Air Terjun

Air Terjun Teroh-teroh dan kolam Abadi, Langkat , Sumatera Utara

Air Terjun Teroh-teroh dan kolam Abadi
Air Terjun Teroh-teroh dan kolam Abadi, Langkat , Sumatera Utara – Pernah dengar wisata alam yang terkenal dengan bening airnya, sejuk dan menyenangkan tentunya. Teroh-teroh dan kolam abadi sebuah objek wisata alam yang berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Langkat , Sumatera Utara.  Objek wisata Air Terjun teroh teroh sudah booming semenjak tahun lalu apalagi sudah pernah diliput Trans TV dalam acara My Trip My Adventure,, Waaaww, apa gak makin rame aja tuh Objek Wisata.

Minggu, 31 Mei 2015 bersama admin Fotografimedan.com kami mencoba petualangan ke objek wisata Air terjun teroh-teroh dan Kolam Abadi ini. Rute yang dilalui yaitu dari Medan – Binjai - Namu Ukur – Desa Rumah Galuh. Menggunakan sepeda motor, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 2 Jam (Sempat Nyasar Juga)..hahha. Trip dadakan dan memang sering dadakan idenya untuk pergi, saat itu cuaca pagi di Medan masih bersahabat dan hanya mendung saja, namun ketika sampai kota binjai, Hujan pun sudah menyelimuti perjalanan kami. Namun, karena tidak begitu deras, kami terus saja melanjutkan perjalanan hingga sampai di Desa Rumah Galuh.

Sesampai di Desa Rumah Galuh, ada banyak pos untuk menuju Air Terjun Teroh-teroh dan Kolam Abadi, namun dari beberapa Pos yang terlihat saya memilih ke Pos PELARUGA. Kenapa Pos ini? Karena PELARUGA yang lebih dikenal dan banyak tulisan para blogger mengarah ke Pelaruga. Sampai di Pelaruga kami menjumpai salah satu pengelola, yaitu bang Wanda. Negoisasi harga pun terjadi, karena kami Cuma berdua, harga yang ditawarkan menjadi cukup mahal, namun jika kalian datang ramai sekitar 10 orang, harga akan jauh lebih murah untuk 2 objek yang dituju yaitu Air Terjun teroh-teroh dan Kolam Abadi.
Air Terjun Teroh-teroh dan kolam Abadi, Langkat , Sumatera Utara
Setelah proses pembayaran administrasi selesai, kami pun segera berganti baju, serta mengambil pelampung demi keamanan. Kami diantar oleh ranger/guide kecil yang saya lupa namanya, ia masih bersekolah kelas 1 SMP. Setiap hari libur dia biasa mengantarkan para wisatawan untuk menuju Air Terjun Teroh-teroh dan kolam abadi. Ia lakukan untuk menambah uang jajannya. Selain jadi guide dya juga bercerita kalau pagi atau sore harinya dia meng-angon (gembala) kambing dahulu.

Langsung saja, petualangan pun dimulai, melalui jalan setapak dan menuruni perbukitan, perlahan tap pasti kami sampai di bibir sungai. Sebenarnya Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh-teroh itu satu aliran sungai. Sungainya yang jernih nan indah membuat semua orang merasa ketagihan untuk kesini. Sang Ranger kecil pun menyarankan untuk ke Air terjun Teroh-teroh terlebih dahulu sebelum ke Kolam abadi. Untuk menuju ke Air terjun teroh-teroh ada dua pilihan, mau jalan kaki mengikuti jalan setapak di sisi bukit, atau melalui sungai dengan cara Body Rafting.
Air Terjun Teroh-teroh dan kolam Abadi, Langkat , Sumatera Utara
Untuk keseruan pastinya kami memilih untuk body Rafting dengan kata lain, menghanyutkan diri mengikuti arus sungai dan cukup aman karena menggunakan pelampung. Air yang begitu jernih, biru muda gitu, bisa keliatan dasar sungainya lohhh,,, plus dingin juga. Pada sisi tertentu, ada bagian sungai yang dalam, sehingga kalian bisa melompat bebas dari atas tebing ke sungai ini. 

