oleh-oleh

Mau Cari Ulos di Medan? ke Galeri Ini Aja

Mau Cari Ulos di Medan? ke Galeri Ulos Sianipar Aja - Salah satu kerajinan khas daerah Sumatera Utara yaitu Ulos. Berbicara tentang Ulos sudah pasti indentik dengan yang namanya Suku Batak. Ulos sering kali dipakai dalam berbagai kegiatan adat maupun acara lainnya bagi masyarakat Batak. Biasanya Wisatawan dari luar Sumatera Utara mencari dan membeli Ulos untuk Oleh-oleh. Sebab Ulos menjadi kerajinan khas Sumut yang harus dibeli kalau ke Sumatera Utara.
Mau Cari Ulos di Medan? ke Galeri Ulos Sianipar Aja
Kain Ulos banyak dijual disekitaran Danau Toba. Karena disana banyak penduduk batak dan merupakan kawasan wisata. Sudah pasti disana banyak dijual berbagai macam Ulos. Nah,, bagi wisatawan yang hanya sempat jalan-jalan di Medan, tidak usah bingung lagi untuk mencari Ulos untuk oleh-oleh. Cukup datang ke Galeri Ulos Sianipar dan UKM Bersama yang berada di Jalan A.R Hakim gang Pendidikan No.130 Medan. Digaleri ini dijual berbagai motif Ulos serta kerajinan lainnya.

MedanWisata sempat mengunjungi galeri ini di hari Minggu. Cukup banyak para wisatawan yang berkunjung dan berburu oleh-oleh disini. Meskipun lokasinya didalam gang, namun Galeri terlihat besar dan mencolok. Jadi dipastikan kalian gak akern tuhan nyasar. Bangunannya terdiri dari 3 lantai, namun pengunjung umum hanya boleh masuk sampai di lantai ke-2. Bagian paling atas dibuat unik yaitu berbentuk rumah adat Batak Toba.
Dari depan gerbang sudah terlihat ornamen batak serta patung-patung yang khas budaya Batak. Sebelum pintu masuk galeri, terdapat deretan Kain Ulos berbagai warna dan motif yang dipajang di dinding bagian luar dekat pintu masuk.

Melangkah masuk ke Galeri, akan disambut oleh kakak pramuniaga yang siap membantu kita untuk memilih ulos yang pas untuk oleh-oleh. Ada banyak pernak pernik kerajinan yang bisa kita bawa pulang, seperti Tas, Baju, Souvenir, topi yang kesemuanya mengandung motif serta ukiran khas Batak.
Mau Cari Ulos di Medan? ke Galeri Ulos Sianipar Aja
pict by : www.perempuannovember.com
Setelah puas melihat didalam galeri, saya pun kembali keluar dan penasaran dengan rumah panggung khas batak ini. Ternyata ini adalah Rumah Tenun. Diatas terdapat dua orang ibu-ibu yang sedang menenun kain Ulos. Jadi para pengunjung bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan kain ulos. Dimana pembuatannya masih secara tradisional. Mesin tenun tradisional batak yang masih dijaga kelestariannya secara turun temurun. Dan diharapkan juga sih, generasi selanjutnya bisa terus menjaga dan melestarikan budaya khas Batak ini.
Mau Cari Ulos di Medan? ke Galeri Ulos Sianipar Aja
Sebenarnya masih banyak lagi pengrajin kain Ulos dari Galeri Sianipar ini, namun lokasinya berbeda meskipun masih berada di Gang Pendidikan ini. Untuk melihatnya harus terlebih dahulu izin dengan pengelola Galeri ini. Pada saat kami kemari, tidak sempat untuk mengobrol langsung dengan pemiliknya karena saat itu ramai para wisatawan yang berbelanja.

Pada bagian bawah rumah panggung ini, kita bisa bersantai ngeteh maupun ngopi secara gratis yang disediakan bagi para pengunjung. Tempatnya adem plus dilengkapi dengan TVjuga. Selain itu banyak dikelilingi patung-patung ukiran khas Batak yang penuh arti.
Mau Cari Ulos di Medan? ke Galeri Ini Aja
Nah, sudah tidak bingung lagi kan kalau ingin membeli oleh-oleh khususnya membeli kain Ulos di Medan? Kalian bisa langsung datang Ke Galeri Ulos Sianipar dan UKM Bersama ini. Demikianlah informasi singkat ini, semoga bermanfaat..^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

3 komentar:

  1. nice bro.
    boleh berkunjung juga ya keblog saya http://pardsn.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. eh didekat rumah ternyata, kapan2 singgahlah, bg kasih tau harganya dung.. masih terjangkau ga sama ank2 kos model kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terjangkau kok bang,, sesuai model n motif aja,, hehehhe

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.