Air Terjun

Air Terjun Sikulikap di Penatapan Berastagi

Air Terjun SikulikapAir Terjun Sikulikap - Siapa sih yang tidak tahu sebuah tempat yang sudah terkenal di daerah Berastagi kabupaten karo, tempat  orang-orang bersantai menikmati jagung rebus/bakar maupun makanan lainnya, sambil memandang luasnya panorama bukit-bukit hijau Berastagi dan bisa melihat monyet Gibon yang berkeliaran bebas di sekitarnya? Yupp, tempat tersebut biasa disebut Penatapan merupakan salah satu wisata kuliner yang ada di Berastagi. Penatapan berada di jalan Jamin Ginting Km.54 Berastagi dan hanya memakan waktu 1,5 Jam dari Kota Medan. Tapi, tahukah anda? bahwa ada hal lain dari Wisata Kuliner di Penatapan ini yaitu anda bisa sekaligus melihat indahnya air terjun di bawah penatapan ini.

Air Terjun Sikulikap itulah nama air terjun yang ada di bawah Penatapan tersebut. Air Terjun ini tidak kalah indah dan menarik dari air terjun lain yang ada di Sumatera Utara. Air Terjun Sikulikap terletak di desa Doulu, kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Saya bersama teman Abdul Karim baru pertama kali mengunjungi Air Terjun Sikulikap ini pada tanggal 09 Maret 2014, padahal, kami sudah sering ke Penatapannya. Pintu masuk ke lokasi air terjun ini berada di dekat gerbang/gapura perbatasan Deli Serdang dengan Kabupaten Karo.
Pintu Masuk Air terjun sikulikap
Biar lebih aman dan mudah, sebaiknya kendaraan anda, baik mobil ataupun sepeda motor, diparkirkan saja di Warung-warung jagung yang ada di penatapan tersebut. Yah, disarankan jangan hanya numpang parkir kendaraan saja, sebaiknya anda juga makan atau sekedar minum juga di warung jagung yang dititipkan kendaraan anda. :)
Warung Jagung Penatapan
Setelah itu, langsung saja menuju pintu masuk lokasi menuju Air Terjun Sikulikap. Saat saya kesana tidak ada pungutan atau kutipan retribusi/uang masuk sama sekali alias Gratiss. Jarak menuju Air Terjun dari pintu masuk sekitar 1 Km. Anda harus berjalan kaki menelusuri hutan dan menuruni anak-anak tangga untuk sampai ke Air Terjun Sikulikap Ini.
Jalan menuju SikulikapJalan menuju Sikulikap
Saya heran, banyak terdapat tempat istirahat berbentuk kursi yangg terbuat dari batu, namun sudah tidak terurus, alias sudah banyak berlumut. Padahal menurut saya ini merupakan Wisata Alam di kabupaten Karo Sumatera Utara yang menarik untuk dikunjungi.
Kursi batu Sikulikap
Berdasarkan kutipan yang saya baca di Sumut Pos Online bahwa, "Pada era tahun 90an Air Terjun Sikulikap merupakan ojek wisata idola di Berastagi. Banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun manca negara, bahkan penduduk tanah Karo kerap mengunjungi lokasi wisata ini. lokasi Air Terjun Sikulikap sangat potensial sebagai tempat wisata tracking bagi turis dari luar negeri khusunya eropa, selain itu bagi wisatawan lokal tempat ini juga dulunya sering dijadikan tempat barbekyu sambil menikmati kesegaran air dan kesejukan alam. Selain itu Ketua Komisi C DPRD Karo mengatakan pada saat pengesahan APBD Karo, anggaran untuk objek wisata Sampuren Sikulikap tidak dianggarkan tahun 2012".
Air Terjun SikulikapAir Terjun Sikulikap
Tidak terasa berjalan menelusuri hutan yang begitu asri, sekitar 15 menit anda sudah sampai dan dapat melihat keindahan Air Terjun Sikulikap. Air Terjun ini mempunyai ketinggian jatuh sekitar 30 meter. Sumber air terjun ini berasal dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan. Hutannya merupakan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Taman Nasional Gunung Leuser yang berada dalam Kawasan Taman Wisata Lau Debuk Tanah Karo. Air Terjun Sikulikap berada di tengah-tengah Hutan Hujan Tropis Lebat dan banyak monyet Gibon bergelantungan. Air yang jatuh sangatlah deras serta banyak batu-batu besar dibawahnya. Hati-hati saat berjalan di sekitar batu dibawah Air Terjun Sikulikap ini, karena batu tersebut telah banyak lumut dan menjadi Licin.
Sungai di SikulikapPanjat Tebing di Sikulikap
Disamping Air Terjun Sikulikap terdapat dinding-dinding batu yang cadas, dulu tempat ini sering dijadikan ajang Climbing atau Panjat tebing oleh para pecinta Alam. Serta anda juga bisa melakukan kegiatan Barbekyu di tempat ini. Namun disayangkan, entah mengapa tempat ini Air Terjun Sikulikap mulai dilupakan oleh orang banyak. Padahal Air terjunnya sangat bagus, indah serta menawan.
Rudi dan Karim ke Sikulikap
Dibutuhkan Promosi kembali akan indahnya Air Terjun Sikulikap ini, serta perhatian dari pemerintah daerah untuk melestarikan keberadaan air terjun ini karena Air Terjun Sikulikap merupakan Objek Wisata Alam di Kabupaten Karo yang wajib anda kunjungi. Demikianlah Artikel singkat tentang keberadaan Air Terjun Sikulikap di Penatapan Berastagi. Semoga dapat memberikan manfaat tentang Wisata Alam yang ada di Sumatera Utara.

