Wisata Religi

Masjid Lama Gang Bengkok Kesawan Medan

Masjid Lama gang bengkok Medan
Masjid Lama Gang Bengkok Kesawan Medan - Masih banyak masjid-masjid bersejarah di kota Medan yang berumur lebih dari 50 tahunan. Mungkin orang-orang lebih sering mendengar Masjid bersejarah seperti Masjid Raya Al-Mashun dan Masjid Raya Al-Osmani Medan. Namun, perlu juga kita ketahui bahwa masih ada juga masjid lain yang sudah berumur ratusan tahun dan mempunyai sejarah yang masih jarang di dengar orang banyak. Salah satunya Masjid Lama gang Bengkok Medan yang sudah berdiri dari tahun 1890an.

Masjid Lama gang Bengkok berada di Jalan Mesjid kelurahan Kesawan, Medan Kota. Lokasi ini masih di seputaran pusat bisnis Kota Medan di masa lalu, yaitu kawasan Kesawan (saat ini Jalan Ahmad Yani). Mungkin anda bingung kenapa nama masjidnya seperti itu, tidak ada kesan nama-nama arab, seperti masjid lainnya. Dinamakan Masjid Lama Gang Bengkok karena, dulu di depan masjid ini ada sebuah gang yang memang bengkok bentuknya.
Masjid Lama Gang Bengkok Medan

Masjid Lama Gang Bengkok Medan ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Makmun Al-Rasyid. Masjid Gang Bengkok berdiri di atas tanah yang diwakafkan Datuk Haji Muhammad Ali, Nazir/Imam pertama Syekh. H. Mohammad Ya'Qub (1894-1910). Selain tanah wakaf itu, bangunan utama dan biaya pembanguna seluruhnya diperoleh dari Tjong A Fie, saudagar Tionghoa yang beragama nonmuslim.
Masjid Lama Gang Bengkok MedanMasjid Lama Gang Bengkok Medan

Bentuk dan arsitekturnya Masjid Lama Gang Bengkok Medan sangat unik dan kental akan khas melayu, karena atap berwarna hijau dan bangunan utama mesjid di dominasi oleh warna Kuning yang merupakan warna khas melayu. Gaya arsitektur Cina paling menonjol pada atap masjid yang semakin melebar ke bawah dan melengkung di tiap sisinya. Sementara itu, budaya Timur Tengah terwakili dari gapura dan mimbar yang ada di dalam masjid. Bagian itu pula yang menjadi simbol kerukunan umat beragama dan etnis Medan.
Masjid Lama Gang Bengkok MedanMasjid Lama Gang Bengkok Medan

Sudah selayaknya semua pihak di kota Medan khusunya, untuk tetap terus merawat dan menjaga Masjid-masjid bersejarah yang ada. Jangan ada lagi penggusaran atau diruntuhkannya masjid-masjid lama untuk digantikan dengan komplek-komplek perumahan oleh kalangan pengusaha yang hanya mementingkan keuntungan tanpa memikirkan nilai sejarah dari sebuah bangunan lama yang ada di Kota Medan.
Masjid Lama Gang Bengkok Medan

Demikianlah artikel singkat tentang Masjid Lama Gang Bengkok Kesawan Medan, yang merupakan salah satu Wisata Religi di Kota Medan. semoga bermanfaat..^_^


Top Search :
Masjid Lama Gang Bengkok Kesawan Medan, Masjid Lama, Masjid Gang Bengkok, Kesawan Medan, Masjid Medan

Referensi : http://pemkomedan.go.id/new/berita-masjid-lama-gang-bengkok.html

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

4 komentar:

  1. Saya menumpang lahir di Medan, dan baru 4 kali ke sana, belum pernah sekalipun ke masjid ini. Suatu saat kalau ke Medan, harus berkunjung ke masjid lama ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru pertama kali itu mbak,, :)

      yah, klw ke Medan, silahkan mbak mampir di Mesjid Lama Medan ini. :)

      karena masjid ini bernilai sejarah.

      Hapus
  2. Akhirnya saya bisa main ke sini, kagum dengan arsitekturnya dan singgah juga ke Madrasahnya satu lagi dapat kesempatan naik menara masjid yg masih asli dengan tangga kayunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh, mantap mbak,,,
      beruntung lah bisa naik ke menara masjidnya,,, Keren,

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.