Wisata Budaya

Kuil Shri Mariamman Kuil Hindu Tertua di Medan

Kuil Shri MariammanKuil Shri Mariamman Kuil Hindu Tertua di Medan - Ada banyak tempat-tempat bersejarah di kota Medan, seperti pada postingan sebelumnya, saya telah membahas tentang Masjid Raya Al-Osmani, maka kali ini saya kembali membahas situs bersejarah berupa Kuil Hindu, dan konon kuil ini adalah Kuil Hindu Tertua di Kota Medan. Kuil Hindu ini bernama Kuil Shri Mariamman. Kuil ini dibangun pada tahun 1884 Masehi merupakan kuil tertua di Kota Medan yang berfungsi sebagai tempat peribadatan untuk memuja Dewi Mariamman. Kuil ini dibangun oleh seorang pemuda Tamil yang bernama Gurdhuara Sahib yang merupakan seorang pekerja di perusahaan perkebunan yang terdapat di Sumatera Utara.

Kuil Shri Mariamman Medan terletak di jalan Teuku Umar No.18. Kuil ini berada di kawasan Kampung Keling atau Kampung Madras yang merupakan kawasan di Kota Medan yang mayoritas penduduknya ber-etnis India Tamil yang memeluk agama hindu. Kuil ini bersebelahan dengan Salah satu pusat perbelanjaan di kota Medan yaitu SUN Plaza. Kuil ini sama seperti kuil-kuil Hindu yang ada di India. Kuil Shri Mariamman di resmikan penggunaannya untuk Umat Hindu Dharma pada 23 Oktober 1991, oleh Gubernur Kepala Daerah TK-I Propinsi Sumatera Utara H. Raja Inal Siregar.
Kuil Hindu Tertua di Medan
My Friends(Karim) di Depan gerbang Kuil Shri Mariamman
Kuil Shri Mariamman diambil dari nama seorang Dewi Mariamman. Menurut kepercayaan Umat Hindu, Dewi Mariamman adalah dewi yang dipercayai mempunyai kekuatan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, menghilangkan wabah penyakit berupa penyakit ringan maupun penyakit berat dan dapat menurunkan hujan ketika mengalami musim kemarau yang tandus. Dewi ini banyak dipuja di beberapa wilayah di negara India Selatan seperti desa Andhra Pradesh, Tamil Nadu dan Karnataka. Selain digunakan untuk memuja Dewi Mariamman, Kuil ini juga digunakan untuk memuja dewa-dewa Hindu yang lainnya seperti Dewa Wisnu, Dewa Ganesha, Dewa Siwa, Dewa Durga dan Dewa lainnya.
Kuil Shri Mariamman Kuil Hindu Tertua di Medan
Sampai pada saat ini Kuil Shri Mariamman ini masih digunakan setiap harinya oleh masyarakat beragama Hindu untuk bersembahyang. Selain itu kuil ini kini menjadi tempat Wisata Bersejarah di Kota Medan. Kuil ini dibuka pada jam-jam tertentu saja yaitu Pagi pukul 06.00-12.00 dan Sore pukul 16.00-20.00 Wib. Bagi anda yang ingin berkunjung silahkan saja tanpa ada pungutan biaya masuk, namun harus tetap menghormati adab dan peraturan yang diterapkan didalam kuil Shri Mariamman ini.
Kuil Shri Mariamman
Kuil Shri Mariamman memiliki bentuk dan arsitektur yang khas, memiliki menara diatasnya. Saat ini warna menara diatas kuil ini didominasi oleh warna keemasan, berbeda pada sebelum-sebelumnya. Kuil ini memang tidak begitu besar, namun suasana didalamnya cukup tenang. Pada gerbang gapura terdapat 2 buah patung gajah yang mengapitnya, Gajah merupakan hewan yang suci dan dikeramatkan oleh umat Hindu. Didalam bangunan utama kuil ini terdapat banyak patung-patung yang biasa umat hindu puja diantaranya patung dewa, Dewa Wisnu, Dewa Syiwa, Dewa Brahma dan lain-lainnya.
Kuil Shri Mariamman
Kuil Shri Mariamman ini banyak dihiasi oleh patung-patung dewa serta lukisan bunga yang berwarna-warni. dan banyak ornamen-ornamen yang kental dengan khas India. jadi, buat anda yang ingin berwisata sejarah dan Wisata Religi yang ada di Kota Medan, maka sempatkanlah untuk singgah di Kuil Shri Mariamman ini untuk melihat dengan jelas seperti apa Kuil Shri Mariamman ini. Kebetulan saya sendiri baru saja mengunjungi kuil ini pada tanggal 01 Maret 2014 bersama sahabat saya Abdul Karim.  

Demikianlah artikel singkat tentang Kuil Shri Mariamman Kuil Hindu Tertua di Medan, Semoga bermanfaat..^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

0 komentar:

Poskan Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.