Top Search : 
Air Terjun Sikulikap di Penatapan Berastagi, Air Terjun Sikulikap, Air Terjun Penatapan, Air Terjun Berastagi, Penatapan Berastagi

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

15 komentar:

  1. air terjunnya menggoda dan keindahan alamnya pun masih sangat asri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari mbak titis, kalau ke Sumatera Utara.. saya temenin kemari,, :)

      Hapus
  2. Boleh juga niy... kalau di musim kemarau airnya jadi hilang nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk kok gan, malah saya kemari di musim kemarau

      Hapus
  3. Hanya sedikit menambahkan , orang karo menyebut air terjun ini sebagai sempuren "kulikap" berasal dari Bahasa Karo yang berarti air terjun para monyet, mengingat lingkungan sekitar terdapat ekosistem hewan-hewan primata yang sering menjadi pertunjukan kecil bagi bagi pengunjung

    BalasHapus
  4. masih bingung mengenai pintu masuk nya bg...
    kayaknya ngecamp buat refresh kegiatan kampus lumayan juga nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah kok mbak,, pokoknya kalau sudah dipenatapan, tanya saja deh sama warung-warung jagung disitu pasti ditunjukkan.. :)

      Ngecamp juga seru, bisa pasang tenda disamping air tejun sikulikap ini, dibwah dinding batu area climbing

      Hapus
  5. hmm masih asri x ya gan.. bisa jg tuh kami dr team laskar merah putih menuju kesana..thax ya gan atas infonya.. good luck :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama.... jangn lupa berbagi ceritnya sehabis dari sana ya. :)

      Hapus
  6. bang bahaya gak, terus banyak gak pengunjungnya, kemudian ada gak binatang buasnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk bahaya kok,, pengunjung sekarang tidak teralu banyak, binatang paling monyet, itu pun mereka diatas, di penatapan makan jagung. :)

      Hapus
  7. Mantap bang. Bg ada ga tempat yg bener2 belom banyak yg tau? Kalo ada share ya.... Ya buat referensi jalur trekking baru bg.........
    Thanks yo bang seebelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya sendiri lum tahu banyak.. cek aja tulisan yang ada disini. :)

      semua tulisan yang disini, itulah yang baru saya datangi.. :D

      Hapus
  8. Gan utk turun ke kolam bawah air terjun bisa?soalnya klo ke air terjun belum mrasakan airnya langsung gak puas rasanya...hahahahah makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja kalu berani gan, soalnya jatuh airnya sangat deras,, sepoerti Sipiso-Piso...

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.