Wisata Religi

Masjid Azizi, Saksi Sejarah Kesultanan Langkat

Masjid Azizi, Saksi Sejarah Kesultanan Langkat
Masjid Azizi, Saksi Sejarah Kesultanan Langkat - Ada beberapa masjid di Sumatera Utara yang mempunyai nilai sejarah yang panjang untuk dibahas, namun itu membuat saya tertarik untuk mengunjungi beberapa Masjid bersejarah yang ada di Sumatera Utara ini. Seperti masjid yang terkenal di Medan yaitu Masjid Al-Mashun, Masjid Al-Osmani , serta Masjid Lama Gang Bengkok Kesawan. Minggu lalu tepatnya tanggal 27 Juli 2015, saya berkesempatan mengunjungi salah satu Masjid bersejarah yang ada di Tanjung Pura Langkat, yaitu Masjid Azizi. Sudah pernah tahu masjid ini belum? Ini juga pertama kalinya saya bisa mengunjungi Masjid yang megah ini.

Berawal dari rasa penasaran, yang amat untuk segera tahu bagaimana sih masjid Azizi ini? maka saya pun bersama Pia yang merupakan teman perjalanan saya kali ini, kebetulan ia, pernah tahu keberadaan masjid ini. Menggunakan Sepeda motor dengan rute Medan - Binjai - Stabat - Tanjung Pura dan hanya memakan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam saat itu. Jalanan aspal juga bagus dan mulus, hanya sedikit yang terlihat rusak selama di perjalanan. Sekitar jam 11.45 kami sudah sampai di hadapan Masjid Azizi ini. Masjid ini terlihat luas dan megah. Masjid Azizi ini terletak di kota Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, tepatnya berada di tepi jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Medan dengan Banda Aceh. 

Karena letak Masjid Azizi ini berada di tepi jalan lintas Sumatera, maka pastinya sangat ramai disinggahi oleh para pemudik, pelancong, maupun wisatawan yang ingin beribadah, sekaligus beristirahat sejenak disini. Masjid Azizi merupakan masjid peningkalan kesultanan langkat. Mulai dibangun oleh Sultan Langkat Haji Musa pada tahun 1899, selesai dan diresmikan oleh putranya, Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah pada tanggal 13 Juni 1902M. Keindahan Masjid Azizi ini kemudian dijadikan rujukan pembangunan Masjid Zahir di Kedah, Malaysia, hingga kedua masjid tersebut memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Untuk sejarah lengkapnya bisa lihat di wikipedia tentang Masjid Azizi loh,, hahahah
Masjid Azizi tanjung pura Langkat
Masjid Azizi mempunyai beberapa kemiripan dengan Masjid Osmani yang ada di daerah Belawan, salah satunya yaitu bentuk kubahnya.Masjid Azizi bercorak campuran Timur Tengah dan India dengan banyak kubah dengan daya tampung sekitar 2000 jemaah sekaligus. Bangunan induk berukuran 25 × 25 m dan tinggi ± 30 m. Ketiga sisi Masjid dilengkapi dengan serambi masing masing di sisi timur, utara dan selatan, masing masing serambi ini berhubungan langsung dengan koridor di tiga sisi masjid dan langsung menuju ke pintu masuk. Tiang serambi yang berdiri di sisi kiri dan kanannya berbentuk persegi delapan mirip menara dalam ukuran kecil dengan bagian ujungnya berbentuk kuncup bunga. Serambi dan teras masjid dilengkapi dengan pilar pilar dan lengkungan khas timur tengah dihias dengan kaligrafi, bentuk bentuk geometris dan ukiran floral.
Masjid Azizi tanjung pura Langkat
Ruang utama masjid dindingnya empat persegi panjang berukuran 20 × 20 m. Lantai ruang utama tadinya berlapis keramik tapi kini diganti dengan marmer, sisanya lantai keramiknya masih dapat dilihat di bagian tengah lantai ruang utama. Bagian dinding luar ruang utama dihiasi dengan kaligrafi al-Qur'an, hiasan geometris, dan floraral. Dinding bagian dalam ruang utama penuh dengan hiasan, sisi bawahnya dilapisi marmer, sedangkan sisi atasnya dihiasi kaligrafi al-Qur'an, bentuk geometris dan floral. Mihrab dan mimbar masjid Azizi terbuat dari marmer. Menara masjid terletak di timur laut masjid dengan tinggi sekitar 60 meter. Bagian bawah menara dilengkapi sebuah pintu. Bagian kedua dihiasi dengan sebuah jendela lengkung pada setiap sisinya. Bagian atapnya berbentuk kubah dengan bulan di puncaknya(wikipedia)
Masjid Azizi tanjung pura Langkat

Disekita masjid Azizi juga terdapat makam para keluarga sultan dan pemakaman umum juga. Alhamdulilah saya sempat solat di mesjid megah ini, meskipun banyak masjid modern saat ini yang bentuknya lebih bagus, tapi Masjid Azizi punya khas dan cerita tersendiri tentunya. Bagaimana dengan kalian? sudah pernah kemari? tertarik untuk melihat Masjid Azizi Kesultanan Langkat ini?
Masjid Azizi tanjung pura Langkat

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

10 komentar:

  1. Setiap ke Tj.Pura menengok mertua, kami pasti melewati mesjid ini. Kadang-kadang ya mampir juga :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak,, awak baru sekali aja semalam itu,, kapan-kapan kesana lagi deh.. :)

      Hapus
  2. Belum pernah ke Tanjung Pura. Taunya cuma Tanjung Morawa dan Tanjung Balai :D

    Seru juga ya jadi Travel Blogger, bisa jalan-jalan sambil mengulas berbagai keunikan di Sumatera Utara khususnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok kak ke aceh,, sekalian singgah ke mesjid ini,, :)

      Hapus
  3. indahnya dan punya cerita sejarahnya itu bikin tambah menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak,,,, itu hal buat banyak orang tertarik dan penasaran dengan masjid
      ini,, :)

      Hapus
  4. Cakeppppp ... suka ama kubah nya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cakep loh maz.. khas melayu,, :)

      Hapus
  5. keren masjid nya, mesjid yang cocok untuk wisata sejarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyappp..bener sekali...yok singgah ke sini.. :)

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.