...

      apa lgi kalau musim hujan.

      Hapus
  7. Jalan menuju ke Lau Mentar Canyon ekstrem gak lae? se-ekstrem ke tinngi raja (kawah putih) kah??
    dan klu dr jembatan lau hulung, brp jam lg baru sampai kesana lae?
    Mauliate thanks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih ekstrem lagi lae... apalagi kalau hujan

      dari jembatan sekitar 1,5-2 jam lah...

      Hapus
    2. oh...
      iya 3 hari yg lalu sy baru saja berkunjung ke danau linting, jembatan lau hulung dan air terjun pelangi. baru pertama kali ketiga tmpt tersebut sy kunjungi.
      eh tahu2 nya, sy jg baru tahu klu di dkt sana jg msh ada Air Terjun Tarunggang, Air Terjun Tanjung Raja dan yg lebih mantap lagi Lau Mentar Canyon... he...he.. .

      oya lae, pada saat sy ke Air Terjun Pelangi rupa nya disana sangat sepi ya. sy melihat cuma ada satu2 nya tmpt istirahat dan tempat jualan (warung makanan kecil). itu pun sy rasa warung nya kurang lengkap jualanan nya. dan sy lupa membawa bekal dr Medan.

      bagaimana dengan di Lau Mentar Canyon, Tarunggang dan Tanjung Raja.
      Mohon Pencerahannya. apakah keadaan nya sama sprti pelangi he..he... Thank you...

      Hapus
    3. di pelangi sebenarnya sudah ramai kali lae,, apa lagi sore dan hari libur

      kalau di tanjung raja, tarunggang dan lau mentar tidak ada yang jualan lae, jadi bawa bekal sendiri ja.. :D

      Hapus
    4. oya lae, ada lagi yang mau sy tnya nih.
      katanya klu mau ke Lau Mentar Canyon, selain melewati jembatan lau hulung, kita bakal melewati Jembatan Durin Tinggung ya? apa ada lagi jembatan yg lain ya lae? sy jg bingung...

      Hapus
  8. Sumpaahh ni tempat emang indah banget,ane kesana 24 november taon kemaren...yah...walaupun kemaren dijalan udaranya gak bersahabat kena dampak debu vulkanik nya sinabung,
    Tapi...tapi....sampai sekarang rasa kagum sama perbukitan yg dilewati masih kebayang_bayang,lau mentar canyon...sungguh INDAH nya sumut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhmdulilah jika sudah pernh kesana juga. :)

      Lau Mentar merupakan keindahan alam yang benar-benar isitimewa lah.

      Hapus
  9. Mas ada pin BBM
    saya blon ke goanya
    bisa kita ikut trip barang mas..?? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gk punya Pin BB, kalau mau ikut" trip coba saja gabung ke grup FB "Telapak Sumut"

      Hapus
  10. kak kami ad rencana ksna tanggal 15 mei ni tepat hari libur, kira2 yg bs kami hubungi sapa y kak, sblumnya mohon infonya kk terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabung aja dulu di Grup FB nya "TELAPAK SUMUT"

      atau add saya aja dulu di facebook or twitter..

      Hapus
  11. Subhanallah,,, memang indah sekali Air Terjun Lau Mentar, Goa, dan tentunya Track setelah melewati jembatan... Senangnya bisa sampai di tempat seindah itu..
    Salam kenal semua,,,
    Perjalanan tanggal 15 May 2014. Menorehkan oleh-oleh.. Kaki cedera di lutut, pada saat perjalanan pulang ke medan, cuaca hujan dan jalan sudah gelap.. Tapi, menyenangkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mbak,,,, masih banyak tempat yang lebih indah dari ini, saya sendiri masih belum banyk jalan-jalan ketempat lainnya..

      alhamdulilah buat mbak ynag udah sampai disana dan pulang dengan selamat.. :)

      Hapus
    2. Iya, masih banyak keindahan yg akan muncul lagi di daerah sumatera utara, asal jangan dirusak oleh oknum-oknum yg tidak bertanggung jawab..

      Hapus
    3. betul itu mbak,,, ayok mbak, kapan-kapan kita ngetrip bareng, :)

      Hapus
    4. Boleh banget mas... Sip.. Ditunggu kabar selanjkutnya..

      Hapus
    5. Kirim donk alamat facebook atau twitternya mbak,, biar saling kenal.. :)

      Hapus
  12. Untuk twitter di @ajeng_redhilal
    Kalo fb di Ajeng Safitri
    :)

    BalasHapus
  13. Saya ingin ke lau mentar lagi melewati jalanan jalanan cadas dan menikmati ke asrian air terjun yg masih alami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalannya emang cadas mbak,,, Asik sih,, cuma kendaraan pun harus fit...
      apalagi musim hujan,,

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.