Hidup Sehat Mulai Dari Rumah

Hidup Sehat Mulai Dari Rumah | Benar kata pepatah yang mengatakan "Jangan menunggu sakit baru memulai pola hidup sehat". Tapi untuk menumbuhkan niat berganti ke pola hidup sehat ternyata sulit sekali. Sampai akhirnya, timbangan berat badanku hampir mencapai angka sembilan puluh kilogram.

Hidup Sehat Mulai Dari Rumah

Kaget? sudah pasti

Tapi saat itu, perasaanku lebih ke arah takut. Takut kalau di berat badan yang sudah setinggi itu, tiba-tiba aku hamil. Mau berapa lagi berat ku saat hamil nanti! Belum lagi dengan terus bertambahnya berat badan gerak tubuh juga rasanya menjadi terbatas. Aku merasa mulai gampang lelah dan sering sakit pinggang.

Dengan kesadaran akan berat badan yang terus bertambah, mulai lah aku perlahan-lahan mengurangi makan. Tapi karena aku hanya belajar untuk mengurangi porsi makan ternyata hal ini gak berjalan lancar. Berat badan gak turun-turun dan badan tersiksa karena sering kelaparan. 

Aku beranikan diri untuk mengecek timbangan kembali, ternyata berat badan yang sempat turun itu naik lagi. Dan hampir setiap malam aku harus pakai minyak urut untuk membuat rasa nyaman "sementara" di tubuhku. Inil lah yang menjadi titik awal ku untuk kemudian memacu diri belajar kembali. Ternyata selama ini aku salah, yang harusnya diubah terlebih dahulu adalah mengubah pola hidup menjadi sehat bukan mengubah porsi makan.

Hidup sehat mulai dari rumah

Awal mula, belajar mengubah pola hidup menjadi lebih sehat tentu saja aku mulai dari diri sendiri. Langkah awal yang paling mudah aku lakukan sebagai seorang ibu ialah mengubah jenis makanan di rumah. Kebiasaan setelah menikah, aku senang sekali membuat gorengan sebagai santapan atau cemilan dirumah. Ketika memutuskan menjalankan pola hidup sehat aku berupaya mengganti jenis cemilan dirumah menjadi buah-buahan dan perlahan mengurangi kebiasaaan membuat gorengan dirumah. 

Tentu saja suami kangen dengan gorengan yang biasa ku buat, tapi ketika aku memutuskan untuk mengurangi memasak gorengan ternyata hal ini secara gak langsung juga berimbas ke suami. Dia jadi ikutan jarang makan gorengan, kalau pun dia ingin paling hanya beli beberapa buat dirinya sendiri.

Hidup Sehat Mulai Dari Rumah
Memulai hidup sehat

Hal yang dilakukan untuk memulai pola hidup sehat

Hal yang aku lakukan untuk memulai pola hidup sehat

1. Luruskan niat

Niat yang kuat dari dalam diri menjadi kunci untuk bisa terus konsisten menjalani hidup sehat. 

2. Mantapkan tujuan

Selalu ingat tujuan untuk memulai gaya hidup sehat itu apa, kalau aku sih karena ingin saat hamil kembali tubuh ini sudah mempunyai nutrisi yang baik dan juga lebih kuat dalam menjalani kehamilan.

3. Mengubah jenis makanan

Hidup Sehat Mulai Dari Rumah
Isi piringku setiap hari nya. Sumber gambar e-book lemonilo "Hidup sehat mulai dari mana?"

Sebagai seorang ibu yang memegang peranan penting didapur, hal yang paling mudah aku lakukan ialah mengubah jenis makanan dan termasuk mengubah jenis makanan kesukaan karena makanan sehat juga bisa enak. 

4. Belajar

Karena target ku ini jangka panjang, maka aku putuskan untuk mencari informasi lebih banyak lagi agar tidak kembali tersesat dalam pola hidup yang salah. Dan sampailah aku kepada kesimpulan, kalau defisit kalori adalah hal yang paling nyaman untuk dilakukan. Jadi perbanyaklah pengetahuan agar tidak terjerumus ke arah yang salah dan menyiksa lagi. 

Banyak cara untuk menambah pengetahuan, bisa membaca referensi di website ataupun mendengakan video darai para ahli. Seperti ebook dari lemonilo ini yang manjadi salah satu sumber bacaanku, isinya telah di tinjau oleh tim ahli jadi tentu saja sumber informasi ini terpercaya.

