Air Terjun

Air Terjun Simonang-Monang Bandar Pulau Asahan

Wisata Air Terjun Simonang-Monang, Bandar Pulau Kabupaten Asahan - Lebaran tahun ini saya mudik ke kampung halaman istri yang berada di Bandar pulau, kabupaten Asahan. Tak hanya merayakan hari raya idul fitri, ini sekaligus menjadi momen liburan yang asik buat saya. Ini pertama kali saya berada di Kecamatan bandar Pulau ini. Jadi masih penasaran, ada hal menarik apa di daerah ini
Wisata Air Terjun Simonang-Monang, Bandar Pulau Kabupaten Asahan
Ternyata ada beberapa objek wisata yang menarik disini, Salah satunya Air Terjun Simonang-monang. Lokasinya tidak jauh dari rumah atok/kakek si Istri. Hanya memakan waktu 15 menit dengan sepeda motor. Kalau dari Kota Medan, sekitar 6 jam gitu lah.

Melewati jalanan berbatu dan perkebunan sawit, air terjun ini selalu ramai dikunjungi dikala musim liburan. Khususnya libur lebaran ini. Kebetulan saat saya kemari, suasana di objek wisata ini begitu sepi. Karena saya kemari di Hari H-1 lebaran.
Wisata Air Terjun Simonang-Monang, Bandar Pulau Kabupaten Asahan
Air terjun Simonang-monang berada di desa padang Pulau, kecamatan bandar Pulau, kabupaten Asahan. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, mungkin sekitar 15an meter saja. Tapi debit airnya cukup deras, bahkan disaat musim penghujan akan lebih deras lagi debit airnya. Kalau kesini harus tetap hati-hati ya. 

Sekitar Air Terjun Simonang-monang sudah tersedia fasilitas seperti toilet dan pendopo untuk melaksanakan berbagai acara. Lokasi disekitar juga masih sejuk karena banyak pepohonan disini. Tapi butuh perawatan lebih untuk pengembangan air terjun simonang-monang ini. Agar lebih bagus lagi objek wisata ini.
Wisata Air Terjun Simonang-Monang, Bandar Pulau Kabupaten Asahan

Selain air terjun Simonang-monang, masih ada objek wisata lainnya disekitar Bandar pulau ini, yaitu ada pemandian alam pansur napitu, Air Terjun Aek Limut dan wisata bedeng. Silahkan baca di postingan selanjutnya ya..
jadi lebaran tahun ini, kamu udah jalan-jalan kemana aja? 

32 komentar:

  1. Keren juga, ada dua jalur gitu air terjunnya.

    BalasHapus
  2. Indonesia ini memang surganya air terjun ya
    Hampir di semua daerah ada air terjun cantiknya
    Btw itu air terjunnya unik, berdampingan gitu, kayak kembar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia memang surganya air terjun mbak... pokoknya setiap provinsi ada air terjunnya

      Hapus
  3. Halo, mas Rudi. Kita satu grup di TBI (Travel Bloggers Indonesia) :D
    Kalo aku sih lebaran kemarin main ke Taman Sungai Mudal di Kulonprogo, mas. Sama-sama curug juga, tapi berundak karena terbentuk dari sungai. Jadi area wisatanya luas memanjang, mas. Cobain deh kalo ke Jogja! Akses ke sana sudah mulus dan nggak macet. Airnya kehijauan toska gitu, mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas....
      wah enak tuh kayaknya bisa mandi di curug kesana
      dulu ke jogja belum sempat main ke air terjun di daerah sana.. semoga ada kesempatan lagi ke jogja

      Hapus
  4. Wah seger.

    Dari fotonya, kayanya air terjun ini sepi, jadi berasa milik sendiri nih.

    Kolam air terjunnya sendiri kayaknya dalam ya. Memungkinkan nggak sih untuk mandi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena H-1 Lebaran, jadi terlihat sepi mbak,,,

      itu gak dalam kok... memungkinkan untuk mandi,,
      tapi kalau musim hujan sebaiknya jangan mandi.. nanti debitnya besar

      Hapus
  5. Wah...ini mirip di daerahku. Dalam bahasa lokal masyarakat sini, air terjun disebut juga tancak, jadi mereka nyebutnya tancak kembar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh daerah mana tu mbak? kalau di sumatera utara bisa juga disebbut, "sampuran"yang artinya air terjun

      Hapus
  6. Dari fotonya, air terjun Simonang-monang cantik banget ya. Itu air terjun kembar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lagi deraa gks debit airnya, air terjunnya gak kembar mbak.. hehhe

      Hapus
  7. Aman ga ya kalau nyebur dan berenang2 di air terjun simonang2 ini? Waktu itu lagi sepi ya mas? Lumayan juga debit airnya kencang ya. Penasaran kedalaman airnya berapa meter tuh? Asik buat wisata keluarga nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan saya gk mandi saat itu, tapi itu dangkal kok mbak,, cuma krna pasir dibawah jadi airnya agk kuning... jadi kurang nampak dasarnya

      Hapus
  8. Jauh Kali pon dari Medan 6 jam. Tapi pas lihat fotonya mantap juga. Cantik air tejunya kurasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini selain pulang kampungmas,, tapi jangan liat jauhnya, liat segernya..hahha

      Hapus
  9. waaah hari senin siang gini, liat air terjun jadi pengen nyempung
    kayanya segeeeer >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seger kali mbak,,, sedap nih kalau nyemplung kan?

      Hapus
  10. Kalo lagi sepi kayak gini enak banget.. lebih leluasa foto2nya ya.. Kitanya juga lebih bebas mengeksplor sekitar air terjun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak... jadi fotonya berasa banget lagi di alam.. sejuk sepi

      Hapus
  11. Wah, bagus air terjunnya. Kira-kira bisa lompat gitu nggak bang dari tempat pancuran airnya ke kolamnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tidak bisa,, terlalu berbahaya

      Hapus
  12. Itu dalam gak kolam di sekitar air terjun. Kalau lihat air terjun, rasanya suka oengen sekalian nyebur ke kolamnya

    BalasHapus
  13. Daku lebaran nggak kemana mana kak, hihi. Jagain rumah, sambil menikmati santap lebaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. fokus ke kuliner lebraan y kan kak.. :-D kulineran di rumah

      Hapus
  14. Wah air terjunnya unik. Jadi ada kembar gitu ya. Boleh kapan kapan main ke Cianjur, kota kabupaten seribu Curug alias air terjun. Pasti makin seru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh,, siap mbak,, kalau ke cianjur ntar aku infoin dan main ke curug disana dah

      Hapus
  15. Wah iyaa yaa bang keren air terjunnya, tapi mungkin akan lebih keren kalo musim penghujan yah biar debit airnya makin deras. Bener banget bang, mau seaman apapun kita musti hati-hati banget kalo lagi main dialam salah satunya air terjun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener jadi, saat menikmati keindahan alam, harus senantiasa berhati-hati

      Hapus
  16. Kalo dulu, tiap lebaran ketiga pasti ke tempat ini, tapi sekarang udah nggak pernah lagi, padahal bagus juga tempatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,, abang tnggal dimana? daerah sana juga ya?

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.