Lontong salah satu Masakan Nusantara yang Populer di Indonesia

Lontong Masakan Nusantara - Tak terasa usia kemerdekaan Indonesia sudah memasuki 75 tahun pada tanggal 17 agustus 2020 nanti. Semoga Indonesia semakin baik, maju dan berjaya. Sebagai warga Indonesia sudah sepatutnya kita bangga akan negara kita ini. Beragam suku, budaya serta bahasa bersatu dalam keutuhan NKRI. 
Lontong Ketupat Masakan nusantara
Apa sih salah satu yang menarik di negara Indonesia ini? kalau saya sih suka dengan ragam masakannya. Setiap daerah ataupun setiap kota memiliki makanan yang khas dan berbeda dari daerah lainnya di Indonesia. Bahkan masakan Nusantara sudah terkenal hingga dunia. Contohnya aja Rendang.

Masih banyak lagi ragam masakan Nusantara seperti Nasi Goreng, Sate, Gado-gado, Opor ayam, Bakso, Ketoprak, Lontong dan masih banyak yang lainnya. Salah satu yang menjadi makanan populer bagi saya adalah Lontong.

Lontong atau ketupat sebenarnya hampir sama, yaitu makanan yang diolah dari Beras. Ketupat lebih dominan dibungkus dengan janur kelapa. Sedangkan Lontong dibungkus daun Pisang. Kalau dalam hal memasaknya sih sama saja.

Baca Juga : Es Krim Ria, Kuliner Melegenda di Medan

Kalau di Kota Medan, lebih populer dengan sebutan Lontong. Tidak susah mencari makanan ini. Karena setiap harinya, ada saja penjual lontong. Baik itu pagi, siang maupun malam. Jadi gak akan susah cari lontong di Medan. Lontong bisa disajikan dengan berbagai cara, dan sebutannya pun menjadi beda-beda. Ada Lontong Sayur, Lontong Pecel, Lontong sate dan lainnya. Tergantung siapa koki nya.

Nah, dalam menyambut Kemerdekaan RI nanti, pasti pada bingung masak apa. Mungkin masak lontong bisa jadi alternatif. Tapi memang kebanyakan pada males karena merasa ribet untuk memasak lontong sendiri di rumah. Apalagi kalau masaknya cuma sedikit saja. Karena memasaknya butuh waktu yang lama pula. sekitar 2-4 jam gitu. 

Seperti yang kita tahu, saat ini lontong tidak hanya dibungkus dengan daun. Banyak juga yang membungkusnya dengan plastik. Alasannya sih biar lebih praktis. Dan kini sudah ada alternatif bagi yang ingin memasak lontong dirumah dengan cepat dan praktis loh, pengen tahu?
Lontong Ketupat Masakan nusantara

Kita bisa menggunakan produknya Adabi. Sudah familiar kan dengan brand satu ini? kalau saya lebih ingat tepung ataupun Sarden Adabi. Nah, Adabi kini berinovasi dengan menghadirkan lontong atau ketupat nasi yang praktis anti ribet dan bisa dimasak hanya dalam 60 menit saja loh..

Tentunya memasak lontong untuk keluarga lebih menyenangkan dan tidak ribet kan? penasaran dengan Lontong Adabi ini? berikut saya bagikan tips cara memasak Lontong Adabi yang praktis.

Cara Memasak Lontong Adabi yang Praktis

  1. Beli terlebih dahulu Ketupat Nasi Adabi di Kedai atau supermarket terdekat.
  2. Siapkan Panci dan isi air.
  3. Masukkan Lontong Adabi kedalam panci yang telah berisi air rebusan. Pastikan airnya cukup untuk menenggelamkan semua lontong yang akan dimasak.
    Lontong Ketupat Masakan nusantara
  4. Selain dimasak menggunakan panci diatas kompor, Lontong Adabi bisa dimasak menggunakan Rice cooker biar lebih praktis lagi.
  5. Sebagai informasi Lontong adabi ini menggunakan bungkus plastik. Dimana Plastik lontong adabi terbuat dari plastik HDPE (High Density Polyethylene) yang sudah teruji klinis standarisasi internasional. Sehingga tidak akan rusak saat direbus.
  6. Setelah lontong dimasukkan kedalam air, Biarkan saja lontong direbus dalam air mendidih selama 60 menit.
  7. Setelah cukup 60 menit, angkat lontong yang telah matang 
    Lontong Ketupat Masakan nusantara
  8. Biarkan lontong hingga dingin sebelum disajikan 
  9. Jika sudah dingin silahkan untuk disantap.
  10. Nah, Untuk kuahnya kalian bisa membuat sesuai selera, bisa dengan kuah sayur, kuah soto ataupun dengan bumbu kacang, seperti yang dibuat istri saya.
  11. Untuk ketupat mini ada kemasan yang isi 10 dan Isi 30 loh...bisa pilih sesuai kebutuhan ya..
    Lontong Ketupat Masakan nusantara
Bagaimana, Praktis bukan? dengan begitu, masak Lontong Adabi bisa dilakukan siapa saja. Cocok juga nih buat anak Kost. Selain menyediakan mie instan, Sarden Adabi, bisa juga menambahkan menu makanan sehat seperti Lontong Adabi ini.

Karena masaknya tidak memerlukan keahlian khusus, dan untuk kuahnya bisa beli di warung terdekat. Gak salah kan kalau Lontong ini menjadi salah satu Masakan Nusantara yang sudah populer dari jaman dulu? Selain Enak, Lontong itu ada dimana-mana.

4 Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

  1. haduh duh, jadi pengen makan ketupat, eh itu bikinnya ternyata dari adabi ya
    memang praktik ya produk produk dari adabi, istri di rumah juga suka stok asam jawa tanpa biji dari adabi . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang.. dengan ini bisa buat ketupat atau lontong dengan praktis

      Hapus
  2. Kalau di tempat saya lontong itu semacam ketupat dibungkus daun pisang yang didalamnya ada potongan sayuran wortel, kentang dan beberapa lainnya dengan bumbu khas. Kalau tanpa isian sering disebut leupeut mantap disantap saat pagi hari dengan sahabat dekat gorengan... kuliner murah meriah paling enak deh jadinya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh,, kalau boleh tau daerah mana bang itu??
      jadi pengen cobain lontong isi sayuran wortel dan lainnya dengan bumbu khas

      Hapus

Posting Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Lebih baru Lebih lama