Tips Menjadi Wisatawan yang Ramah Lingkungan di Indonesia

Tips Menjadi Wisatawan yang Ramah Lingkungan di Indonesia - Ingat! Jangan hanya menjadi wisatawan yang sudah mengeksplor banyak destinasi di Indonesia. Tapi,  lebih penting lagi, jadilah wisatawan yang ramah lingkungan. 

Tips Menjadi Wisatawan yang Ramah Lingkungan di Indonesia

Dengan begitu, Anda bisa menunjukkan dan memberikan contoh pada wisatawan lainnya. Pun, Anda akan tetap bisa menikmati keindahan destinasi tersebut hingga bertahun-tahun ke depan. Berikut ini beberapa tips menjadi wisatawan yang ramah lingkungan. 

Bawa Pulang Sampah Anda 

Tidak bisa dipungkiri jika Anda pasti akan menghasilkan sampah saat mengeksplorasi sebuah tempat. Tapi, Anda wajib membawa pulang sampah tersebut! Jangan tinggalkan sampah-sampah tersebut di lokasi wisata. 

Bawa sampah tersebut setidaknya sampai Anda menemukan tong sampah atau tempat yang memang digunakan untuk mengumpulkan sampah. Sampah yang tertinggal akan merusak keindahan alamnya. Bahkan, beberapa sampah tertentu justru akan merusak ekosistem yang ada di lokasi tersebut. 

Bawa Peralatan yang Bisa Digunakan Kembali 

Banyak sekali wisatawan yang membawa peralatan sekali pakai. Sayangnya, hal ini seringkali menjadi penyebab banyaknya sampah di destinasi wisata. Wisatawan akan langsung membuat peralatan tersebut setelah dipakai. 

Salah satu tips menjadi wisatawan yang ramah lingkungan adalah membawa peralatan yang bisa dipakai kembali. Anda hanya perlu mencuci peralatan tersebut dan menggunakannya kembali kapanpun dan dimanapun Anda mau. 

Trik sederhana ini akan mengurangi sampah yang ada di lokasi wisata. Anda tetap bisa menikmati keindahan alam tanpa mengganggunya dengan sampah. 

Jangan Mencorat-Coret Benda yang Ada di Area Wisata 

Salah satu budaya di Indonesia yang seharusnya dihentikan oleh wisatawan adalah mencorat-coret. Mereka menganggap bahwa coretan tersebut adalah kenangan. Akhirnya, mereka mencoret batu, kayu, atau benda-benda lain yang ada di lokasi wisata. 

Sayangnya, ini bukanlah cerminan wisatawan yang ramah lingkungan. Justru, Anda akan menjadi wisatawan yang merusak lingkungan jika terus melakukan hal ini. Anda bisa membuat kenangan dengan cara lain yang lebih aman, seperti membuat video pendek, foto, atau membeli cindera mata jika memang ada yang menjualnya. 

Jangan Memasuki Area yang Dilarang 

Hal ini juga menjadi budaya wisatawan di Indonesia. Mereka seolah tidak peduli dengan larangan yang sudah ditulis di sekitar lokasi. Padahal, pihak pengelola pasti memiliki alasan kuat kenapa wisatawan dilarang masuk ke area tertentu atau melakukan aktivitas tertentu. 

Contohnya, Anda dilarang untuk memasuki kawasan taman bunga dan hanya bisa melihat dari jarak tertentu saja. Maka patuhi saja aturannya. Banyak kasus di mana wisatawan melanggar aturan seperti ini yang berakhir dengan rusaknya alam di sekitar lokasi wisata. Sama halnya jika Anda dilarang memberi makan satwa di sekitar lokasi wisata, maka jangan lakukan itu. 

Membeli Cinderamata Buatan Warga Lokal 

Wisatawan yang ramah lingkungan tidak hanya menjaga lingkungan tempat yang mereka kunjungi saja. Tapi, mereka pun berusaha untuk membeli cinderamata buatan warga lokal. Hal ini terlihat sepele tapi Anda bisa membantu ekonomi warga di tempat tersebut. Membeli cinderamata juga menjadi cara yang asyik untuk membuktikan jika Anda pernah ke lokasi tersebut ketimbang mencorat-coret.

Pilih Jalan Kaki atau Sepeda Dibandingkan dengan Motor atau Mobil 

Gas buang motor atau mobil bisa menjadi polusi. Karena itu, pilihlah untuk berjalan kaki atau bersepeda jika memungkinkan. Cara ini tidak hanya menyelamatkan alam dari polusi yang berlebihan tapi juga menyehatkan. 

Anda pun bisa lebih menikmati sekitar karena perjalanan menjadi sedikit lebih lambat. Anda akan menemukan hal-hal unik yang akan terlewat jika Anda memilih menggunakan motor atau mobil.  

Jadi, jangan hanya bisa datang dan mengeksplorasi area wisata tanpa menjaganya. Walaupun mungkin saja pihak pengelola sudah menyiapkan tim kebersihan, tapi Anda tetap harus ikut menjaga keindahan alamnya. Jadilah wisatawan yang ramah lingkungan sehingga tempat wisata tersebut bisa terus dinikmati hingga generasi mendatang. 

Secara tidak langsung Anda pun ikut mendukung program pemerintah dan ikut berkampanye mengenai pentingnya menjaga lingkungan saat berwisata. Coba terapkan tips menjadi wisatawan yang ramah lingkungan sederhana di atas secara konsisten. 

Pasti akan ada rasa kepuasan tersendiri karena sudah menjadi wisatawan yang ramah lingkungan. Anda pasti bahagia jika datang kembali ke tempat tersebut dan tetap bersih dan indah, bukan?

Posting Komentar untuk "Tips Menjadi Wisatawan yang Ramah Lingkungan di Indonesia"