Hidup Sehat Mulai Dari Rumah
Isi dari ebook lemonilo yang sangat mudah dipahimi

Gambar diatas merupakan salah satu potongan dari ebook yang aku dapat di website lemonilo. Ada banyak informasi interaktif di website lemonilo mulai dari seputar kesehatan, diet hingga olahraga. Yang mau ebooknya bisa download sini ya.

5. Olahraga

Mulai dari hal yang mudah hingga akhirnya terbiasa

Untuk memulai olah raga, yang jadi halangan terbesar ku ilalah rasa malas. Jadi untuk nyiasatinya, aku memulai olah raga  dari hal yang mudah. Misal menonton video olah raga yang hanya berdurasi lima atau tujuh menit. Dan olahraganya pun hanya ku lakukan di dalam rumah, karena bagiku hal ini lebih mudah dan nyaman dilakukan dibanding jika akau harus berpergian keluar rumah.

Ternyata kebiasa kecil yang selalu dilakukan berulang ini berdampak besar bagiku, perlahan aku mulai merasa nyaman untuk berolahraga hingga menjadi terbiasa berolahraga setiap hari. Hal ini ternyata diikuti oleh anakku, dia yang sering melihat ibunya berolahraga jadi senang menikuti gerakkan ku ketika sedang berolahraga juga.

Hidup Sehat Mulai Dari Rumah
Olahraga bersama anak, gak lupa setelahnya perbanyak minum air putih

6. Perbanyak minum air putih

Jadikan air putih sahabatmu!

Air putih tentu saja mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, untuk menjaga tubuh tetap sehat harus dipastikan kecukupan cairan tubuh terpenuhi. Karena ketika cairan tubuh cukup, maka akan sangat membantu sistem pencernaan mnegelurakan racun dan kotoran serta menjaga tubuh dari dehidrasi.

Pilihan yang lebih sehat

Memang di awal aku hanya berjalan sendiri, tapi makin hari kebiasa hidup sehat itu berimbas ke suami dan juga anak. Suami dirumah jadi jarang makan gorengan dan anakku karena sering ngeliat ibunya olahraga jadi suka ikutan olahraga ketika aku sedang berolahraga. Dan setalah menjalaninya selama setahun lebih, tubuh terasa jauh lebih segar dibanding sebelumnya dan aku tetap bisa menikmati makanan yang aku suka dan berat badan tentu saja ikutan turun secara perlahan.

Hidup Sehat Mulai Dari Rumah
Biar kenyangnya maksimal, aku biasakan untuk menambah protein dan sayur

Mie instan merupakan salah satu jenis makanan kesukaanku, karena beneran manjadi penolong yang cepat disaaat kelaparan. Mie lemonilo jadi mie sehat favoritku saat ini, karena proses pembuatannya yang tanpa melalui proses penggoreng dan mienya mengandung sari pati bayam.

Lemonilo selalu menerapkan bebas dari 3P, yaitu bebas pengawet, penguat rasa dan pewarna buatan. Tentu saja hal ini membuatku semakin nyaman untuk menjadikan mie lemonilo santapan bersama keluarga.

Hidup Sehat Mulai Dari Rumah
Mie lemonilo, pilihan paling praktis untuk atasi lapar setelah olahraga

Bagiku memulai hidup sehat dimulai dari rumah. Dengan mengubah kebiasan dirumah menjadi lebih baik, walau hanya hal kecil maka perlahan seluruh anggota keluarga akan terkena imbas kebaikan tersebut. 

Semangat menularkan pola hidup sehat untuk anggota keluarga lainnya mom.

referensi : ebook Lemonilo

6 komentar untuk "Hidup Sehat Mulai Dari Rumah"

  1. Ririnanindya13 Juli 2022 07.53

    Perihal niat ini bener bener harus kuat ya, daku niatnya berapa kali, gagalnya berapa kali hiks

    BalasHapus
  2. Niat memang yang paling penting ya kak li.. aku niatnya ini ni yang masih setengah2😅.. semoga bs juga lah kek kak lili🤩

    BalasHapus
  3. Perkara niat ini yang lumayan berat beberapa kali gagal Karena gak konsisten akhirnya kembali jadi pemakan segalanya

    BalasHapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com