Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aman Pakai Penerbangan Domestik Saat Pandemik

Cara Aman Pakai Penerbangan Domestik Saat Pandemik - Pandemi sempat menjadi alasan untuk tidak melakukan mobilisasi demi mencegah penyebaran virus COVID-19 secara masif. Sekarang kondisinya sudah berbeda, level kegentingan COVID-19 sudah mengalami penurunan, sehingga mobilisasi mulai dapat dilakukan. Hal ini juga berlaku bagi penerbangan domestik yang dapat dilakukan lebih bebas dibandingkan sebelumnya.
Cara Aman Pakai Penerbangan Domestik Saat Pandemik

Persiapan Traveling Domestik dan Persyaratannya

Jika sebelumnya penumpang pesawat tujuan domestik harus menunjukkan tes PCR, maka kini penggunaan hasil tes antigen saja sudah dapat digunakan. Hanya saja, ada berbagai syarat penerbangan domestik lainnya bagi penumpang pesawat domestik. Ketahui apa saja yang perlu disiapkan, agar perjalanan kamu dapat berjalan dengan mulus. Mulai dari pesan bis, mendapatkan visa dan tiket serta kepastian bisa berangkat, pastikan kamu mempersiapkan perjalanan dengan baik.

Tidak Terpapar Covid

Penumpang pesawat domestik dari/ke bandara area Jawa-Bali menunjukkan vaksin dosis 1 wajib menunjukkan hasil tes negatif PCR yang sampelnya diambil maksimal 3x24 sebelum jadwal penerbangan. Penumpang pesawat dari/ke bandara area Jawa-Bali yang telah melakukan vaksinasi dosis 2 hanya perlu menunjukkan hasil tes negatif antigen yang yang berlaku maksimal 1x24 jam sebelum jadwal penerbangan.

Tiap penerbangan akan menetapkan aturan yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk mengetahui syarat kesehatan yang pasti. Mendapatkan vaksin bukan berarti kamu terbebas dari keharusan memberikan hasil tes Antigen, jadi ikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Bukti Vaksinasi

Calon penumpang domestik wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama dan  hasil tes negatif PCR yang sampelnya diambil maksimal 3x24 sebelum jadwal penerbangan atau hasil tes negatif antigen yang dilakukan maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.
Sebaiknya kamu melakukan vaksinasi sebelum mempertimbangkan untuk bepergian baik memakai pesawat terbang atau kereta api. Vaksinasi sudah menjadi salah satu syarat wajib agar dapat bepergian memakai fasilitas umum. Aturan ini diterapkan untuk memastikan kenyaman dan juga pengendalian kondisi kesehatan.

Aturan Bagi anak-anak di bawah usia 12 tahun

Kewajiban menunjukkan kartu vaksin tidak berlaku bagi penumpang yang berusia kurang dari 12 tahun. Bagi mereka, pemeriksaan suhu dan juga tes CPR atau Antigen bisa diberlakukan. Jadi, kondisikan apakah bepergian dengan anak-anak di masa pandemik adalah keputusan yang tepat, karena mereka tetap harus melakukan pemeriksaan kesehatan untuk bisa ikut penerbangan.

Informasi Dokter

Penumpang yang memiliki halangan melakukan vaksin karena memiliki penyakit komorbid wajib menunjukkan surat keterangan dari dokter. Tiap penerbangan akan memiliki kebijakan beragam untuk kondisi tersebut. Maskapai bisa menolak untuk membawa kamu dalam penerbangannya atau tidak.
Sebelum melakukan pemesanan tiket, ketahui dengan jelas terlebih dahulu, apakah aturan yang ditetapkan maskapai mengenai penumpang yang tidak memiliki data vaksinasi atau berhalangan melakukan tes CPR karena masalah kesehatan.

Peraturan Tentatif

Aturan ini berlaku mulai 2 November 2021 dan mungkin saja dapat mengalami perubahan. Adapun perubahan dapat terjadi jika ada revisi peraturan pemerintah atau perubahan level status pandemi. Jadi, konfirmasikan dahulu aturan yang berlaku melalui maskapai penerbangan sebelum kamu berangkat.

Syarat Lain Penerbangan Domestik

Selain masalah vaksin dan keterangan hasil negatif COVID-19, ada persyaratan lain yang juga harus dipenuhi untuk melakukan penerbangan domestik. Hal-hal berikut termasuk hal umum yang perlu disiapkan sebelum keberangkatan baik dari sisi kesehatan maupun administratif. Persyaratan tersebut antara lain:

1. Kartu Keluarga

Kartu keluarga diperlukan jika ingin melakukan penerbangan bersama ana-anak di bawah 12 tahun. Anak yang di bawah 12 tahun harus ada dalam pendampingan orangtua atau orang dewasa yang merupakan anggota keluarganya dan dibuktikan dengan KK. Jadi, pastikan membawa KK agar perjalanan kamu tidak terkendala urusan administrasi.

Anak di bawah 12 tahun yang ikut terbang nantinya juga tidak perlu menunjukkan bukti vaksinasi. Hanya saja, mereka tetap harus menunjukkan surat keterangan hasil tes negatif COVID-19. Pun demikian dengan pendamping anak selama penerbangan yang juga harus menunjukkan hasil tes negatif COVID-19.

2. Alat Pelindung Diri Wajib

Setiap penumpang wajib membawa alat pelindung diri wajib, yaitu masker yang sesuai dengan standar. Masker ini wajib dipakai dan tidak boleh dilepas. Cara memakainya pun harus diperhatikan dengan benar agar fungsinya bisa lebih efektif.

Kalau kamu bepergian dengan anak kecil, keluarga, teman atau siapapun, pastikan semua memahami aturan mengenai masker dan berusaha untuk mematuhinya. Maskapai bisa menolak keberangkatan kamu hanya karena tidak memakai masker sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan sebelumnya.

3. Tes Suhu

Pemeriksaan suhu diperlukan bagi setiap orang yang akan melakukan penerbangan. Jika kamu memiliki suhu di atas suhu normal, maka kamu berpotensi gagal terbang. Jadi, pastikan agar kamu dalam kondisi fit sebelum berangkat, ya!

Berada di luar ruangan pada siang hari yang terik juga bisa menyebabkan suhu tubuh kamu memanas secara tiba-tiba. Hal ini bisa menyebabkan hasil pemeriksaan yang tidak sesuai. Pegang dahimu dan coba untuk menyegarkan diri sebelum melalui pemeriksaan suhu. Pastikan suhu tubuhmu sudah normal ketika melalui tes ini.

4. Datang Beberapa Jam Sebelum Keberangkatan

Syarat penerbangan domestik selanjutnya adalah datang 3 - 5 jam sebelum jadwal keberangkatan yang ditentukan. Aturan ini dibuat karena banyaknya dokumen yang harus diverifikasi sebelum keberangkatan, termasuk juga dokumen yang berkaitan dengan keterangan bebas COVID-19. Kamu perlu mematuhi aturan ini jika tidak ingin ketinggalan pesawat hanya karena menunggu proses verifikasi dokumen.

Sudah tahu aturan terbang dengan tujuan domestik, bukan? Jadi, kamu bisa terbang lagi memakai pesawat terbang dan mulai mobilisasi lebih jauh. Kamu dapat Pesan Damri ke Bandara melalui Traveloka Lifestyle SuperApp dan memulai perjalanan segera. Ingatlah untuk selalu waspada dan mematuhi protokol Kesehatan serta aturan lainnya.


Posting Komentar untuk "Cara Aman Pakai Penerbangan Domestik Saat Pandemik"