Air Terjun

Goa dan Air Terjun Karsima Langkat Sumatera Utara

Goa dan Air Terjun Karsima Langkat Sumatera UtaraGoa dan Air Terjun Karsima Langkat Sumatera Utara - Ini adalah perjalanan kedua saya menuju kabupaten langkat. Tujuannya yaitu untuk melihat keindahan Alam yang ada disekitarnya seperti Air Terjun. Ya, air terjun memiliki keindahan tersendiri buatku. Kabupaten Langkat memiliki puluhan air terjun, baik yang sudah di ketahui orang banyak maupun yang belum tereksplor oleh wisatawan umum. Minggu 14 September 2014, saya bersama komunitas jelajah alam yang bernama KEMA (Keliling Medan Adventure) dan AMPALA (Anak Medan Pecinta Alam Sumatera Utara) mencoba datang serta mengeksplorasi salah satu Air Terjun yang ada di Langkat, Sumatera Utara. Berawal dari sebuah foto yang pernah tersebar di Media Sosial, membuat kami penasaran akan air terjun ini. Pada awalnya kami juga tidak tahu pasti nama Air terjun ini. Sampai kami mengunjungi dan bertanya langsung kepada Warga disana.
KARSIMA adalah nama air terjun yang diberikan warga setempat, yang merupakan singkatan dari Kampung Antara Simalem.
Ya, itulah nama Air terjun yang telah saya datangi. Pemberian namanya pun spontan warga lontarkan dihadapan kami pada saat itu. Kami adalah tim kedua atau ketiga yang datang untuk melihat air terjun ini meurut warga sekitar. Karena memang belum terlalu banyak orang tahu keberadaannya. Air Terjun Karsima berada di Desa Adin tengah Kecamatan Salapian, kabupaten langkat Sumatera Utara. Perjalanan Menuju Air Terjun Karsima ini memakan waktu sekitar 3 jam menggunakan sepeda motor dengan rute Medan- Binjai - Sei Bingai - Salapian.
Goa dan Air Terjun Karsima Langkat
Sekitar Pukul 09.00, saya dan Komunitas KEMA yang berjumlah sekitar 16 orang pun bergerak menuju air terjun karsima. Dalam perjalanan, mata ini tidak hentinya melihat pemandangan indah Bukit Barisan yang membuat hati menjadi teduh. Sekitar 1 jam berjalan tibalah kami di Desa Rumah Galuh kec.Sei Bingai. Disini terdapat beberapa wisata alam yang sudah populer ditelinga masyarakat. Sebut saja Wisata Alam Teroh-teroh dan kolam Abadi, wisata ini sudah dikunjungi juga oleh Trans TV dalam acara My Trip My Adventure. Selain itu ada juga air terjun Tongkat dan lau berte serta masih ada air terjun lainnya yang jaraknya tidak terlalu berjauhan. Kabupaten Langkat bisa saya bilang menjadi surganya Air Terjun yang ada di Sumatera Utara. Sebab, masih banyak lagi air terjun yang tersembunyi yang belum tereksplor banyak orang. Kini semakin bertambah wisata Alam kabupaten langkat yang sebelumnya yang terkenal mungkin hanya bukit lawang dan tangkahan.

Seperti yang diketahui, semakin ramai dan terkenal tempat wisata alam di langkat, maka semakin besar pula biaya yang akan dikeluarkan untuk dapat mengunjunginya. Seperti yang ada di Rumah Galuh, retribusi masuk tempat wisata alam plus ranger dikenakan biaya 35 ribu/orang. Satu lagi kejadian kemarin yang saya kurang suka yaitu, banyaknya ranger atau pemandu yang sudah mangkal jauh bahkan sampe di binjai, untuk menawarkan wisata Alam teroh-teroh dan kolam abadi, mereka mencoba mengejar-ngejar wisatawan menggunakan sepeda motor, demi menawarkan wisata alam tersebut. Ini dilakukan agar mereka mendapat pengunjung di Pos mereka. Satu hal yang harus diketahui bagi kalian yang belum pernah ke Teroh-teroh, kolam abadi, air terjun tongkat, lau berte, disana terdapat beberapa Pos. Seperti PELARUGA, PETAR, dan banyak lagi. Nah, kalian bisa pilih salah satunya mau masuk di pos mana. Karena itulah banyak ranger liar, dan balap-balapan mengejar pemimpin rombongan wisatawan untuk menarik pengunjung ke Pos mereka dan menggunakan jasa guide mereka.

Dua jam berlalu kini sampailah kami di Desa Adin Tengah kecamatan Salapian Langkat. Penduduknya adalah mayoritas bersuku Karo. Ada sebuah rumah kecil yang digunakan sebagai pos informasi untuk wisatawan. Nah, disinilah kita akan menyewa ranger atau guide untuk mengarahkan ke Air Terjun Karsima. Dikenakan biaya Rp 15.000/orang untuk jasa ranger disini. Setelah menyelesaikan uang retribusi, kami pun melanjutkan perjalanan dengan ditemani oleh seorang warga sekitar yang mengetahui keberadaan Air terjun ini. Waktu untuk sampai di parkiran atau gerbang masuk menuju lokasi air terjun sekitar 20 menit dengan jalanan berbatu-batu dan berlumpur dikala hujan.
Goa dan Air Terjun Karsima Sumatera Utara
Jalanan berbatu-batu, becek dan berlumpur pada saat itu, membuat kami harus berhati-hati dalam mengendarai sepeda motor. haaaahhh, sudah lama tidak merasakan petualangan seperti ini. Cukup membuat badan kelelahan tentunya. Selain air terjun Karsima ada juga air terjun disekitar sini, warga menyebutnya Air Terjun Mentari Pagi Tiga Sejoli. 20 menit berlalu, sampailah kami di rumah-rumah warga sekitar dan memarkirkan kendaraan kami disini. Selanjutnya bersiap-siap untuk trekking melewati perkebunan warga untuk dapat sampai ke Air Terjun Karsima.

