Air Terjun

Menjelajahi Air Terjun Tarunggang Sumatera Utara

Air Terjun Tarunggang - kembali membahas tentang sebuah Air terjun yang ada di Sumatera Utara, Sebelumnya saya telah menulis tentang keindahan Air Terjun Tanjung Raja. Pada hari yang sama pula, saya pun menjelajahi air terjun yang lainnya yaitu Air Terjun Tarunggang. Air terjun ini terletak di di Desa Rumah Lengo, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu (STM Hulu), Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Air Terjun Tarunggang memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Kerennya lagi terdapat sebuah gua kecil dibalik jatuhnya air terjun tersebut. Selain itu, terlihat pada pinggiran aliran air terjunnya terdapat dataran kecil yang begitu menawan yaitu Pasir Putihnya. seperti di pantai-pantai, pasirnya begitu putih. anda bisa duduk, bersantai diatasnya sambil memandangi Air Terjun Tarunggang tersebut.
Kebanyakan warga sekitar yang datang ke Air Terjun Tarunggang yaitu untuk memancing ikan. Sedangkan bagi anda para traveller, mungkin bisa menikmati Air terjun tersebut sambil memancing juga. hehehe.. Hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam dari Medan, untuk sampai ke Air Terjun Tarunggang ini. Jika anda telah sampai di desa Rumah Lengo, lihat ada sebuah SMP NEGERI – 1 STM HULU tepat di sebelah kiri jalan. Dari sini sekitar 100 meter lagi untuk menuju ke Air terjun tersebut. Untuk jalur masuknya yaitu melewati Perkebunan karet dan sawit warga. memakan waktu 10-15 menit lagi untuk benar-benar sampai di depan Air Terjun Tarunggang tersebut.
Jika bingung untuk jalur masuknya, anda bisa tanya warga sekitar tentang Air Terjun Tarunggang ini. Saya sendiri belum hapal untuk menelusuri kebun atau ladang-ladang warga, karena untuk sampai ke air terjun, kita harus melewati areal kebun warga. Untuk itu saya meminta bantuan guide/ranger cilik yang masih bersekolah untuk mengantarkan saya dan teman-teman menelusuri kebun warga agar tidak tersesat menuju air Terjun tersebut.

Setelah sekitar 10 menit, tibalah saya di depan Air Terjun Tarunggang, sungguh beruntung hari ini, karena hari cerah, sehingga air terjun terlihat bagus dan daratan pasir putihnya terlihat dengan jelas. Karena pertama kali saya ke tempat ini, cuaca kurang bagus pada seminggu itu, curah hujan cukup tinggi, sehingga air terjun terlihat tidak bagus. Anda bisa lihat gambaran Air Terjun Tarunggang pada musim hujan di artikel Trip to Tarunggang Waterfall. Nah, disarankan cari waktu yang pas untuk ke Air terjun ini, agar tidak kecewa.
Buat anda pecinta jalan-jalan ke alam, tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini, Demikianlah Artikel singkat tentang Menjelajahi Air Terjun Tarunggang Sumatera Utara, semoga bermanfaat..^_^..

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

6 komentar:

  1. air terjunnya bagus,,,cuma 1 tingkat ya?? bagus ne buat dikelola jd objek wisata yang keren dan tentunya bersih dari sampah :) . jgn lupa jaga alam juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw sudah dikelola menjadi tempat wisata umum, yang dikhwatirkan akan menjadi bnyak sampah,,,

      Hapus
  2. Gan, kalau ke objek wisata yang disebutkan, Bisa gak naik BUS PARIWISATA??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja gan, tapi untuk mobil diparkir pinggir jalanan, untuk memasuki harus berjalan kaki lagi kedalam sekitar 15an menit...

      disarankan datang disaat musim panas, krena kalau hujan air terjun banjir n jelek

      Hapus
  3. sory lae. lagi2 sy mau bertanya nih. lae gk bosan kan meladeni pertanyaan sy. he..he..
    sy memang pecinta berat Air Terjun lae...
    oya mengenai air terjun tarunggang ini, lae bilang, lae meminta bantuan guide cilik yg msh sekolah ya. guide cilik tersebut mau jg kan menunggui kita sampai selesai dr air terjun tersebut?? oya brp tarif guide cilik tersebut??
    dan mengenai motor, kita pakir dimana lae? ada kah tmpt parkiran aman disana?
    Thanks. Salam Medan Wisata ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan lae bertanya sepuasnya..

      Masalah guide cilik itu, kebetulan saja bertemu mereka, lae juga bisa minta tolong warga sekitar didekat situ untuk mengantarkan ke air terjun tarunggang.

      tarifnya seikhlas hati aja lae, karena air terjunnya masih belum bnyak yang tahu juga, letaknya di dalam ladang-ladang warga..

      parkirnya di dekat rumah penduduk itu aja lae yang saat mau memasuki air terjun tarunggang, aman kok lae..

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.