Wisata Religi

Pagoda Tertinggi di Indonesia ada di Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini

Siapa sangka di Sumatera Utara ini terdapat sebuah Pagoda yang terlihat begitu megah, besar dan merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Apalagi jika dilihat sepintas dari foto diatas, saya yakin pasti ada yang mengira itu berada di Luar Negeri, bukan?. Buat teman yang berada di Sumatera Utara mungkin sudah pada tahu tempat ini. Yups, Tempat tersebut adalah Taman Alam Lumbini. 

Taman Alam Lumbini terletak di Desa Tongkeh, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo, Berastagi, Sumatera Utara. Kompleks Taman Alam Lumbini tersebut terdapat sebuah Kuil Budha atau Pagoda yang sangat megah yang menjadi daya tarik utama untuk para wisatawan yang datang. Kuil atau pagoda ini merupakan replika dari Pagoda Shwedagon yang ada di Burma, Myanmar. Warna Keemasan dari pagoda ini merupakan warna yang khas dari  setiap tempat ibadah umat budha. Inilah yang membuat pengunjung terpesona akan Kuil atau Pagoda ini. 
Taman Alam Lumbini
Replika Pagoda Shwedagon di Taman Alam Lumbini ini merupakan replika tertinggi kedua yang pernah ada diantara replika sejenis yang ada diluar Burma dan sekaligus kategori tertinggi di Indonesia sehingga Pagoda ini meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori tertinggi di Indonesia. Tidak hanya itu penghargaan yang didapat, Taman Alam Lumbini juga mendapat Rekor MURI dalam kategori Puja Bakti/pemberkahan yang dihadiri oleh anggota Sangha terbanyak saat peresmian pembukaan pagoda ini yang berlangsung tanggal 30-31 Oktober 2010, dimana 1.250 anggota Sangha yang hadir, terdiri dari 100 orang Bhiksu dari Indonesia, 650 dari Burma (Myanmar), 400 dari Thailand dan dari negara-negara lainnya yang mencapai 20 negara.

Taman Alam Lumbini memiliki luas kurang lebih sekitar 3 hektar. Selain Kuil atau pagoda, anda juga bisa berkeliling dan melihat taman-taman di sekitar. Taman yang ada memiliki keindahan keunikan tersendiri. Salah satunya terdapat jembatan gantung berwarna Emas yang panjangya sekitar 20 meter, kolam-kolam ikan serta berbagai jenis bunga dan pohon yang menambah kesejukan. 

Taman Alam Lumbini Taman Alam Lumbini
Buat anda tertarik atau mungkin anda sedang berlibur atau jalan-jalan di Berastagi tidak ada salahnya untuk mampir dan melihat Taman Alam Lumbini ini. Hanya berjarak sekitar 50 km dari Medan dan menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di tempat ini. Anda juga tidak akan dipungut biaya sepeser pun atau Gratis (Rp.0,-) untuk parkir dan memasuki kuil atau pagoda ini. Anda cukup mengisi Buku Tamu yang ada serta mematuhi peraturan yang anda untuk dapat masuk ke Kuli atau pagoda ini.

Demikian Informasi singkat tentang Pagoda Tertinggi di Indonesia yang ada di Taman Lumbini. Semoga ini bermanfaat dan menambag daftar jalan-jalan anda terutama Wisata Religi. ^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

2 komentar:

  1. Keren,,, nanti ke Medan pasti mampir ke sini *cari tiket gratis*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabarin aja kalau kesini mas. ntar saya temenin deh.. tapi hari libur ya. :D

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.