Body Rafting memang menyenangkan, tapi tetap harus hati-hati jangan sampe terjadi dengan yang saya alami,, lagi enak hanyut, ehh gak tahu kalau arus didepan cukup deras, dan posisi sudah salah, dimana kepala di depan kaki dibelakang.. Ya sudahh, pasrah, terjebak dalam arus, dimana saya harus tenggelam dan terjepit diantara batu besar dan terdorong kuat karena arus yang deras. Syukur kepala ini tidak terbentur tuh batu-batu besar. Hanya luka memar dan gores karena gesekan batu tadi. Hahahahh,,
Air Terjun Teroh-teroh dan kolam Abadi, Langkat , Sumatera Utara
Sekitar 45 menitan berada di aliran sungai yang begitu eksotis, dan terlihat air-air terjun kecil mengalir dari celah-celah tebing, sampailah kami di depan Air Terjun Teroh-teroh. Air terjun yang tidak begitu tinggi namun memiliki keindahan tersendiri. Air Terjun Teroh-teroh sendiri berasal dari bahasa Karo yang berarti Air Terjun Bawah-Bawah. Kenapa diberi nama itu? Karena memang Air Terjun ini dibawah lembah atau tebing-tebing yang unik dan indah. Ok, selanjutnya kami melanjutkan untuk ke Kolam Abadi. Awalnya berfikir beneran sebuah kolam, tapi nyatanya tidak.
Kolam Abadi ini sebenarnya adalah aliran sungai yang sama saat ke Air Terjun Teroh-teroh. Hanya saja posisinya alirannya yang tidak deras, kayaknya sebuah kolam, ini lah yang menjadi dasar disebut kolam abadi. Airnya begitu jernih dan tembus hingga kedasar sungainya. Pokoknya mandi disini segar deh, seru bareng teman-teman kalian. Selain Air terjun Teroh-teroh dan Kolam Abadi, ada lagi Air terjun yang terdekat dari sini, yaitu Air Terjun Tongkat namanya. Kita harus trekking naik turun bukit sekitar 1 jam-an lagi.

Waktu masih sangat siang sekitar jam 12, namun cuaca kurang bersahabat, hujan turun dengan deras, membuat kejernihan air sedikit berkurang, namun kami sudah selesai mengarungi Air terjun Teroh-teroh dan Kolam Abadi dan besiap kembali ke Pos untuk segera Pulang. Sekitar jam 9 pagi saat kami tiba di Lokasi Pelaruga, masih belum banyak orang, namun semakin siang, semakin banyak orang lain yang datang. Nah, disarankan buat kalian, biar puas bermain disini dan puas mengambil foto-foto, datanglah sepagi yang kalian bisa.

Demikianlah cerita singkat tentang petualangan ke Air Terjun Teroh-teroh dan kolam Abadi, Langkat, Sumatera Utara. Semoga bermanfaat. ^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

17 komentar:

  1. btw modelnya cakep ya min.ahahaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha,, nemu dijalan tuh modelnya,, :-p

      Hapus
  2. ini keren banget mas.. mirip2 green canyon.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas,, emang keren nih Air Terjun Teroh-teroh pelaruga,,

      Hapus
  3. wow! tjakep binggo air terjunnya bang :jempol:

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang cakep banget ni brooo...

      Hapus
  4. Baru minggu lalu ke sini nih pas puasa, segerrr memang
    Luar biasa bening kolam abadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang seger banget nih disini,, apalagi pas sepi. :)

      Hapus
  5. Tpi min... skrg ud bnyk x pungli djalan.. makany jd mlas mw ksna lg.. dri mulai masuk namu ukur ampe desa rmh galuh ad sktr 4 pos.. masing2 pos kita dknakan 10rb per kereta... hiks.. pdhl pgn bgt ksna lg.. soalny kmrn blm puas.. cma smpe kolam abadi aj.. mimin ud k namu belanga? Itu jg keren loh min.. bening dn dingiiinnn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gitu ya.. kemarin sih belum sebanyak itu sihh,, tapi kabar terbaru katanya pungli udah gak ada lagi loh,,, semoga aja beneran tidak ada pungli lagi sehingga memberi kenyawaman bagi para wisatawan.. :)

      Hapus
  6. negosiasi harga brapaan min

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung banyaknya rombongan mbak.. :) bisa aja jadi 30ribuan ....hheehehhe

      Hapus
  7. Dari desa Pamah ke lokasi air terun ada track buat gowes gak min?

    BalasHapus
  8. Dari desa Pamah ke lokasi air terun ada track buat gowes gak min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh,, kurang tau min,, kalau gowes sampe keair terjun kayaknya gk bisa,,

      Hapus
  9. dari medan...berapa jam...dan masuknya dr mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari medan sekitar 2-3 jam,,rutenya sudah dijelaskan diatas.. :)

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.