Wisata Religi

Liburan di Hari Raya Idul Adha, kemana ya enaknya?

Liburan di Hari Raya Idul Adha, kemana ya enaknya? - Setiap bergantinya kalender baru, hal yang paling asik untuk diliat-lihat adalah tanggal merahnya. Apakah banyak tanggal merah yang asik untuk liburan, atau malah tanggal merah jatuhnya di hari Minggu. Gak asik banget kan, jadinya gak ada tambahan hari libur bagi para pekerja.

Kalau kamu paling  suka, tanggal merah atau hari libur nasional jatuh di hari apa? Senin, selasa atau hari lainnya? Bagi karyawan kantoran yang hari sabtunya libur, pasti lebih memilih hari jumat untuk hari libur nasional. Sehingga bisa liburan lebih lama. Tapi bagi frelancer yang kerjanya kapan aja dimana aja, kayaknya sih gak terlalu berdampak mau hari apa tanggal merah itu.
Liburan di Hari Raya Idul Adha, kemana ya enaknya?

Meskipun setiap tanggal merah dan libur panjang, membuat semua tempat rekreasi itu ramai, tapi itu tidak menyurutkan orang-orang untuk tetap jalan-jalan. Meskipun terkadang macet panjang disekitar menuju tempat wisata, itu sih tidak jadi masalah. Karena kalau gak hari libur nasional, kapan lagi bisa pergi jalan-jalan? Karena hari lainnya disibukkan dengan pekerjaan.

Liburan yang akan datang sebentar lagi sih, sudah pasti pada tahu ya kan? Yaitu libur hari raya Idul fitri. Sudah punya plan jalan-jalan kemana? Kalau idul fitri sih, biasanya dirumah aja, atau pulang kampung untuk kumpul bersama keluarga dan saudara. Urusan jalan-jalan nomor dua kalau udah hari raya idul fitri ini.

Kalau belum sempat liburan di Idul Fitri gak udah bingung. Tenang aja, kan masih ada Libur Idul Adha 2019.  Malah kalau ini saya lebih tertarik untuk liburan. Kenapa? Karena saya pingin tau budaya di kota lain tentang perayaan hari raya kurban ini. Ya meskipun hari Raya Idul Adha jatuh pada hari minggu. Hikss... tapi tidak apalah, kan bisa ambil Cuti. Semoga bisa.

Jika ada kesempatan, kota yang paling dekat untuk di jelajahi saat libur hari Raya Idul Adha adalah Banda Aceh. Kenapa? Karena dari cerita orang-orang yang pernah kesana maupun tinggal disana, katanya lebih meriah saat Hari Raya idul Adha dibandingkan Idul Fitri.

Ini yang membuat saya penasaran. Ada kegaiatan apa sebenarnya disana. Mengapa Idul Adha menjadi lebih ramai dibandingkan Idul Fitri. Selain Itu, dengan jalan-jalan di kota lain yang punya tradisi unik saat menyambut hari Raya idul adha, tentunya menjadi pengalaman yang menarik buat saya pribadi. 

Ada beberapa contoh kota di Indonesia yang punya tradisi unik saat menyambut hari Raya Idul Adha diantaranya:
  1. Apitan di Semarang
  2. Manten Sapi di Pasuruan
  3. Mepe kasur di Banyuwangi
  4. Grebeg Gunungan di Yogyakarta
  5. Kaul Negeri dan abda’u di Maluku Tengah
Itu masih liat gimana meriahnya perayaannya, belum lagi kuliner atau masakan-masakan khas yang dihidangkan dari berbagai kota Indonesia menyambut hari Raya Idul Adha tersebut.

Selain itu, Saya juga pingin liburan ke salah satu kota di Indonesia yang mungkin jumlah Muslimnya tidak terlalu banyak di kota tersebut. Namun, tetap bisa melakukan Penyembelihan hewan kurban dengan aman dan damai.

Salah satunya kota Bali, memiliki tradisi yang namanya ngejot yaitu memberikan makanan kepada tetangga sekitar rumah, termasuk bagi yang non muslim. Kita dapat melihat tradisi ini di kawasan Desa Petang, Badung. 

Meskipun Muslim di Bali itu Minoritas, tapi toleransi antar umat beragama begitu tinggi. Inilah yang buat saya tertarik untuk bisa jalan-jalan ke Bali di saat Hari Raya Idul Adha nanti. 

Bagaimana dengan kamu dan Keluarga? Ada plan kemana untuk liburan di Hari raya Idul adha 2019 ini? Sharing-sharing di komentar ya.. kali aja tujuan liburan kamu lebih menarik, kan bisa ikutan juga. Yok Liburan....

0 komentar:

Posting Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.