Inilah 7 Manfaat Camping yang Bisa Kamu Rasakan

Inilah Manfaat Camping yang Bisa Kamu Rasakan - Ada yang bertanya, kenapa sih kamu suka camping di alam bebas? apa serunya sih? Biasanya pertanyaan ini dilontarkan oleh sebagian orang yang belum pernah camping. 

Mungkin mereka punya Alasan kenapa Malas Untuk Camping di Alam Bebas. Namun, bagi orang-orang yang pernah dan sering camping, pasti merasakan hal-hal yang ada dibawah ini. Sebelum membahas manfaat camping, saya ingin sedikit menjelaskan apa itu camping?

Camping adalah kegiatan rekreasi diluar ruangan atau diluar rumah. Tujuannya untuk merasakan hal berbeda dari biasanya. Orang-orang lebih suka dan gemar camping di Alam, karena bisa menikmati keindahan alam, serta refreshing sambil menghirup udara segar. 
Manfaat Camping

Inilah 7 Manfaat Camping yang Bisa Kamu Rasakan

1. Leluasa menikmati Kesejukan dan Keindahan Alam

Berada di atas gunug, bukit maupun di hutan dalam satu malam tentunya membuat kita lebih leluasa untuk menikmati kesejukan dan keindahan alam, lebih lama menikmatinya dan lebih rileks. Memandang luas alam dari balik tenda, memberikan kenikmatan tersendiri untuk dirasakan.

2. Melatih Manajemen  

Camping di alam bebas membuat kita harus berlatih memanajemen semuanya. Mulai dari mempersiapkan barang bawaan, packing, atur jadwal keberangkatan. Dan sesampainya di lokasi kita juga harus mengatur waktu untuk mendirikan tenda, memasak dan beristirahat. Semuanya harus dilakukan secara baik agar camping berjalan dengan seru, tenang, aman dan menyenangkan

3. Melatih Keberanian

Dengan camping di alam bebas, membuat kita belajar tentang keberanian. Kita harus memberanikan diri camping diantara gelap dengan penerangan seadanya, sepi dan terkadang suasana tidak bersahabat. 

4. Melatih Mengendalikan Ego dan Emosi

Camping bersama teman-teman tentunya harus bisa saling mengendalikan ego dan emosi. Sebab tidak semua teman fisiknya sama, apalagi perjalanan cukup melelahkan jika harus mendaki untuk camping di Gunung. Teman seperjalanan kadang juga menjengkelkan, pengen camping tapi mereka gak mau ribet. Mereka tinggal duduk tenang, sementara teman lain sibuk mendirikan tenda, mencari air dan memasak. Untuk ini, dibutuhkan kesabaran dan mengendalikan emosi agar tidak bertengkar dan merusak suasana camping

5. Mempererat Persahabatan dan Menambah Teman

Kalau temannya pada enak, maka camping akan terasa lebih hangat. Bergotong royong mendirikan tenda, masak bersama dan tentunya makan juga bersama-sama. Kalau sudah begini, persahabatan akan semakin dekat. Selain itu di area camping bisa menemukan teman baru bahkan jodoh, karena kebetulan bersamaan camping ditempat yang sama.

6. Menyehatkan 

Camping bisa juga dianggap olahraga loh.. karena harus berjalan, mendaki dengan tas yang lumayan berat. Udah gitu, memasang tenda juga terkadang membuat keringatan, apalagi tendanya besar yang muat untuk rame-rame. Dan paling membuat sehat itu, bisa menghirup udara di alam bebas, begitu bersih dari polusi udara, dingin dan sejuk deh.

7. Pengalaman Hidup

Camping juga menjadi pengalaman dalam hidup, belum tentu ketika tua nanti kita bisa merasakan camping di gunung, hutan, danau dan lainnya. Paling nikmat bisa camping bersama sahabat dan menjadi cerita yang kelak akan dikenang bersama.

Selain itu secara umum, ada beberapa manfaat camping yang dapat dirasakan untuk anak-anak berserta keluarga. Apa saja kah itu?
Manfaat Camping

Manfaat Camping Untuk Anak

1. Mempererat hubungan Keluarga

Camping adalah hal seru apalagi bersama keluarga. Tentunya membuat anak semakin dekat dengan orang tua. Bermain di alam merupakan salah satu hal yang menarik bagi Anak dan orang tua.

2. Sarana Bermain dan Berpetualang

Mengajak Anak ke alam bebas tentunya menjadi sarana yang asik buat si Anak. Apalagi anak bisa berpetualang dengan bebas dan pastinya tetap diawasi sang orang tua.

3. Mendapat Ilmu pengetahuan berbasis Alam

Dengan camping di alam bebas, membuat sang anak lebih banyak belajar pula tentang lingkungan sekitar. Misalnya melihat tumbuhan yang belum pernah dilihatnya. Melihat sungai, danau serta lainnya. Orang tua berperan aktif pula mengenalkannya kepada anak.

4. Bersahabat dengan Alam

Anak bersama orang tua, bisa sama-sama belajar dan bermain di Alam. Contohnya main ke sungai,  pegunungan, dan lainnya. Terus bisa bersama-sama membuat api unggun, serta mendirikan Tenda bersama.

5. Membuat Anak lebih Aktif

Dengan camping diluar rumah dan bermain di alam bebas, membuat anak akan semakin lebih aktif untuk mengetahui banyak hal yang tidak ada disekitar rumah.

Manfaat Camping Untuk Keluarga

1. Meningkatkan Ikatan Anak dan Orang tua

Dengan camping di alam bebas ataupun sedikit jauh dari rumah, bisa membuat ikatan anak dan orang tua semakin erat. banyak hal yang bisa dilakukan bersama-sama tentunya

2. Menjaga kekompakan 

Pergi bersama keluarga besar tentunya akan semakin seru, keakraban tentunya menjadi kunci agar camping berjalan baik dan membuat bahagia. Membangun tenda, menghidupkan api unggun serta memasak bersama di alam bebas, membuat antar keluarga semakin kompak.

3. Pengalaman Baru

Ada sebagian keluarga tidak pernah camping, tentunya dengan adanya kegiatan camping bersama, menjadi sebuah pengalaman yang baru dan menyenangkan. Bisa saja, ketagihan untuk camping lagi selanjutnya.


Nah, itulah Manfaat Camping yang bisa Kamu Rasakan. So, Yakin gak mau Camping? cobain deh dan temukan keseruannya..^_^

4 komentar untuk "Inilah 7 Manfaat Camping yang Bisa Kamu Rasakan"

  1. Seumur-umur ngerasain camping cuma pas zaman Pramuka waktu SMP. Hahahaha. Parah ya! Aku orangnya ribet siy perkara tidur :)).

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha,, awak juga baru beberapa kali kak,, :) tapi seru juga sih meski jarang bisa tidur saat camping

      Hapus
  2. Pingin nyoba camping bareng teman2, sayangnya temannya gk suka beginian, emang susah kalau minat berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang,, pengen nyoba camping bareng teman dekat juga, tapi terkendala di waktu terkadang

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com