Air Terjun

Wisata Alam Air Terjun Pelangi Sumatera Utara

Air Terjun PelangiBerbicara tentang Air Terjun di Sumatera Utara seperti tidak ada habisnya, karena air terjun di Sumatera Utara ini sangat banyak. Mulai dari air terjun yang terkenal seperti Sipiso-piso, maupun air terjun yang masih diketahui oleh segelintir orang saja, bahkan masih ada saja kemungkinan air terjun lainnya yang masih tersembunyi di Sumatera Utara ini. Salah satu air terjun yang akan saya bahas disini adalah Wisata Alam Air Terjun Pelangi. 

Air Terjun ini belum begitu Populer seperti halnya Air terjun Sipiso-piso dan Dwi warna yang ada di Sumatera Utara. Namun, Air terjun pelangi ini tidak kalah menarik, karena air terjunnya yang unik, air yang jernih serta udara yang masih segar dengan alam disekitarnya. Mungkin untuk saat ini yang mengunjungi air terjun pelangi adalah para penjelajah maupun pecinta wisata-wisata alam. Tapi kedepannya, pasti tempat ini akan sangat ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun asing.
Wisata Alam Air Terjun Pelangi
Air Terjun Pelangi ini terletak di Desa Tanjung Timur, Deli Serdang, Sumatera Utara. Untuk sampai ke air terjun ini hanya membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam saja dari Medan. Atau 30 menit saja dari Wisata Alam Danau Linting. Jika anda datang dari kawasan kota Medan, dari Danau Linting, anda tinggal lurus saja mengikuti jalan utama, terus saja sampai anda menemukan simpang 3, pada persimpangan tersebut silahkan anda belok kanan, lurus kembali sampai menemui simpang dua, lalu belok kanan kembali. selanjutnya anda bisa tanya warga sekitar mengenai lokasi Air Terjun Pelangi ini. Bisa anda lihat denah sederhana ini dibawah ini. Disarankan anda menggunakan Sepeda Motor saja.
Denah Air Terjun Pelangi Medan
 Air Terjun Pelangi ini diresmikan oleh dinas pariwisata pada bulan oktober 2012. Kalau ditanya mengapa namanya Air Terjun Pelangi, saya juga kurang tahu nih, mungkin pada saat pertama kali ditemukan warga sekitar ada sebuah pelangi disekitar Air terjun tersebut. Apapun itu, bagaimana pun itu, nama tempat ini adalah Air Terjun Pelangi. Suasana disekitar air terjun ini masih sangat asri, sejuk dan alami,  Saat tiba di lokasi wisata alam ini, anda bisa memarkirkan kendaraan anda diatas, karena anda harus turun kebawah untuk bisa melihat Air Terjun Pelangi ini.
Wisata Alam Air Terjun Pelangi
Saat ini jalan untuk kebawah menuju air terjun pelangi, tidak begitu sulit. Karena warga sekitar telah membuat anak-anak tangga yang si semen, seperti di Air Terjun Sipiso-piso. Tempatnya sangat menarik, karena selain air terjun sebagai objek utama, kita juga bisa menikmati keindahan alam lainnya, yaitu terdapatnya batu-batu besar yang terukir indah di sekitar Air Terjun Pelangi. 

Batu Alam Air Terjun PelangiBatu Alam Air Terjun Pelangi
Air Terjun Pelangi ini tidak terlalu besar, namun yang menarik adalah aliran sungai dan air terjun yang bertingkat yang membuat anda semakin terpesona akan tempat ini. Saat anda bermain, dan mandi disekitar air terjun, saya sarankan untuk tetap waspada dan hati-hati, karena banyak batu besar yang licin yang bisa membuat anda terpleset dan jatuh. Setelah anda puas mandi serta berfoto di air terjun ini, anda bisa menghangatkan diri dengan minum teh atau kopi ditambah gorengan hangat di warung kecil di dekat parkiran kendaraan anda.

