Jalan

Temukan Ketenangan di Ngarai Sianok, Bukit Tinggi

Temukan Ketenangan di Ngarai Sianok, Bukit Tinggi - Puas sudah berkeliling di dalam Lobang Jepang yang Dingin nan Horor, penuh banyak cerita penuh dengan misteri dan terlintas begitu mengerikan kekejaman pada masa dulu dalam pembuatan Lobang Jepang Tersebut. Keluar dari lobang Jepang kita dihadapkan langsung dengan pemandangan yang indah dan memukau. Sebuah bukit dan lembah dengan panorama yang menyejukkan mata sebut saja Ngarai Sianok. Tempat yang tidak boleh dilewatkan saat kalian ke Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Ngarai Sianok bisa dilihat dari dalam kawasan Objek Wisata Taman Panorama Bukit Tinggi. Dan gerbang masuknya sama dengan objek Wisata Lobang Jepang. Jadi, ketika ke lobang jepang otomatis langsung bisa melihat Ngarai Sianok ini.
Temukan Ketenangan di Ngarai Sianok, Bukit Tinggi
Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lembah ini memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang sampai ke nagari Sianok Anam Suku, dan berakhir di kecamatan Palupuh. Ngarai Sianok terbentuk karena proses turunnya sebagian lempengan bumi, sehingga menimbulkan patahan berwujud jurang yang curam. 

Lembah curam ngarai ini mempunyai kedalaman 100 m dan memunyai panjang kurang lebih 15 km dengan lebar 200 m. Ngarai Sianok merupakan pemisah pulau Sumatera menjadi 2 bagian yang memanjang atau disebut Patahan Semangko. Sepanjang patahan yang dindingnya sangat curam serta tegak lurus ini membentuk lembah hijau yang merupakan hasil sinklinal (gerakan turunnya kulit bumi).
Temukan Ketenangan di Ngarai Sianok, Bukit Tinggi
Keindahan Ngarai Sianok semakin memukau dengan hiasan aliran Batang Sianok (Batang berarti Sungai dalam bahasa Minangkabau). Airnya yang cukup jernih ini bermuara di Samudera Hindia. Terkadang aliran Sungai Sianok sering digunakan untuk beraktivitas olah raga air seperti, arung jeram, kayak, dan kano.

Ngarai Sianok juga disebut Lembah Diam atau Lembah Sunyi kata seorang guide saat itu. Karena suasana disekitar begitu tenang, damai serta udara yang begitu sejuk. Tentunya cocok buat kalian yang ingin bersantai melepas rasa penat yang ada. Oh iya, di lokasi tempat kita melihat Panorama Ngarai Sianok masih banyak monyet liar disekitarnya.
Temukan Ketenangan di Ngarai Sianok, Bukit Tinggi
Selain itu, disekitar Lobang Jepang dan Ngarai Sianok ini banyak kios yang menjual berbagai souvenir seperti lukisan dan kaos buat wisatawan yang ingin berbelanja. Ayok Temukan Ketenangan saat di Ngarai Sianok, Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

6 komentar:

  1. banyak monyetnya, gak tenanglah itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kemarin gak sempat diganggu sih,, soalnya kami juga ramai

      Hapus
  2. Agak trauma sama monyet2 kalo berkeliaran. Kacamata minusku pernah diembat monyet di Uluwatu Bali... huhuhu :(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sih kak,, cuma waktu disana, gak sempat diganggu monyet, soalnya kita juga ramai. :D

      Hapus
  3. Saya nggak pernah diganggu monyet setiap tamasya ke Ngarai. Monyetnya kan berlokasi di bagian ngarai dekat Panorama. Bukan di seluruh wilayah Ngarai Sianok yang luas itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak,, monyetnya banyak yang dipanorama itu aja.. :)

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.