Wisata Alam

Menikmati Kesejukan Alam di Kebun Teh Sidamanik

Kebun Teh Sidamanik
Sumatera Utara termasuk provinsi yang memiliki potensi Wisata Alam yang begitu besar. Terbukti begitu banyaknya tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya di Kota Siantar, terdapat sebuah Patung Dewi Kwan Im yang begitu megah. Patung yang di berhasil memecahkan Rekor MURI, dengan kategori patung tertinggi di Indonesia dan se-Asia Tenggara. Selain itu, ada tempat yang menarik lagi untuk untuk bisa anda kunjungi di Kota ini yaitu Kebun Teh Sidamanik. Nah, bukan di pulau jawa aja yang punya kebun teh yang luas, di Sumatera Utara juga ada nih..:).

Ada 3 perkebunan teh di kawasan sidamanik ini yaitu Kebun Teh Toba Sari, Kebun Teh Bah Butong, dan Kebun Teh Sidamanik. Dulu ketiga kebun tersebut termasuk dalam kecamatan Sidamanik. Tapi sekarang secara administratif telah dimekarkan menjadi 2 kecamatan, yakni kecamatan Sidamanik dan Kecamatan Pematang Sidamanik. Secara administratif daerah Sidamanik masuk dalam wilayah Kabupaten Simalungun. 
 Kebun Teh Sidamanik
Kebun Teh secara resmi dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV (Persero). Perkebunan ini memilki luas 8.373 hektar dan merupakan kebun teh jenis hitam terbesar kedua setelah Jawa Barat. Kebun Bah Butong merupakan kebun teh tertua diantara ketiga kebun, dibuka pertama kali oleh Nederland Handel Maatschappij pada 1917. Namun, pabrik teh di kebun Bah Butong baru dibangun pada 1927 dan beroperasi mulai 1931. Pabrik tertua, malah didirikan di Kebun Sidamanik yakni pada 1926. Hanya saja kebun Sidamanik baru dibuka 1924 oleh Handles Vereniging Amsterdam.

Pertama kali saya mengunjungi kebun teh ini yaitu pada April 2013 lalu, dan menjadi perjalanan yang cukup mengasikkan bersama tim jelajah alam Telapak Sumut. Memang Begitu Indah pemandangan kebun teh tersebut, hamparan hijau yang membentang luas, dan pastinya udaranya begitu sejuk dan dingin. Kesejukan Alam seperti ini pastinya tidak akan anda dapatkan di kota-kota yang padat penduduk tentunya. Untuk menuju kebun teh ini tidak lah terlalu sulit. Hanya menghabiskan waktu sekitar 3 jam-an, jika anda berangkat dari Medan. Dan hanya berjarak sekitar 20 Km dari kota Pematang Siantar.
Kebun Teh Sidamanik
Setelah anda puas melihat pemandangan hamparan hijau kebun teh sidamanik ini, anda bisa meneruskan perjalanan wisata ke Danau Toba, karena kurang lebih setengah jam saja, anda bisa mengunjungi Wisata Danau Toba yang Begitu Indah dan Luar Biasa. Eitss, tunggu dulu, selain pemandangan hijau yang terbentang luas dari kebun teh Sidamanik ini, anda juga bisa melihat Air terjun yang tersembunyi di Tengah-tengah Kebun teh ini. Rasanya pasti nyesel buat anda yang udah jauh-jauh ke Kebun teh Sidamanik ini, tidak mengunjungi dan mampir di Air Terjun ini. 

Penasaran dengan Air terjun apa itu? anda bisa membaca cerita selanjutnya mengenai Air Terjun di Tengah Kebun Teh Sidamanik.Demikianlah info singkat saya mengenai Kesejukan Alam di Kebun Teh Sidamanik. Semoga bermanfaat dan menambah daftar jalan-jalan anda..^_^

Salam Jalan-Jalan..^_^

Medan Wisata

Untuk Informasi Tentang MedanWisata.com bisa lihat di menu About Atau hubungi kami langsung melalui menu Contact yang tersedia || Bagi yang ingin Mengirimkan Artikelnya bisa kirim ke Email : medanwisatacom@gmail.com Terima Kasih

0 komentar:

Poskan Komentar

# Silahkan Anda Berkomentar dengan Baik dan Sopan
# Pesan dilarang Mengandung SARA dan Spam
# Terima Kasih Telah berkunjung di MedanWisata.Com

Diberdayakan oleh Blogger.