Wisata Alam Air Terjun Pelangi Air Terjun Pelangi
Ohh ia, saat anda ke Air terjun Pelangi ini, jangan lupa untuk mampir sebentar melihat sebuah jembatan Gantung terpanjang di Sumatera Utara yang dibawahnya jurang dalam yang mengalir sebuah sungai yang cukup indah. Jembatan ini dinamai Jembatan Lau Hulung atau warga sekitar biasa menyebutnya Titi Gantung STM Hulu. 
 Titi Gantung STM HuluTiti Gantung STM Hulu
Jembatan ini menghubungkan Deli Serdang dan Simalungun. Panjang Jembatan Sekitar 160 meter. Saat ini, jembatan gantung ini sudah tidak dipakai lagi, karena sudah lama dan tua, dan dari sisi keamanan, sangat berbahaya. Dan sekarang telah ada jembatan baru yang dibangun pemerintah daerah di sebelah jembatan gantung itu..
Jembatan Lau Hulung
Nah, Demikianlah Artikel singkat mengenai Wisata Alam Air Terjun Pelangi Sumatera Utara, Semoga pemerintah daerah bisa terus peduli wisata alam ini, agar air terjun ini akan terus terjaga kelestariannya, dan mari kita sama-sama ikut menjaganya dengan tidak merusak ekosistem di sekitar wisata alam air terjun pelangi ini. Semoga informasi inibermanfaat dan pastinya akan menambah daftar jalan-jalan Wisata Alam anda..^_^.

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

25 komentar:

  1. Wah, air terjunnya bagus sekali. air trjun adalah salah satu tujuan wisata favorit saya loh. anak2 bisa main sepuasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh gitu ya mbak, kebetulan air terjun ini, bisa dinikmati bersama keluarga loh..
      karena alirannya yang masih tenang dan tidak begitu dalam...

      Hapus
  2. Wah indah sekali ya air terjunnya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mbak, emang indah dan masih asri suasananya saat ini, semoga saja terjga kelestariannya

      Hapus
  3. kalo dari kisaran rute jalan yaa kasih tau donkk,......buruan masss.............

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari medan - deli tua-patumbak- tiga juhar mas, nah, tnya wrga sekitar saja, ke danau linting, sudah smpe dnau linting, bisa liat denah diatas

      Hapus
  4. Kerennnn!!!!
    Rute bisa dilalui kendaraan roda 4 mas?
    So interested :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja, cuma ntar harus dilanjutkan berjalan kaki sedikit..

      Hapus
  5. jadi kepingin "uji nyali" di jembatannya mas... overall ulasannya apik bener, sip! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan saja mas, cuma hati-hati saja, sudah mulai lapuk

      Hapus
  6. kalau dari medan lewat jalan apa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari medan, kita bisa lewat Delitua - Patumbak - Telun kenas- tiga juhar mas...

      Hapus
  7. ane prnah sekali kesitu, masih perawan bgt tempatny, dan agak gelap ditutupi rindangny pohon, pas mau turun mnuju air terjun, dinding sungainya tampak seperti relief dinding goa, jadi wajib deh kesitu, memg sih pas kesitu ane jumpai sesajen, tp gpp asalkan tujuan baek gak macem2 dan gak ngelakuin yg aneh2 apalagi buat pasangan beda kelamin =D... tau akn maksudny !!!!

    yaudah saran ane sebelum nyampek diwajibkan untuk berdoa =D

    BalasHapus
  8. ya udah teu,,,bahkan sebelum jembatan dibangun saya sudah sering kesana,,klu kalian dilihat dari fotonya mah baru2 za kesana coz bs foto djmbatan yang sudah siap dibangun

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia sih, memang baru beberapa bulan lalu, makanya bisa foto di jembatan barunya. :)

      Hapus
  9. aku baru baru ni loohh ma keluarga ke Pantai pelangi dan Danau Linting...mmm...bagusss banget pokok nya :)

    BalasHapus
  10. Alamnya cantik..sayang kolam dibawah air terjunnya kayaknya kurang besar yaa..jd gak bs buat lompat..heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,,, itu gk dalam,,, bahaya bnget kalau lompat,,
      :D

      Hapus
  11. Kalo daripatumbak langsung mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya langsung lurus aja, lalu masuk ketelun kenas lalu terus aja ke tiga juhar.. :)

      Hapus

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.