Penasaran Akan Museum Tsunami Banda Aceh

Penasaran Akan Museum Tsunami Banda Aceh - Pada saat ke Aceh pertama kali di tahun 2015, saat itu Museum Tsunami ini sedang tutup karena renovasi. Alhasil saya tidak bisa singgah ke museum ini. Alhamdulillah beberapa waktu lalu saya bisa kembali ke Banda Aceh dan menyempatkan diri jalan-jalan ke Museum Tsunami ini.
Penasaran Akan Museum Tsunami Banda Aceh
Museum Tsunami diresmikan pada tanggal 23 Februari 2009. Museum ini dibangun sebagai monumen simbolis untuk bencana gempa dan tsunami samudra hindia 2004 sekaligus pusat pendidikan bencana dan tempat perlindungan darurat andai tsunami terjadi lagi.

Harga Tiket masuk ke Museum Tsunami hanya Rp 3000,-/orang. Setelah membayar tiket anda bisa langsung masuk kedalam ruangan tentunya. Petunjuk arah untuk menjelajahi museum ini sudah terpampang jelas, tinggal mengikuti saja.

Pertama kita akan memasuki Lorong Tsunami, terdapat air yang mengalir di kanan dan kiri dinding, serta tersengar lirih suara orang-orang yang berdzikir. Ini menggambarkan suasana pada saat tsunami yang berlangsung pada tahun 2004 lalu di Banda Aceh.
Penasaran Akan Museum Tsunami Banda Aceh
Setelah melalui lorong tsunami kita akan memasuki ruangan Memorial hall. Disini kita akan melihat beragam foto-foto terkait bencana Tsunami pada waktu itu.
Penasaran Akan Museum Tsunami Banda Aceh
Selanjutnya kita memasuki sumur Doa. Sebuah ruangan yang berisi nama-nama para korban Tsunami. Ruangan ini juga hiasai oleh rekaman suara mengaji.
Penasaran Akan Museum Tsunami Banda Aceh
Selanjutnya kita akan melewati lorong kebingungan. Ini menggambarkan para korban yang selamat dari bencana Tsunami pada saat itu. Dimana saat itu pasti mereka merasa bingung harus melakukan apa.

Setelah keluar dari lorong kebingungan kita akan berjalan menuju Jembatan Harapan. Ini menggambarkan para korban untuk terus bangkit dan berharap akan ada hari yang lebih baik lagi.
Penasaran Akan Museum Tsunami Banda Aceh
Setelah itu kita bisa masuk keruang audio visual untuk melihat video dokumenter kejadian tsunami tahun 2004 lalu. Dan selebihnya adalah ruangan pameran foto-foto dan replika penggambaran bencana tsunami pada waktu dulu.

Itulah sedikit gambaran dari museum Tsunami. Akan lebih berasa suasana haru, jika kalian langsung masuk dan melihatnya sendiri.
Penasaran Akan Museum Tsunami Banda Aceh

Cukup sudah berkeliling di Museum Tsunami Banda Aceh ini. Terpuaskan sudah rasa penasaran akan kerennya arsitektur dari Museum ini. Semoga saja tidak ada lagi bencana Tsunami di Negeri kita ini. Aamiin,,

4 komentar untuk "Penasaran Akan Museum Tsunami Banda Aceh"

  1. Aamiin bang, semoga lah bang jauh-jauh negeri ini dari bencana gitu.

    Museumnya keren kali bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang,.. ini menjadi pembelajaran.

      keren memang bang museumnya.. Lebih mengharukan jika langsung masuk ke museumnya

      Hapus
  2. museumnya keren bgt sihh ini.. dulu ke sini juga tapi ngga punya foto yg kece, maklum waktu itu hanya bermodal hp blackberry dan blm kenal fotografi :D

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang keren museum tsunami ini bang....

      jadi kalau sekarang udah keren hp nya bang? hahha

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com