Sekali Jalan, Tiga Air Terjun Terlampaui

Sekali Jalan, Tiga Air Terjun Terlampaui - Untuk kesekian kalinya saya akan bercerita tentang Trip bareng Komunitas Keliling Medan Adventure (KEMA). Kali ini kami akan mengexplore 3 Air terjun sekaligus yang antara lain ada Air Terjun Nderong, Air Terjun Biang dan Air Terjun Mblingking yang terletak di desa Rih Tengah Kecamatan Kuta Buluh Kabupaten Karo.
 Air Terjun Lau Nderong Air Terjuan Lau Biang air terjun Mbliking

Untuk menuju ketiga Air terjun tersebut ada dua rute sih, yang pertama dari Tugu Kol Berastagi – Tigandreket – Kutabuluh – Lau buluh – Kutamale – Mbruidi – Rih Tengah. Rute paling horror selama trip bareng KEMA. Monggo di coba yg punya motor trail, recomend kali lah buat tracknya.

Dan yang kedua dari Kabanjahe – Perbesi – Limang – Negri Jahe – Ujung Deleng – Rih Tengah, nah buat rute yang kedua ini, jalanan lumayan mulus karena lintas jalan Kuta Cane, dan jalan jalan desa yang di lewati pun lumayan bagus walau ada beberapa titik yang rusak. Tapi.. selo klen, walau pun agak jauh karena memutar, tp jalan lebih bagus dari rute yang Pertama. Tergantung nyali aja sih. hehehe

Seperti biasa, kami gerak dari titik kumpul di Medan sekitar jam 07.30 wib menuju kota Berastagi sebagai titik kumpul II. Sesampainya di kota Berastagi pukul 9.00 wib. Kami pun rehat sebentar, sembari nunggu teman yg masih ada tertinggal di belakang. Kami juga membeli makan buat bekal nanti di air terjun. . Setelah semuanya ngumpul dan konsumsi sudah aman terkendali, kami pun melanjutkan perjalaan menuju Kabanjahe, oh yaa,.. trip KEMA kali ini bareng anak KCC yang merupakan salah satu komunitas adventure dari Kabanjahe biar tambah rame danseru.

Gasss terosss… kami pacu laju sepeda motor lumayan kencang, karena jarak tempuh perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam dari kota Kabanjahe. Sesampainya di desa Rih Tengah kami pun beristirahat sebab jam sudah menunjukan pukul 13.00 wib dan kami belum sampai di lokasi. Berhubung perut sudah mulai keroncongan, kami pun makan siang di desa tersebut, sambil menunggu teman yang bisa bawa kami masuk ke areal Bendungan Sei Wampu. Oh yaa,..sebagai informasi, buat masuk ke kawasan Air terjun, harus ada izin dari pengelolah bendungan, karena tidak sembarangan bisa masuk ke kawasan tersebut.

Selesai makan siang, kami pun melanjutkan perjalanan menuju ke Bendungan Sei Wampu. Hanya memakan waktu 30 menit dari desa Rih Tengah. Sampailah kami ke lokasi yang di tuju. Parkir kenderaan, ganti pakaian selanjutnya nyebrang sungai sekitar 15 menit, jumpa kita sama Air Terjun Lau Nderong. WAWWW…. Hempasan air membuat pakaian kita basyah… seger kaleee….
 Air Terjun Lau Nderong Air Terjuan Lau Biang air terjun Mbliking

Debit air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter lumayan besar dan Deras. Tak berlama-lama disini, Setelah puas berpoto-poto kami pun melanjutkan perjalanan menuju air terjun yang kedua, yang letaknya tidak begitu jauh dari air terjun yang pertama tadi.

Sampailah kami di air terjun kedua yang bernama Air Terjuan Lau Biang. Luar biasa, subhanaalah… indah sekali… dengan dikelilingi tebing-tebing yang tinggi menjulang membuat pemandangan alam ini semakin Indah. Sekilas air terjun ini mirip dengan Air Terjun Turbo, cuma kalah di debit air saja. Nikmat Allah mana lagi yang kau dustai? Terbayar sudah lelah perjalanan kami.
Masih belum terasa ilang lelahnya, kami pun turun menuju air terjun Mbliking yg terletak dibawah kedua air terjun ini. Air terjun Mbliking ini termasuk air terjun yang tingginya lebi dari 50 meter. Namun, debit air nya tidak begitu deras. Lelah dan seru perjalanan hari ini, semoga ada kesempatan lain untuk mengeskplor air terjun lainnya yang ada di Sumatera Utara ini.

Ini kedua kalinya ke Air Terjun Mbliking ini, namun pada trip pertama kami tidak sampai di bawah air terjun ini. Berhubung cuaca sedang hujan, jadi agak di urungkan menuju air terjun tersebut karena air sungai sedang naik di tambah lagi derasnya arus jadi kami hanya menikmati pemandangan air terjun Mbliking dari atas tebing pada saat itu. Sekarang cuaca begitu bersahabat dan bisa melihat dari dekat air terjun Mbliking ini.
Air Terjun Lau Nderong Air Terjuan Lau Biang air terjun Mbliking

Sekianlah pengalaman trip saya bareng anak KEMA (Keliling Medan Adventure), see yaa next trip. follow IG @kelilingmedanadventure buat refrensi jalan-jalan khususnya ke Air Terjun.

Catatan yang mungkin berguna :
  • Jangan kesini kalau musim penghujan (nanges klen nanti)
  • Kenderaan kalau bisa yang besar kayak motor trail itu, kalau matik harus fit dan kuat
  • Harus ada izin buat masuk ke lokasi, minimal ajak warga dari desa Rih Tengah
  • Tidak ada retribusi (pande-pandelah klen nego sama warga yang bawa jln)
  • Jangan lupa bontot ( sampah bawa pulang yaa wee)
Written By : Weli KEMA
Photo by : KEMA

2 komentar untuk "Sekali Jalan, Tiga Air Terjun Terlampaui"

1. Mantap kali bang, sekali jalan 3 air terjun sekaligus. Cantik-cantik pulak air terjunnya.