Trekking pun dimulai, semua merasa semangat demi melihat keindahan Air Terjun ini. Rasa penasaranlah membuat kami cepat-cepat melangkahkan kaki ini. Lokasi ini benar-benar masih asri, karena tidak banyak sampah di yang berserak di perkebunan warga saat melakukan treking, ini membuktikan belum banyak pengunjung luar yang datang ke tempat ini. Terdapat pepohonan rambung, Durian bahkan pohon jengkol pun banyak dilihat. Kerbau-kerbau yang ada di perkebunan warga ini, seakan menyambut kehadiran kami di desa mereka. setelah hampir 1 jam berjalan, terdengar sudah gemuruh Air terjun itu. Membuat semakin penasaran dan tidak sabar untuk segera sampai disana.
Goa dan Air Terjun Karsima Langkat Sumatera Utara
Sedikit lagi untuk sampai ke Air Terjun, namun kali ini kami harus menuruni bukit dengan kemiringan hampir 90 derajat. Harus sangat berhati-hati untuk menuruninya, karena licin sehabis hujan, serta dibantu guide untuk memotong dan membabat semak belukar agar mudah dilalui. Setelah 10 menit menuruni tebing, sampailah kami disebuah aliran sungai. Sedikit berjalan lagi, Tibalah kami di Air Terjun Karsima ini. Rasa capek dan lelah hilang seketika melihat keindahan dan kesejukan Air terjun ini. Teman lain pun langsung melompat ke tengah jatuhnya air Terjun ini. Benar-benar masih asri dan alami Air Terjun ini. Selain itu, Keberadaan Air Terjun ini terdapat Goa di Sampingnya, Goanya cukup luas, sehingga cocok buat anda yang ingin camping disini.
Air Terjun Karsima Langkat Sumatera Utara

Air Terjun Karsima memiliki ketinggian hingga 15 meter, Air terjun ini memang tidak begitu lebar, namun debit air yang jatuh sangatlah deras, sekitar air terjun terdapat goa, dan dinding tebing yang menawan. Disela-sela tebing terdapat ratusan kelelawar yang bersembunyi dalam gelap, dan sesekali keluar ketika banyak suara yang mengganggu ketenangan mereka. Airnya cukup dingin, terlihat teman-teman yang mandi dibawah air terjun berasa dingin dan menggigil. Puas sudah menikmati perjalanan hari ini, menikmati keindahan alam Sumatera Utara yang seakan tiada habisnya untuk dijelajahi. Semoga saja air terjun ini, akan selalu terjaga kelestariannya.

Cukup Sudah menikmati Goa dan Air Terjun Karsima, sekitar pukul 15.30, kami pun bergegas untuk kembali pulang, Perjalanan untuk kembali ke parkiran kendaraan terasa lebih melelahkan, karena harus naik melalui jalanan yang licin, dan pastinya menguras tenaga saya. Setelah sampai di parkiran, kami tidak langsung pulang melainkan duduk beristirahat sejenak sambil bercerita-cerita dengan warga sekitar. Saat kami tanya, tentang nama air terjun ini, mereka sempat bingung dan berfikir untuk memberi nama apa air terjun ini. Setelah berbagai pertimbangan akhirnya mereka para warga setuju untuk memberi nama Air Terjun Karsima (Kampung Antara Simalem). Setelah puas, kami pun bergegas pulang karena hari sudah sore dan dipastikan sampai medan sudah malam.
Demikianlah Artikel tentang Goa dan Air Terjun Karsima Langkat Sumatera Utara, semoga bermanfaat.

NB : Tulisan ini telah Terbit di Majalah MyLovely Holiday Edisi ke 20 // Oktober 2014

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

10 komentar:

  1. Keren x bg air terjun nya...
    Mantap...

    Klu ane bole tau tuch desa adin tengah daerah mana y bg? Apakah masih jauh dari rumah galuh atau gmn? Mohon pencerahan nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. daerah langkat, dari Rumah Galuh, trus aja sekitar setgh jam lagi.....

      ntar ada POS disana.

      Hapus
  2. Och.
    Brarti kagak jauh lagi ya bg dari rumah galuh.
    Itu jlan trus aja kagak ada belok" or sp lagi kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, tinggal ikutin jalan besarnya aja,, :)

      Hapus
  3. boleh dong ane diajak bang wkwkkww

    BalasHapus
  4. Ini yang lewatin binjai ya bg?? Namu ukur bkn ya??

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Bang ada line atw bbm,klo ada invite bang line andrymtaufan bbm 7536D112
    Saya ingin bergabung dengan komunitas abg
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih
    Salam lestari

    BalasHapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.