Ingin Ke Jogja Dari Solo, Siapkan Hal Berikut Ini Yuk!

Perjalanan dari Solo-Jogja memang tidak terlalu memakan waktu yang lama namun jika kamu ingin ke Jogja lewat jalur darat khususnya kereta api maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Persiapan ini akan membuat kamu sedikit repot walaupun jarak tempuhnya hanya 2 jam saja tetapi jika semua telah siap maka tidak perlu kamu membuat banyak uang untuk membeli keperluan yang sebenarnya sudah ada di rumah.
Perjalanan dari Solo-Jogja

Tips sebelum berangkat ke Jogja dengan kereta api, salah satunya dengan lihat jadwal kereta untuk tamasya dari Solo ke Jogja, dan beberapa hal lainnya yaitu:

Siapkan Uang
Siapa saja yang berencana untuk liburan atau mengunjungi suatu tempat tentunya keuangan adalah hal paling utama dan vital sekali. Semua serba memakai uang bukan?

Nah, uang yang anda bawa sebaiknya tunai dengan cukup artinya menghindari bahaya kehilangan saat di jalan. Jika kamu melakukan trip ke Jogja dengan kereta, minimal uang tunai sekitar  Rp. 200 ribuan dengan nilai pecahan yang cukup. Sesampainya di Jogja dan ingin membeli kebutuhan, kamu bisa ambil dari ATM terdekat karena membawa uang tunai terlalu banyak akan beresiko. 

Cek Persiapan Bagasi
Bagasi adalah kebutuhan yang akan dibawa seperti pakaian, alat mandi, alat rias, obat atau sejenisnya. Meskipun di setiap tempat ada toko namun tidak menutup kemungkinan jika mendadak sedang dalam perjalanan kamu merasakan mual atau pusing. 

Bagasi cukup satu koper saja dan satu tas punggung, terlalu banyak hanya akan membuat kamu capai. Jangan menaruh barang berharga di koper, sebaiknya bawa di tubuh anda atau tinggal di rumah. 

Cek Tiket Kereta Api
Kamu bisa cek tiket dan jadwal keberangkatan dari Solo-yogya menggunakan kereta api melalui situs penyedia transportasi. Ada dua jenis nama kereta api dengan tujuan yogja dari Solo yaitu:
  • Kereta Api Prameks, untuk Kereta Prameks ini bisa membeli tiketnya 3 jam sebelum keberangkatan karena setiap beberapa jam sekali pasti ada. Harga tiket ekonomi prameks ini bekisar Rp. 10.000 per orang. 
  • Kereta Api Solo Ekspres, untuk kereta Solo Ekspres adalah kereta api komuter kelas eksekutif dengan rute Solo Balapan-Kutoarjo. Waktu pagi keberangkatan Solo adalah jam 08.40 dan 15.40. 
Semua kereta itu tayang setiap hari dan bisa dibeli saat hari perjalanan tiba.

Siapkan Peta Wilayah Jogja
Peta wilayah Jogja memang tidak terlalu sulit untuk diperoleh karena kini ada aplikasi maps yang bisa kamu akses secara akurat. Mulai dari tempat wisata, hotel hingga restoran sehingga tidak perlu takut kesasar. Namun tidak ada salahnya jika kamu memetakan rute antara hotel dan tujuan agar tidak terlalu jauh dan memutar. 

Siapkan Tujuan Wisata 
Tujuan kamu ke Jogja adalah tempat wisata maka buat list tempat pokok apa saja yang akan kamu kunjungi. Jika wisata dalam kota maka sebaiknya kamu menyewa kendaraan selama beberapa hari saja. Namun, jika tujuan kabupaten maka kendaraan bisa kamu sewa selama seminggu full. Harga sewa mobil sekitar Rp 200 ribu per hari sedangkan untuk motor sekitar Rp. 50 ribuan. 

Siapkan Hotel
Ada banyak hotel dengan harga yang bersahabat, mulai dari Rp. 50 ribu – Rp. 500 ribu, semua jenis hotel itu ada di Jogja. Jika kamu ingin menghabiskan trip di tempat wisata maka sebaiknya memilih harga hotel dengan harga ekonomis karena aktivitas kamu berada di luar kamar bukan setiap harinya?
Sisa uangnya bisa kamu belikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. 

Cek Iklim 
Mungkin jika memang kamu  hanya punya waktu saat musim hujan tidak menjadi kendala untuk traveling namun rasanya akan lebih malas saja bukan? 

Musim yang cocok untuk liburan adalah saat terang, saat inilah kamu akan merasa mood kembali dengan sangat cepat. 

Bagaimana serentetan tips di atas bisa kamu pakai untuk persiapan ke Jogja saat waktu senggang ya? Nikmati masa liburan kamu dengan naik kereta api prameks atau Solo ekspres dengan harga yang terjangkau dan fasilitas sangat memuaskan. 

0 komentar:

Posting Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.