Perjalanan Ekstrem Menuju Air Terjun Turbo (Turunan Bolon)

Perjalanan Ekstrem Menuju Air Terjun Turbo (Turunan Bolon) - Hari libur paling enak itu jalan-jalan bareng teman donk,, Nah kali ini saya bersama teman KEMA (Keliling Medan Adventure) berniat untuk kembali berpetualang ke sebuah Air Terjun yang ada di Sumatera Utara. Sebuah air terjun yang begitu besar dan indah ini bernama Air Terjun Turunan Bolon yang disingkat Turbo. Kamis pagi, 5 Mei 2016, kami telah bersiap untuk mengeksplor air terjun tersebut. Air Terjun Turbo ini berada di Desa Tomuhan Holbung, Kec. Bandar Pasir Mandoge kab. Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Jaraknya sekitar 200 Km (6 Jam) dari Kota Medan  Atau  2 jam dari Kota Siantar, dengan rute Medan-Siantar-Tanah Jawa-Mandoge.

Seperti biasa, sebelum berangkat kami pun berkumpul di depan Mesjid Raya Medan. Sekitar jam 7 pagi. Kami pun bergerak dari Kota Medan dengan mengendarai Sepeda Motor. Saat itu yang ikut bersama dalam perjalanan kali ini ada sekitar 50 unit motor,, waaww ramenyaa,,,!! Perjalanan kami dimulai dari Medan menuju Kota Siantar. Sekitar 3 jam Sampai juga di Kota Siantar dengan lancar. Hujan pun menyambut kedatangan kami di kota Siantar ini. Hujan membuat perjalan ini semakin nikmat, lumayanlah mendinginkan tubuh dan motor setelah melewati panas terik dari kota Medan.

Setelah hujan reda kami  pun segera melanjutkan perjalanan menuju desa Tanah Jawa. Tak lama berjalan lagi lagi kami pun di guyur hujan yang begitu deras..mau tak mau harus menepi untuk berteduh. Ademmm Men…!! Berhubung hujan tak kunjung reda, kami pun mencoba melanjutkan perjalanan lagi dengan menggunakan mantel. Begitu sampai di Tanah Jawa kami pun bertanya dengan warga disana tentang lokasi Air Terjun Turbo itu berada. Setelah mendengarkan penjelasan dari warga, kami pun melanjutkan perjalanan dengan menyurusuri Jalan Raya Tanah Jawa.
Perjalanan Ekstrem Menuju Air Terjun Turbo (Turunan Bolon)
Ada beberapa air Terjun yang terdapat di daerah Tanah Jawa, seperti Air Terjun Hatonduhan, Air Terjun Jambuara serta air terjun Katasa. Simpangan Aek Silabat Perkebunan Pribadi Milik Swasta merupakan simpangan untuk menuju ke Air Terjun Turbo. Dari Simpang ini kita akan melanjutkan perjalanan sekitar 17 Km lagi… Nah Petualangan pun di mulai dari sini.. Pasti sudah tau sendiri lah yaa kan, jalan Perkebunan seperti apa kebanyakan? Jalan setapak yang di timbun dengan Batu Cadas, Tanah Liat atau tanah merah yang kalau hujan jalanan menjadi licin dan berat, sehingga membuat sepeda motor kita meper-meper kalau kata orang Medan.

Dan benar saja apa yang dikhawatirkan, salah satu motor kawan ada yang bermasalah dan motonya tidak  bisa melanjutkan perjalanan. Akhirnya kami titipkan ke salah satu rumah warga. Kembali melanjutkan perjalanan dan Hujan pun turun kembali. Namun, kali ini gak pake acara berhenti/berteduh alias Gasss terosss.... karena rasa penasaran belum sampai ke air terjun yang kami tuju. Rute yang cukup melelahkan dan membuat sepeda motor matic harus bekerja ekstra keras karena track yang lumayan berat, 17 Km Broh.. :D

