Wisata Budaya

Bangunan Bersejarah di Pusat Kota Medan

Bangunan Bersejarah MedanKota Medan saat ini telah berkembang begitu pesat mulai dari jumlah penduduknya, perekonomian hingga bentuk-bentuk bangunannya. Terbukti sekarang ini, kota Medan menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia. Seiring perkembangan zaman, bangunan kota Medan pun banyak berubah. seperti bentuk serta arsitekturnya. Ada beberapa Bangunan bersejarah di Pusat Kota Medan dan bahkan masih dipakai atau beroperasi sampai sekarang ini. Sebenarnya ada puluhan Bangunan Bersejarah di Pusat Kota Medan, namun saya hanya menuliskan beberapa saja, sesuai dengan jalan-jalan pada beberapa hari lalu.
  1. Kantor Pos Medan
    Tepat berada di depan Lapangan Merdeka Medan. Kantor Pos ini didirikan pada tahun 1911 oleh seorang berkebangsaan Belanda Snuyf. Kantop Pos ini menjadi saksi bisu perkembangan kota Medan Selama berabad-abad. Design bangunan dari kantor pos ini cukup Unik, yaitu menyerupai Sangkar Burung Merpati. Bangunan ini mempunyai luas 1200 meter persegi dan tinggi 20 meter. Warna bangunan ini di dominasi oleh putih dan orange. Sampai saat ini Kantor Pos Medan masih aktif dan beroperasi dalam hal kirim mengirim surat maupun paket-paket penting.
    Kantor Pos Medan

  2. Titi Gantung Medan
    Masih di Pusat Kota Medan, jika anda baru saja mengunjungi Kantor Pos, maka anda bisa berjalan kaki maupun menggunakan sepeda motor untuk melihat Titi Gantung yang terkenal sebagai jembatan tua di Pusat Kota Medan. Titi Gantung merupakan salah satu ikon Kota Medan. Pada awalnya bangunan yang dibuat Belanda ini difungsikan sebagai tempat bersantai atau berjemur para pejabat Belanda. Titi Gantung ini dibangun pada tahun 1885. Digunakan untuk menyeberang jalan tanpa melintasi perlintasan kereta api. Titi ini memang dibangun tepat di sebelah stasiun kereta Api Medan. Makanya, dari Titi Gantung ini, kita bisa lihat lalu lintas kereta api.
    Titi gantung Medan

    Titi Gantung di Pusat Kota Medan


  3. Menara Air Tirtanadi
    Menara air ini merupakan Ikon Utama kota Medan pada zaman dahulu. Menara ini dibangun pada tahun 1906 oleh pemerintahan Belanda. Menara ini merupakan Tangki penyimpanan Air Bersih sejak zaman kolonialisme Belanda. Menara ini sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat Medan terutama yang hidup pada masa penjajahan Belanda. Pada zaman itu tidak semua orang bisa menikmati kegunaan dari menara air tersebut. Hanyalah orang-orang golongan menengah keatas yang bisa memanfaatkan air dari menara tersebut. Menara ini memiliki bentuk yang Kuno dan terkesan Unik, Menara ini memiliki ketinggian 42 meter. Menara Air Tirtanadi ini terletak di jalan Sisingamangaraja no.1 Medan. Sekarang menara air ini telah resmi menjadi milik PDAM Tirtanadi.
    menara air tirtanadiMenara PDAM Tirtanadi

Itulah beberapa Bangunan Bersejarah di Pusat Kota Medan yang masih aktif beroperasi hingga sampai saat ini. Semoga bangunan-bangunan bersejarah ini tetap terjaga bentuk dan arsitekturnya yang unik hingga di masa depan. Demikianlah artikel singkat ini, semoga menambah daftar jalan-jalan anda dalam berwisata Sejarah dan Wisata Budaya di Kota Medan. ^_^.

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

0 komentar:

Poskan Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.