Air Terjun

Gemercik Air Terjun Tarak Ni Onggang, Sumatera Utara

Gemercik Air Terjun Tarak Ni Onggang
Gemercik Air Terjun Tarak Ni Onggang - Bagi kami kemanapun tujuannya yang penting adalah kebersamaan, menikmati setiap inci perjalanan, dan memahami arti petualangan. Dari sekian banyak objek wisata yang kami ketahui, Air Terjun menjadi daya tarik tersendiri buat saya khususnya. Bukan tidak ingin mengeksplor tempat wisata yang lain, tapi Air Terjun punya kisah tersendiri. Saat berpetualang ke sebuah air terjun ada kepuasan tersendiri sebab disini bisa merasakan gimana lelahnya berjalan atau trekking menanjak dan menuruni bukit serta lembah, menghirup udara segar diantara pepohonan yang hijau dan masih asri. 

Berbicara Air Terjun, beberapa hari lalu saya bersama teman komunitas KEMA (Keliling Medan Adventure) mengunjungi sebuah air terjun yang ada di Kabupaten Simalungun.  Berdasarkan Info yang saya dapat, Kali ini KEMA akan ke Air Terjun Tarak Ni Onggang yg terletak di Desa Dalig Pematang Raya. Kabupaten Simalungun. Jarak Air terjun ini sekitar 1,5 Jam dari Kota Pematang Siantar atau sekitar 406.3 Km (Pergi - Pulang ) Medan – Simalungun.

Minggu, 3 April 2016, sekitar jam 7 pagi, kami telah berkumpul di Mesjid Raya Medan. Tidak berapa lama kami pun segera memacu sepeda motor dari Medan menuju Siantar – Raya – Simalungun dan di lanjutkan ke Desa Dalig Raya. Setelah sampai di Simalungun kota, kita akan melewati kantor Bupati Simalungun, nah setelah melewati  Kantor Bupati, terus aja mengikuti jalan besar sampai habis. Lalu ketemu jalan Kecil *(Kalau Terus lagi bisa tembus ke Merek – Kabanjahe – Brastagi) setelah sekitar 1 km ketemu simpang tiga sebelah Kanan jln Menuju Desa Dalig, Pematang Raya. 

Dari simpangan tadi ada sekitar 13 KM lagi kedalam untuk menuju Air terjun Tarak Ni Onggang, akses jalan cukup bagus walaupun ada beberapa saja yg lumayan rusak dan berbatu. Tidak sulit untuk mendapatkan lokasi air terjunnya karena sudah ada plang pemandu menuju ke air terjun tersebut. Plang penujuk ke air terjun berada di sebelah kanan jalan atau sebelah Gereja. Sebelum masuk kedalam sebaiknya cari warga yang bisa menjaga kenderaan kita, karena di dalam  lokasi tidak ada rumah warga yang bisa di titipin kendaraan. Lanjut berkendera lagi sekitar 15 menit utuk masuk ke dalam.
gapura Air Terjun Tarak Ni Onggang
Setelah sampai titik terakhir dimana kami harus berjalan kaki menuju air terjun. Kami pun memarkirkan kendaraan di semak-semak. Karena tempat ini sudah tidak di kelola lagi oleh warga alias terbengkalai.duhh,,, sangat di sayangkan yakk,,,Lalu untuk menuju ke air terjun kita akan turun melalui anak tangga yang sudah di buat secara permanen. Hanya butuh waktu 30 menit untuk sampai ke Air terjun Narak Ni Onggang.
Gemercik Air Terjun Tarak Ni Onggang
Perlahan tapi pasti, akhirnya sampai juga kami di hadapan Air Terjun Tarak Ni Onggang ini,, Perjalanan yang butuh perjuangan dengan bertanya beberapa kali pada warga yang kami jumpai. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 Meter serta debit air yang lumayan deras membuat percikan air nya memancar kemana-mana. Sesampainya di bawah kami pun berkumpul untuk makan siang karena perut sudah lapar dan tak bisa dibendung lagi. Menikmati makan bersama di depan air terjun membuat hari semakin menyenangkan. 
Gemercik Air Terjun Tarak Ni Onggang
Sehabis makan, barulah turun untuk bermain di bawah air terjun plus tidak lupa sesi poto-poto bareng. Walau airnya tidak terlalu jernih, tapi tidak menyurutkan niat kami buat mandi-mandi dan bermain bersama-sama. Cukup dangkal memang airnya dan dasarnya Berpasir. Serasa di belakang rumah sendiri. Saat itu tidak ada pengunjung selain kami, yang ada hanya warga sekitar yang sedang memancing di sekitar Air terjun.

Puas sudah menikmati Suasana Air Terjun, sekitar pukul 15.00 wib kami pun bergegas meninggalkan Air Terjun, naik menuju parkir kendaraan untuk segera pulang ke Medan. Setelah beres-beres kami pun bergerak meninggalkan lokasi menuju Kota Siantar, tidak lupa singgah ke toko roti buat Oleh-oleh, dan singgah Lagi di kota Tebing Tinggi beli Roti Kacang. Yummyy,,,,,
Gemercik Air Terjun Tarak Ni Onggang
Catatan Saat Mengunjungi Air Terjun Tarak Ni Onggang
  • Sebaiknya cari warga yg bisa menjaga kenderaan
  • Biaya restribusi tidak ada saat ini, Tidak tahu kalau kedepannya. 
  • Tidak ada yang jaga Parkir.
  • Tidak ada Kamar mandi & WC
  • Tidak ada warung (sebaiknya bawa bekal)
  • Ada 2 alternatif jalan menuju ke AT. Tarak Ni Onggang Pertama dari Kabanjahe lewat Merek. dan kedua dari Kota Siantar.
  • Akses jalan dari siantar menuju Lokasi cukup Bagus.
  • Akses jalan dari Kabanjahe – Merek tidak terlalu bagus.
  • Sudah ada Anak Tangga buat akses ke Air Terjun.
  • Banyak binatang Pacat.
  • Tetap jaga kebersihan dengan membawa kembali sampah
Demikian cerita sederhana tentang Gemercik Air Terjun Tarak Ni Onggang, semoga bermanfaat.^_^.’ "Jangan Tanya Tujuan, Nikmati Petualangannya & Rasakan Kebersamaannya”

Writtern By : Weli KEMA

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

0 komentar:

Poskan Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.