Sekitar jam 2 siang, sampailah kami di pos Air Terjun Turbo. (*Lama kali kan wee… dari jam 7 pagi Sampai Jam 2 Sore baru sampai, cak hitung sendiri brapa jam kami pergi.. ) Alhamdulillah.. Kami pun segera memarkirkan kendaraan, sembari menunggu teman-teman yang masih tertinggal di belakang. Setelah semua teman-teman sampai, kami pun memulai tracking menuju Air Terjun Turbo tersebut. Tidak memakan waktu lama sekitar 15-20 menit tracking kita pun sampai di bawah. Meskipun masih belum kelihatan Air Terjunnya tapi suara gemuruh air nya sudah terdengar, kita pun harus menyeberangi sungai dengan bantuan tali yang di buat warga untuk menyeberang, karena kedalaman airnya lumayan dalam buat yang tidak pandai berenang.
Perjalanan Ekstrem Menuju Air Terjun Turbo (Turunan Bolon)
Subhanallah….. Selama Ngetrip ke Air Terjun, Baru kali ini kami melihat Air Terjun yang debitnya begitu besar, deras dan jernih. Mungkin karena derasnya air yang jatuh makanya disebut Turbo kali ya. hahahha.. Pemandangan alam disekitar juga masih begitu asri dan indah untuk dinikmati. Sungguh Indah Ciptaan Allah SWT. Luar Biasa Kali Air Terjun Turbo ini, Pemandangan indah yang begitu luas dengan hamparan Tebing-tebing yang menjulang tinggi dengan berhiaskan Pepohonan hijau yang sejuk. Semoga tetap begitu adanya tanpa ada campur tangan manusia. Yuhuyyyy…..

Jeburrrrr….. Jeburrrr… Jeburrrrrr…. Brrrrr…. Dingin sekaliiiii Aer nya vroh.. Cekrekkk… disana, Cekrekkk di sini… Tak ada alasan untuk tidak mengabadikan Moment. Menikmati keindahan alam sekitar, bermain dengan dingin nya Air, bercengkrama bersama teman-teman, dan tidak lupa memikirkan perjalan pulang lagi :D Amazing Trip with KEMA (Keliling Medan Adventure).
Sekitar jam 5 sore kami pun bergegas meninggalkan Air Terjun Turbo, padahal masih ingin berlama-lama di situ. Sesampainya di parkiran kami pun ganti pakaian. Setengah jam kemudian, kami pun bergerak dari parkiran keluar menuju 17 Km yang  memacu adrenalin di tambah jalan yang bekas Hujan tadi.. Wawww…… letih yg sangat luar biasa untuk mencapai jalan aspal yang mulus, satu persatu motor kami terjebak di dalam tebalnya lumpur, membuatnya susah bergerak dan bisa membuat jatuh siapapun. Udah gitu ada lagi yang bocor ban wadohhh,… bayangin aja di tengah perkebunan suasana malam yang sepi dan gelap, kami belum mencapai aspal mulus. Perlahan tapi pasti, akhirnya semuanya bisa dilalui dengan aman.

Perjalanan masih panjang dari Tanah Jawa menuju kota Medan. Saya sendiri tiba di Medan hingga jam 2 dini hari. untuk saja esoknya masih rangka hari libur jadi bisa istirahat. hahhaha. Itulah cerita singkat tentang Perjalanan Ekstrem Menuju Air Terjun Turbo (Turunan Bolon), semoga informasi yang terkandung didalamnya bermanfaat..^_^..
Perjalanan Ekstrem Menuju Air Terjun Turbo (Turunan Bolon)
“Jangan Tanya Tujuan, Nikmati Petualangannya & Rasakan Kebersamaannya”

*Catatan :
  • Uang retribusi air terjun 4 Ribu
  • Parkir 5 Ribu
  • Disarankan membawa motor yang fit
  • Cek selalu Bahan Bakar motor kalian.
  • Selalu menjaga keselamatan di Alam
  • Jangan bertindak berlebihan dan selalu waspada